Daftar Makanan Khas Indonesia Yang Terkenal Sampai Ke Luar Negeri

Indonesia memiliki berbagai macam masakan Nusantara yang sangat lezat dan menggoda lidah. Beberapa daftar makanan khas Indonesia di bawah ini mungkin akan membantu kamu untuk berpetualangan kuliner.

Ada banyak sekali hidangan tradisional dan warisan ikonik dari berbagai pulau di Indonesia. Bahkan beberapa makanan khas Indonesia di bawah ini cukup terkenal di luar negeri lho. Yuk, langsung simak apa saja makanan khas Indonesia di bawah ini. 

1. Sate 

Sate adalah daging yang dimasak atau dibakar di atas arang. Sate tusuk ini biasanya menggunakan daging ayam, kambing, kelinci, atau bagian lainnya yang disajikan dengan menggunakan sosis kacang pedas. Daging biasanya akan direndam di dalam bumbu sebelum masuk. 

2. Gudeg 

Makanan khas Indonesia selanjutnya yang menjadi makanan Internasional yang telah diakui dunia yaitu, gudeg. Makanan khas Yogyakarta cenderung manis karena menggunakan buah nangka manis sebagai bahan utama.

Buah ini direbus dalam campuran santan, gula aren, dan bumbu khas Yogyakarta selama beberapa jam. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga menghasilkan hidangan yang sangat lembat. Biasnya, gudeg akan disajikan dengan beberapa daging ayam atau kulit sapi goreng untuk sedikit tambahan protein. 

3. Rendang 

Makanan khas Indonesia yang satu ini seperti kari daging sapi, tetapi tanpa kaldu. Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam sosis dan rempah-rempah selama beberapa jam. Makanan khas daerah Palembang membutuhkan kesabaran dan keterampilan saat memasaknya.

4. Nasi Rawon 

Selanjutnya, makanan khas Indonesia lainnya yaitu nasi rawon. Nasi rawon merupakan sebuah hidangan yang terbuat dari daging sapi rebus dari Jawa Timur. Rawon memiliki rasa pedas dan warna hitam yang pekat dari penggunaan kacang keluak.

5. Ayam Taliwang 

Makanan khas daerah Nusa Tenggara Barat ini berbahan dasar daging ayam yang dibakar dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan juga garam. Biasanya ayam taliwang disajikan bersama bumbu tambahan, dan menu tambahan seperti plecing kangkung.

6. Kerak Telor 

Makanan khas Indonesia yang satu ini dimiliki oleh masyarakat Betawi. Makanan tradisional ini semacam nasi goreng yang dimasak di atas arang dan dibuat dari ketan dan juga telur. Hidangan yang berbentuk omelet ini biasanya diisi dengan bawang goreng dan kelapa parut.

7. Soto 

Makanan khas Indonesia berikutnya yang cukup terkenal di luar negeri adalah soto. Bukan tanpa alasan, soto memang menjadi favorit orang Indonesia. Bahkan ada beragam soto di Indonesia, mulai dari Soto Betawi, Soto Lamongan, Soto Mie Bogor, Soto Banjar, Soto Padang, Coto Makassar, Soto Lenthok, Soto Kudus, Soto Tauco Pekalongan, Soto Kemiri, dan masih banyak lagi. Popularitas soto di luar negeri ini sama dengan bakso.

8. Sop Buntut 

Siapa sih yang tidak suka dengan sop buntut? Kuahnya penuh dengan kaldu dan terasa segar. Kentang, tomat, dan wortel menjadi pelengkapnya. Biasanya potongan ekor sapi disajikan dengan ukuran cukup besar.

9. Nasi Goreng dan Mie Goreng

Hampir semua bule pasti bisa makan kuliner satu ini. Bahkan banyak orang dari seluruh dunia suka dengan cita rasa nasi goreng khas Indonesia. Tak cuma nasi goreng, mie goreng juga terkenal di luar negeri.

10. Gado-Gado 

Gado-gado bisa disebut sebagai salad ala Indonesia. Mungkin karena seperti salad makanya para bule suka gado-gado. Kuliner ini berisi berbagai macam sayuran segar yang dipadu dengan bumbu kacang. Biasanya dimakan dengan kerupuk.

 

Comments

Leave a Reply