Cuma Ada 2++ Pelatih Terbaik Liga 1 Indonesia Sejak tahun 2008, Siapa Aja?

Seorang pelatih dituntut tak hanya mampu memimpin pemain, tapi juga menerapkan strategi yang tepat yang sesuai dengan karkater lawan dan kondisi pemain.

Seorang pelatih pun memegang peranan penting di balik sebuah kesuksesan klub.

Berikut ini, lima pelatih hebat yang berhasil memberikan gelar buat timnya dalam 10 tahun terakhir.

1. Rahmad Darmawan

 

Rahmad Darmawan merupakan salah satu pelatih terbaik di Indonesia yang akrab disapa RD. Masa-masa keemasan Rahmad Darmawan terjadi pada saat menukangi Sriwijaya FC pada tahun 2007-2010.

selain itu Rahmad Darmawan juga memberikan gelar liga bagi Persipura pada tahun 2005 dan saat ini sedang memberikan kesuksesan untuk Madura United di Liga 1 2020. .

Raden Darmawan berhasil mempersembahkan empat gelar untuk Laskar Wong Kito dengan rincian satu gelar liga 2007-2008 dan tiga gelar beruntun di Piala Indonesia pada 2007-2008, 2008-2009, dan 2010.

Sehingga membuat Rahmad Darmawan mendapatkan penghargaan pelatih terbaik Piala Indonesia 2009.

2.Robert Alberts

 

Robert Alberts pertama kali dikenal publik ketika membesut Arema Indonesia pada 2009 yang merupakan Pelatih asal Belanda yang langsung memberikan gelar untuk Arema Indonesia.

Selain Liga Super Indonesia, pada 2010 Robert Alberts juga memberikan gelar Piala Indonesia untuk Arema.

Robert juga dua musim membawa PSM Makassar memanaskan persaingan papan atas Liga 1 2017 dan 2018.

Kini, pelatih berusia 65 tahun itu sedang berusaha mengantarkan Persib Bandung menjadi juara di Liga 1 2020.

3. Jacksen F. Tiago

Jacksen F. Tiago merupakan pelatih dengan catatan mentereng di Indonesia yang dibuktikan dengan torehan dua gelar liga bersama Persipura Jayapura dalam 10 tahun terakhir.

Jacksen berhasil memberikan gelar liga 2010-2011 untuk Persipura. Kemudian pada 2013, Jacksen kembali mempersembahkan gelar liga untuk Persipura.

Gelar tersebut merupakan gelar kelima untuk Jacksen selama karier pelatih di Indonesia.

Sebelumnya, ia juga berhasil mempersembahkan gelar liga pada tahun 2004 untuk Persebaya Surabaya dan pada tahun 2008-2009 untuk Persipura.

4. Djadjang Nurdjaman

Djadjang Nurdjaman merupakan pelatih yang berperan dalam kesuksesan Persib Bandung dalam meraih gelar Liga Super Indonesia 2014. berkat kecerdikan dan tangan dinginnya sehingga berhasil mengembalikan kejayaan Persib.

Pada 2014, Persib menjadi juara setelah mengalahkan Persipura yang menjadikan gelar pertama buat Persib setelah Liga Indonesia I 1994-1995.

Djadjang Nurdjaman kembali memberikan gelar Piala Presiden 2015 untuk Persib. Pada partai puncak, klub berjulukan Maung Bandung itu sukses mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0.

5. Stefano Cugurra Teco

Stefano Cugurra Teco merupakan Pelatih asal Brazil yang berhasil meraih gelar liga secara beruntun bersama Persija Jakarta pada 2018 dan Bali United pada 2019 yang merajai liga di Indonesia selama dua tahun terakhir.

Stefano Cugurra Teco juga berhasil mempersembahkan gelar Piala Presiden 2018 untuk Persija. 

Kini, Stefano Cugurra Teco kembali memegang misi penting untuk membantu Bali United mempertahankan gelar yang belum terkalahkan dalam tiga laga dan meraih tujuh poin di Shopee Liga 1 2020.

 

Itulah Cuma Ada 2++ Pelatih Terbaik Liga 1 Indonesia Sejak tahun 2008 yang harus kalian ketahui.

Pasti bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Sumber Tulisan
id.wikipedia.org dibuka pukul 10.05 WIB pada tanggal 29 April 2021.

Kata kunci lain yang sering dicari …
olahraga, sepakbola, liga, timnas indonesia, pelatih sepakbola, Pelatih Terbaik Liga 1 Indonesia Sejak tahun 2008, lembaga sepakbola,

Comments

Leave a Reply