Howl’s Moving Castle (film)

Peter Hans docter ( Pete Docter ) adalah sutradara, penulis naskah, animator, produser dan aktor pengisi suara yang berasal dari Bloomington, Minnesota. Ia dikenal atas penyutradaraannya pada film Monsters, Inc.Up, dan Inside Out.Dia juga menjadi tokoh penting di Pixar . Sebuah website penilaian film bernama The A. V Club menyebutkan Pete docter adalah sutradara yang sangat sukses. Pete Docter telah mendapatkan 6 nominasi Academy Award (dua diantaranya menang atas Up dan Inside Out), tiga nominasi film animasi terbaik di British Academy of Film and Television Arts (dua diantaranya menang),dan tiga nominasi atas penyutradaraan terbaik di Annie Awads (dua diantaranya menang) . Pete Docter adalah salah satu penggemar animasi jepang, terutama ia menggemari karya dari Hayao Miyazaki yang merupakan tokoh sukses dibalik film-film Ghibli dan menariknya ia juga penggemar dari Dreamworks yang merupakan saingannya.

Docter lahir di Bloomington, Minnesota, anak dari Rita Margaret (Kanne) dan David Reinhardt Docter. Keluarga ibunya berasal dari Denmark-Amerika. Ia dibesarkan dengan tertutup dan terisolasi secara sosial. Dia sering bermain di sungai di samping rumahnya, berpura-pura menjadi Indiana Jones dan bertindak keluar adegan. Teman SMP sekelasnya menyebut dia dengan ungkapan “anak ini benar-benar tinggi, tetapi kerap canggung, pengganggu sekolah mendatanginya karena perubahan suaranya pada masa pubertas yang sangat kasar “.

Kedua orang tuanya bekerja di bidang pendidikan.Ibunya mengajar musik sedangkan ayahnya adalah seorang pemimpin paduan suara di Normandale Community College. Tidak seperti dua saudara perempuannya yaitu Kirsten Docter yang seorang pemain biola di Cavani String Quartet dan Kari Docter yang seorang pemain cello di Metropolitan Opera, Docter tidak terlalu tertarik pada musik. Bukan berarti ia tidak bisa, karena ia bisa bermain double bass pada proses skoring Michael Giacchino di Fitur tambahan Blu Ray UP .

Docter sendiri lebih tertarik menggambar kartun. Direktur kartun Chuck Jones dan produser Walt Disney dan kartunis Jack Davis adalah penginspirasi dalam hidupnya. Dia menghabiskan waktu sekitar satu tahun di University of Minnesota di mana ia menghasilkan film pendek animasi Winter, Palm Springs dan pada animasinya Next door[1], ia memenangkan Student Academy Award, filmnya sendiri hampir gagal karena setengah dari keseluruhan gambar yang ia kirim hilang, Docter pun menggambar ulang untuk menggantikannya dan memberikan lelucon pada kredit film tersebut yang berbunyi “terima kasih US portal service yang telah menghilangkan sebagian filenya”


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply