“Es Api” Harta Karun Baru RI

tulisIN
Semua bisa berkarya dengan menulis.

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Yoo! Apa kabar semuanya balik lagi nih bareng mimin bawang di blog kekitaan.com nih. Kali ini mimin mau memberitahu bahwa Indonesia memiliki harta karun baru yaitu “Es Api”. Apa itu?? Yuk langsung kita bahas….

“Es Api”

Dilansir dari CNBC Indonesia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral(ESDM) Arifin Tasrif mengumumkan bahwa Indonesia menyimpan potensi Methane Hydrate (Metana Hidrat) yang dapat menggantikan minyak bumi, batu bara, dan gas. Apakah aman untuk kita mengeksploitasi sumber daya baru tersebut?

Apasih Methane Hydarte?? Jadi itu adalah senyawa hidro karbon yang unik, karena tidak seperti energi fosil pada umunya yang berbentuk padat seperti batu bara, cair seperti minyak bumi, dan gas alam. Metana Hidrat berbentuk kristal es. Namun senyawa ini tidak seperti es pada umumnya, ia mudah terbakar karena dikandungannya terdapat senyawa gas metana dalam jumlah besar. Dari situlah ia mendapatkan julukan “Es Api”.

Potensi “Es Api”

Menurut Arifin potensi sumber daya metana Hidrat di Indonesia saat ini diperkirakan 850 triliun kaki kubik di dua lokasi utama yaitu di perairan Selatan Sumatra hingga Barat laut Jawa dan di Selat Makassar Sulawesi.

Jumlah tersebut setara dengan 8 kali cadangan gas alam saat ini, sehingga Arifin berharap bahwa sumber energi alternatif ini akan mendukung ketahanan energi Nasional.

Proyeksi mengenai potensi metana hidrat di dua titik perairan Indonesia bersumber dari US Geological Survey di tahun 2000.

Di penelitia selanjutnya, US Geological Survey menyebutkan bahwa tiap meter kubik dari metana hidrat ini terkandung 160 meter kubik gas, yang setara dengan energi listrik 5.145 kilowatt jam (Kwh).  Sebagai perbandingan, rata-rata konsumsi listrik masyarakat Indonesia per tahun adalah 1.012 kwh (menurut PLN per 2017).

Penutup

Melihat besarnya potensi sumber daya tersebut Pak Arifin berharap bahwa “Es Api” ini dapat dikembangkan menjadi sumber daya energi alternatif di masa depan. Namun pada saat ini biaya pengembangannya masih belum ekonomis untuk dikembangkan secara komersial. Menurut mimin siapkah Indonesia menerima dan mengembangkan sumber daya alam baru ini dengan aman? Atau malah mempercepat emisi karbon ke atmosfer yang dapat merusak lingkungan.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<<Sebelumnya
10 Rekomendasi Anime Romance Terbaik!

>>Selanjutnya

Anime Movie Yang Wajib Kamu Tonton!

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih

Canva dibuka pada: 2 Juni, 20:56 pm

Kata kunci lain yang sering dicari…
#tulisIN,
#info, #indonesia, #Sejarah, #Internet, #tambang, #Potensi, #metana, #gas, #senyawa, #bahan bakar, #dunia, #literasi, #Juni, #minyak bumi, #gas alam,

Comments

Leave a Reply