Hal Menarik Provinsi di Pulau Sumatera

Hal Menarik Provinsi di Pulau Sumatera

Hal Menarik Provinsi di Pulau Sumatera, Apa sih yang menarik tentang Provinsi di Pulau Sumatera? 

Hal Menarik tentang provinsi di pulau sumatera. Pulau sumatera merupakan pulau terbesar ketiga di Indonesia. Pulau ini merupakan pulau yang di huni oleh 8 provinsi, sedang dua provinsi lainnya berada di kepulauan Sumatera. Berikut beberapa hal menarik dari provinsi yang ada di pulau sumatera.

1. Nama provinsi Sumatera tengah menjadi nama provinsi yang sudah tidak ada. Provinsi tersebut dimekarkan menjadi provinsi Sumatera barat, Riau dan Jambi.

2. Provinsi terluas di pulau sumatera adalah provinsi Sumatera selatan yang memiliki luas wilayah mencapai 113.339 km2.

3. Untuk provinsi dengan luas terkecil di pulau Sumatera sendiri di dapat oleh provinsi kepulauan Riau yang memiliki luas 10.595 km2.

4. Sumatera Utara menjadi provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di pulau Sumatera dengan penduduk mencapai 15 juta jiwa.

5. Bangka Belitung merupakan provinsi dengan jumlah penduduk paling sedikit di pulau sumatera dengan jumlah penduduk mencapai 1,4 juta jiwa.

Baca juga: Makanan Khas Bali yang Populer

6. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam merupakan provinsi paling barat di pulau Sumatera dan Indonesia.

7. Jika Nanggroe Aceh menjadi provinsi paling barat, maka provinsi Lampung menjadi paling timur.

8. Pulau Sumatra Memiliki Rafflesia Arnold

Bunga Rafflesia Arnoldi yang ada di Bengkulu ini ternyata hanya ditemukan di Pulau Sumatra, bunga ini sendiri ditemukan oleh salah satu tokoh yang bernama “Sir Stanford Rafless”. 

9. Pulau Sumatra Memiliki Rumah Sakit Gajah Terbesar di Asia Tenggara

Fakta lainnya yang dimiliki oleh Pulau Sumatra adalah soal Rumah Sakit Hewan, yakni Rumah Sakit Gajah yang konon menjadi Rumah Sakit terbesar di Asia Tenggara. 

10. Partai Politik Lokal Hanya ada di Pulau Sumatra

Partai politik yang hanya ada di suatu wilayah di Indonesia ini ada di Pulau Sumatra, tempatnya di Aceh. Partai lokal di Aceh pada pemilihan tahun 2014 berjumlah 5 Partai Politik, hal ini untuk mensiasati adanya gejolak kembali dengan GAM (Gerakan Aceh Merdeka).

11. Pulau Sumatra Menjadi Pulau Terbesar ke-6 di Dunia

Indonesia adalah negara kepulauan, salah satu Pulau di Indonesia yakni Pulau Sumatra ternyata pada faktanya menjadi Pulau Terbesar Ke-6 di Dunia. Hal ini bedasarkan Luas Pulau Sumatra, yakni mencapai 443.065,8 KM.

 

Suka menulis?

Mau menghasilkan dari tulisan mu?
Yuk mulai #hidupdariKARYA
tulisIN apa aja?

Terimakasih
faktadaerah.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020
Canva.com dibuka pukul 06.21 WIB pada hari Kamis tanggal 17 Desember 2020

Comments

Leave a Reply