Berdiksusi dan Memutuskan

Kita mulai sesuai dengan judul pada tulisan ini, yaitu berdiskusi dan memutuskan. Tentu kedua hal tersebut saling berkaitan satu sama lain dan pastinya jika salah satunya dihilangkan, akan menjadi satu hal yang tidak pasti. Berdiskusi artinya adalah mengemukaan sebuah pendapat dari masing – masing individu atau kelompok dan nantinya ada sebuah kesimpulan yang diperoleh dari sebuah diskusi dan menghasilkan sebuah keputusan.

Berdiskusi dan memutuskan sebenarnya sudah kita lakukan hampir disetiap detik kehidupan, bahkan berdiskusi dan memutuskan sesuatu untuk diri sendiri sangat diperlukan agar hidup lebih tertata dengan baik. Berbincang dengan seseorang juga merupakan bagian dari sebuah diskusi.

Sebuah sikap yang baik tentu harus dilakukan supaya, ketika melakukan diskusi dan membuat keputusan tidak memberatkan salah satu pihak dan membuat semuanya merasa puas dengan sebuah keputusan yang sudah ditentukan. Dalam hal ini sikap bijaksana adalah satu kunci utama, bukan hanya dalam mengambil sebuah keputusan saja melainkan ketika melakukan diskusi juga harus dilakukan dengan baik.

Berdiskusi yang bijaksana itu tidak berbicara diluar konteks dan tetap menjunjung tinggi rasa hormat kepada lawan diskusi. Tidak menggunakan emosi dan menjaga kata demi kata yang keluar dengan baik. Begitu juga dengan memutuskan seusatu, harus mempertimbangkan hal – hal yang penting dan nantinya menjadikan sebuah keputusan yang adil. Untuk itu, kedua hal ini harus dilakukan agar kita menjadi lebih baik dan bijaksana

Sekian dari saya, Terimakasih


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply