Site icon #MENULISdapatuang

Ini dia!5 Tips menjaga kesehatan rambut

Sebenarnya tidak sulit loh buat menjaga kesehatan rambut. Asalkam konsisten dalam merawatnya, maka rambut akan menjadi sehat dan indah. Langkah awal untuk menjaga kesehatan rambut adalah memperhatikan cara keramas dan penggunaan sampo. Hal ini biasanya ampuh untuk menjaga kesehatan rambut tetap lembut dan berkilau.Berikut beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan rambut.

1. Pilihlah sampo dan kondisioner yang tepat berdasarkan tipe dan jenis rambut.

Hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah kondisi rambut. Sebab, hal ini akan mempengaruhi cara perawatannya. Dengan demikian, kamu tidak akan salah dalam memilih sampo dan conditioner.

2. Rutin keramas bagi rambut berminyak.

Seberapa sering kamu keramas sebenarnya bisa dilihat berdasarkan seberapa banyak minyak yang dihasilkan oleh kepala kamu. Kalau kulit kepala kamu berminyak, dianjurkan untuk keramas sehari sekali. Kalau rambut kamu terlihat kering, direkomendasikan untuk lebih jarang keramas.

3. Membersihkan kulit kepala dengan sampo.

Pada saat kamu keramas, usahakan untuk menggosok dengan lembut kulit kepala, agar terhindar dari ketombe rambut. Kamu juga bisa melakuakn pijitan ringan di kepala, supaya kamu terasa lebih rileks.

4. Memakai kondisioner saat keramas.

Penggunaan kondisioner dapat memperbaiki rambut rusak akibat matahari, memperkuat akar rambut, dan melindungi rambut dari sinar UV. Cara pemakaian kondisioner tidak sama dengan sampo untuk menjaga kesehatan rambut. Kamu cukup mengoleskannya pada permukaan rambut, tidak perlu sampai ke kulit kepala.Hal tersebut untuk menghindari rambut terlihat lemas atau lepek. Akan tetapi, cara ini tidak berlaku bila kamu menggunakan sampo yang sudah termasuk dengan conditioner. Karena ada juga beberapa produk sampo yang sudah tercampur dengan conditioner.

5. Melindungi rambut saat berenang.

Sebagian besar kolam renang umumnya mengandung klorin agar air kolam tetap bersih. Karena itu pada saat berenang, usahakan untuk tutupi rambut kamu dengan penutup kepala. Hal ini demi terhindar dari efek klorin dari kolam renang. Sebab, senyawa ini ternyata dapat membuat rambut kamu cepat kering dan kusam.