INI LOHH JENIS-JENIS KAPAL SELAM YANG ADA DI DUNIA!!!

INI LOHH JENIS-JENIS KAPAL SELAM YANG ADA DI DUNIA!!!

Salam #MasBro #MbakBro

Udah tau kan Jenis-jenis Kapal Selam yang ada di seluruh dunia?

INI LOH JENIS-JENIS KAPAL SELAM YANG MASIH BEROPERASI SAMPAI SEKARANG!!!

Kapal selam merupakan kapal yang bisa bergerak di bawah permukaan laut. Untuk dapat beroperasi di dalam air, tentunya jenis kapal ini perlu menggunakan teknik tertentu agar dapat tenggelam dan terapung di bawah permukaan air.

Sekarang sedang ramai pembicaraan tentang kapal selam yaa. Tapi kalian tau gak sih jenis-jenis kapal selam yang ada di dunia ini? belum tau kan? oke kalau  begitu tolong di simak ya artikel di bawah ini.

A. Berdasarkan Tenaga Penggerak

1. Kapal Selam Diesel Elektrik

Kapal selam U-212A (atas) dan U-214 (bawah) adalah kapal selam tercanggih buatan Jerman saat ini. U-214 merupakan versi ekpor dari U-212 dengan beberapa perbedaan. Sirip kemudi U-212 berbentuk silang atau X agar dapat menyelam di perairan dangkal, sedangkan U-214 berbentuk +. Peralatan elketronik juga berbeda. kedua kapal selam ini dipersenjatai torpedo dan rudal anti kapal. ShipSpotting.com

Sekitar enam bulan sebelum pecahnya Perang Dunia II, pada Maret 1939 Dr George Pegram dari Columbia University, New York, mengusulkan kepada Tingkatan Laut AS ( US Navy ) untuk mengembangkan pemakaian uranium sebagai sumber daya, termasuk untuk menggerakkan turbin kapal selam. Tingkatan Laut tertarik dan memulai riset. Tetapi setelah pengboman Pearl Harbour dan AS terlibat dalam perang, semua material yang berkaitan dengan tenaga atom ditarik, dipusatkan untuk ” Proyek Manhattan ” guna pembuatan bom atom pertama ( Little Boy dan Fat Man )

Kapal selam diesel elektrik adalah sistem penggerak kapal selam tertua yang masih digunakan oleh beberapa Angkatan Laut dunia. Sistem propulsi ini begitu handal sehingga negara pemilik kapal selam nuklir pun masih merasa perlu memiliki kapal selam diesel elektrik. Dari 5 negara pemilik kapal selam nuklir hanya Amerika Serikat yang tidak menggunakan sistem propulsi ini. Dalam keadaan tertentu, kapal selam jenis ini lebih mematikan daripada kapal selam nuklir.

2. Kapal Selam Engineless

Mengenal 3 Jenis Kapal Selam di Dunia Berdasarkan Mesin Penggeraknya

Kapal selam engineless adalah jenis kapal selam yang sering disebut sebagai bathysphere. Sebelum bathysphere dibuat, dikenal juga kapal selam tanpa mesin dengan istilah lonceng selam atau diving bell. Penyebutan itu dikarenakan kapal selam ini berbentuk lonceng dengan lantai terbuka. Lalu udara dipompa masuk oleh kru di atas kapal selam agar penyelam atau peneliti dapat tinggal lebih lama di bawah air.

3. Kapal Selam Nuklir

Pengembangan Teknologi Kapal Selam Nuklir Suffren Perancis - Indonesia  Defense Magz

Kapal selam nuklir adalah kapal selam yang menggunakan reaktor air bertekanan atau PWR (pressurizer water reactor) sebagai sumber tenaga memutar turbin utama yang menggerakkan baling-baling serta motor elektrik pengisi baterai yang menghasilkan listrik untuk berbagai keperluan. Tidak seperti kapal selam diesel yang harus muncul ke permukaan untuk menghisap udara yang dibutuhkan mesin diesel. Keunggulan kapal selam nuklir adalah masa operasionalnya serta lebih bertenaga meskipun kapal selam mempunyai ukuran besar dan harus dalam kondisi menyelam, uranium sebagai bahan bakar dari reaktor dapat diganti setelah 3 tahun pemakaian.

B. Berdasarkan Fungsinya

1. Kapal Selam Militer

Militer Amerika Bikin Lapisan Pelindung Kapal Selam, Fungsinya? - Tekno  Tempo.co

Kapal selam militer adalah kapal yang dipergunakan untuk kebutuhan perang atau patroli laut suatu negara. Berdasarkan jenisnya, setiap kapal selam militer selalu dilengkapi dengan senjata seperti meriam kanon, torpedorudal penjelajah / anti pesawat dan anti kapal permukaan, serta rudal balistik antar benua.

2. Kapal Selam Non-Militer

Kapal Selam Chang Bogo Class yang akan dibangun PT.PAL

Kapal selam non militer umumnya digunakan untuk penelitian atau riset bawah air, umumnya berukuran lebih kecil daripada Kapal Selam Militer.

Selain digunakan untuk riset terdapat kapal selam khusus untuk perdagangan namun jarang atau hampir tidak pernah dijumpai. Tercatat Jepang pernah menggunakan kapal selam jenis itu untuk menembus blokade musuh pada Perang Dunia II.

Baca Juga:
Gimana Sih Penggunaan ‘A’ dan ‘An’ Dalam Bahasa Inggris?
BEGINI 5++ INSIDEN KECELAKAAN KAPAL SELAM PALING TRAGIS DI DUNIA!!!
5++ Cara Membangun Kepercayaan Diri Yang Gampang-gampang Susah

C. Berdasarkan Tipe

1. Kapal Selam Diesel (SSK)

Intip Kapal Selam Tipe 214 yang Ditawarkan ke Prabowo-Erick

2. Kapal Nuklir (SSN)

Rusia Uji Coba Kapal Selam "Vladimir Agung" di Kutub Utara

3. Kapal Nuklir+Rudal Balistik (SSBN)

 Delta III Class, Rusia

4. Kapal Peluncur Rudal Balistik (SLBM)

Kapal Selam India Kini Dilengkapi SLBM Seri K – JakartaGreater



<< Sebelumnya

BEGINI LOHH SEJARAH TERCIPTANYA KAPAL SELAM!!!

Selanjutnya >>

BEGINI 5++ PANDUAN & CARA MENINGKATKAN TRAFFIC DENGAN SEO!!!

 

Kata Kunci Lain Yang Sering Di Cari:

KRI Nanggala 402, Kapal Selam, Awal Mula Kapal Selam, Jenis-jenis Kapal Selam

Ada juga yang nanya
KRI Nanggala 402 Tenggelam

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan chat sama mimin kita, buat minta dibuatin tulisannya ya kekitaan.com/ButuhTulisan

Senang bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber tulisan

Nasional.okezone.com
p2kp.stiki.ac.id
WikiPedia.org

Comments

Leave a Reply