Ini Dia 5++ Perubahan Pada Komentar Youtube?

Ini Dia 5++ Perubahan Pada Komentar Youtube?

Salam #MasBro #MbakBro

Siapa disini yang suka nonton video-video di platform video yang bisa dibilang lagi hitz banget sekarang, Youtube?

Kayanya ampir di seluruh pelosok Indonesia udah menjadi “pelanggan” dari platform yang satu ini. 

Well, dikarenakan banyaknya pengguna yang malang melintang di platform tersebut, maka ga heran kalo ada beragam pengguna yang ninggalin jejak di kolom komentar video, entah itu yang enak di bacanya dan nambah semangat maupun yang ga enak di hati dan bikin kok jadinya kesel ya pas bacanya.

Nah, komentar yang ga enak yang pada muncul di Youtube itu, lagi ditanggepin dengan serius oleh pihak manajemen mereka. Dan dari pihak Youtube bikin perubahan di sistem komentar video lho. Perubahan apa aja tuh? Langsung tetap di baca yaaa biar ga penasaran.

Perubahan 1 – YouTube Ubah Sistem Komentar

Ini Dia 5++ Perubahan Pada Komentar Youtube?

 

 

Dengan adanya perubahan kaya gini, Google sebagai pemilik Youtube pengen bikin komentar orang-orang yang ke-posting lebih relevan sama orang yang udah upload videonya. Lalu gimana caranya?

Kalo sebelumnya itu komentar yang ada di paling atas biasanya adalah komentar yang paling baru, tapi sekarang Youtube geser itu dan ganti sama komentar dari orang-orang yang paling berhubungan sama video yang di unggah. Di sistem yang baru ini, Youtube pake beberapa faktor buat nentuin postingan mana yang di taro di paling atas. Nah diantaranya itu postingan dari si pemiliki video itu, teman-teman dari Google +nya dan komentar yang paling berkaitan sama videonya itu.

Google juga kasi pilihan buat nampilin komentar ke publik ato kasih balasan yang cuma bisa kita liat sama orang-orang yang adalah circle Google+ dari para penggunanya. Pihak Youtube ngasih info kalo balasan itu bakalan di urutin kaya di Gmail biar kita bisa ngikutin pembicaraannya dengan gampang. Oya, mereka juga janjiin alat moderasi yang bisa dibilang lebih baik buat para content creator video lho, yaitu tool yang bisa nge-review komentar sebelum diposting, jadi kita bisa sortir blok kata-kata khusus yang ga pengen ada di kolom komentar video kita.

Buat hemat waktu juga, kita bisa auto approving komentar dari para penonton yang ninggalin komentar oke menurut kita. 

Menurut Product Manager Youtube, hal tersebut dibuat karena komentar itu merupakan percakapan yang cukup penting buat kita sebagai pemilik video. Buat sistem ini dirilis secara bertahap sejak tahun 2013.

Perubahan 2 – YouTube Ngubah Tampilan Kolom Komentar

Ini Dia 5++ Perubahan Pada Komentar Youtube

Kebebasan komentar di internet sekarang ini cukup banyak nimbulin masalah dikalangan masyarakat. Salah satunya munculnya depresi para content creator yang publish hasil karya mereka ke media sosial, seperti Youtube. Ngeliat hal ini, pihak dari Youtube mulai sadar dan ngelakuin pembatasan buat komentar yang ditinggalkan di kolom komentar halaman video. Di awal tahun 2019, platform ini udah nonaktifkan kolom komentar di video buat anak-anak yang dicurigai bisa nimbulin aksi pedofilia.

Menurut Endgadget pada tahun 2019, Youtube punya rencana buat ngubah cara para penggunanya dalam berkomentar yaitu dengan nyembunyiin kolom komentar. Hal ini ya karena menurut mereka, lewat komentar orang bisa ngasih komentar dengan seenaknya.

Kalo biasanya para pengguna kudu scroll ke bagian bawah video baru bisa ketemu kolom komentar, tapi dengan layout yang baru ini, kolom komentarnya itu bakalan ada langsung di bawah video dan posisinya itu ada di sebelah tombol dislike dan share. Jadi para pengguna itu kudu nge-klik tombol comment baru bisa kasi komentar.

Perubahan 3 – Tombol Save for Later Bakal Ikut Tersembunyi

Wow wow, kalo kaya gini ya pastinya button Save for Later juga bakalan ikut “ilang”. Tapi jangan bingung, karena kalo kita butuh fitur itu kita cuma perlu klik tanda panah ke bawah buat nampilin deskripsi video.

Untuk sementara, layout ini masih berada di masa eksperimen dan ditemukan pertama kali oleh pengembang dari XDA. Masih belum jelas, alasan kenapa Youtube bikin hal kaya gini sih, tapi dari jubir Youtube kasih pernyataan kalo mereka cuma pengen ngasih kenyamanan buat para penonton setia Youtube. 

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sering ditanya …

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita, klik kekitaan.com/tanyaSEO

Terimakasih
Pengalaman Penulis

inet.detik.com dibuka pukul 11:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019
liputan6.com dibuka pukul 11:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019
databoks.katadata.co.id dibuka pukul 12:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019

Kata kunci lain yang sering dicari …
… Ini Dia 5++ Perubahan Pada Komentar Youtube?


Terbit

dalam

,

oleh

Comments

Leave a Reply