Site icon #MENULISdapatuang

Dapet Pesangon Gak Karyawan Resign?

Dapet Pesangon Gak Karyawan Resign?

👁️0x   💬0 🕗00:00 menit

Salam #MasBro #MbakBro

Karyawan yang resign dapet pesangon gak ya?
Kalo emang berhak, ada dasar hukumnya gak?
Gimana sama perhitungannya?

Hai kawanku semuanya, para #MasBro #MbakBro. Gimana nih kerjaannya? Apa lancar? Atau ada yang kepikiran buat resign?

Resign atau mengundurkan diri kadang menjadi pilihan beberapa karyawan dengan berbagai alasan seperti keluarga, jenuh dengan kerjaannya, pingin cari tantangan baru, mau lanjutin pendidikan, ngerasa gak maksimal dalam kerja, gak sesuai sama latar belakang pendidikan, dapet tawaran kerjaan lain, gajinya yang gak sesuai, dan alasan-alasan lain yang kadang mengharuskan mereka buat resign.

Baca Juga : Begini Cara Online Pencatatan Hak Cipta Lagu

Buat pertanyaan di atas, pengusaha punya kewajiban buat bayar uang pesangon atau juga uang penghargaan masa kerja dan uang pengganti hak yang harusnya diterima kalo terjadi PHK, isinya sesuai sama Pasal 81 angka 44 Undang-Undang Cipta Kerja yang ngubah Pasal 156 ayat (1) Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Pekerja atau karyawan yang resign karena kemauan sendiri dan menuhin syarat, maka berhak:

  1. Dapet uang penggantian hak atau disingkat UPH; dan
  2. Dapet uang pisah yang besarnya diatur di Perjanjian Kerja, Peraturan Perusahaan, atau Perjanjian Kerja Bersama.

UPH yang bakal diterima diantaranya:

  1. Cuti tahunan yang belum diambil dan belum gugur;
  2. Biaya atau ongkos pulang buat kerja dan keluarganya ke tempat kerja diterima kerja;
  3. Hal lainnya yang ditetapin di perjanjian kerja, PP, atau PKB tadi.

Jadi, UPH dan uang pisah yang besarnya diatur di perjanjian kerja, PP, atau PKB adalah hak yang bakal didapet sama pekerja atau karyawan yang ngundurin diri alias resign. 

pasangIN iklan mu disini!

Biaya lebih hemat dan tepat sasaran dengan tampil 24 jam.
Penjualan jadi meningkat.
BONUS review.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan;
  2. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja.

Kesimpulan

Istilah pesangon gak digunakan buat karyawan yang resign, tapi UPH dan uang pisah.

Karyawan yang resign berhak dapet UPH dan uang pisah ini kalo udah menuhin syarat, ya.

Suka menulis?

Mau menulis✍️ dapat uang?🏧
Menulis disini aja.
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Baiklah kawanku #MasBro #MbakBro… pastinya penjelasan di atas bisa bantu kawan-kawan semua yang mau resign dari kantor.

Kalo gitu, kumau pamit dulu buat ngorek-ngorek lagi info tentang hukum yang siapa tau kalian belum tau.

Sampai jumpa!

Seneng bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Terimakasih
Hukumonline.com Ensiklopedia Hukum dibuka pukul 20.00 WIB pada Hari Kamis tanggal 19 Agustus 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
hukumIN, hukum, menghakimiHUKUM, Dapet Pesangon Gak Karyawan Resign?,resign,pesangon, uang, karyawan, karyawan resign, pesangon karyawan, pesangon resign, pilihan, alasan, gaji, PHK, undang-udang, peraturan, hak karyawan, UPH, ngundurin diri, mengundurkan diri, cuti, biaya, perjanjian, PP, PKB, Ketenagakerjaan, masa kerja, dasar hukum,