Gunung Triple S Jawa Tengah

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Gunung Triple S Jawa Tengah

Salam #MasBro #MbakBro
Ada beberapa julukan untuk gunung tertentu, salah satunya adalah julukan Triple S untuk Gunung di Jawa tengah yaitu gunung sindoro, sumbing, dan slamet

Gunung Triple S Jawa Tengah

Gunung Slamet (3.428 mdpl)

Gunung Triple S di Jawa Tengah yang Wajib Jadi Tujuan Pendakian

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi yang ada di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di antara 5 Kabupaten yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang.

Gunung Slamet juga merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Gunung ini pun menjadi salah satu gunung tujuan para pendaki, walaupun medan yang harus dihadapi atau ditempuh memang lumayan sulit.

Hampir di sepanjang rute pendakian, pendaki nggak akan menemukan air dan kabut di Gunung Slamet sering berubah-ubah dan pekat. Namun hal ini nggak membuat para pendaki menyerah begitu aja, justru malah dijadikan acuan untuk semangat sampai puncak.

Jalur pendakian di Gunung Slamet bisa dilalui lewat 4 jalur yaitu Blambangan yang berada di Desa Kutabawa, Jalur Baturaden yang berada di Desa Gambuhan, Jalur Dhipajaya yang berada di Kabupaten Pemalang, dan  terakhir melalui objek wisata pemandian air panas Guci yang berada di Kabupaten Tegal.

Gunung Sumbing (3.371 mdpl)

Gunung Triple S di Jawa Tengah yang Wajib Jadi Tujuan Pendakian

Gunung Sumbing terletak di antara 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo. Gunung yang memiliki ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet.

Nah, gunung ini menjadi sasaran kedua bagi para pendaki dari daftar Gunung Triple S. Pesona alam yang menakjubkan di puncak Gunung Sumbing ternyata nggak kalah luar biasa dari Gunung Slamet. Dari puncak Gunung Sumbing pun pendaki bisa melihat gunung-gunung yang ada di sebelahnya seperti Gunung Merbabu, Merapi, dan Sindoro.

Gunung Sumbing juga memiliki trek atau medan yang cukup berat dikarenakan kemiringan yang terjal dan rute yang lebih panjang.

Jalur pendakian Gunung Sumbing bisa melalui jalur yang sangat populer yaitu pos Garung yang terletak di kawasan Kledung Pass. Selain itu juga bisa melalui jalur seperti Bowongso, Cepit, Lamuk, Banaran, Butuh Kaliangkrik, dan Mangli Kaliangkrik.

Gunung Sindoro (3.153 mdpl)

Gunung Triple S di Jawa Tengah yang Wajib Jadi Tujuan Pendakian

Gunung Sindoro yang memiliki ketinggian 3.153 meter di atas permukaan laut ini terletak di antara Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo. Gunung yang letaknya berdampingan dengan Gunung Sumbing ini kerap dijuluki Gunung Kembar.

Gunung Sindoro memiliki kawah dan kubah lava, kawah terbesar di Gunung Sindoro disebut Kembang. Gunung ini memiliki keunikan tersendiri yaitu puncaknya yang sangat luas.

Ada beberapa jalur pendakian yang bisa dilalui yaitu jalur pendakian via Kledung yang terletak di Desa Kledung dan jalur pendakian via Sikatok yang terletak di Desa Sigedang. Kedua jalur ini juga memiliki pemandangan yang menakjubkan

Kesimpulan

Jadi sekarang udah mau naik gunung yang mana dulu ?

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

 

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih

superadventure.com dibuka pukul 12.30 WIB pada Hari Kamis tanggal 03 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN, Gunung, Indonesia, Wisata, Pemula, Triple S, gunung, pesona indonesia, gunung tertinggi, jawa barat, alam indonesia, kekayaan, wisata, tempat, alam, mdpl, Jawa Tengah, Jawa timur, Slamet, sindoro, sumbing 

 

Comments

Leave a Reply