25++ Cara Merawat Laptop Baru Beli

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Salam #MasBro #MbakBro

Kapan terakhir beli laptop?
Ada rencana mau beli laptop?

Meski beli baru dan cukup canggih, kita tetep harus tau gimana cara merawat laptop dengan bener. Kalo asal, performa laptop bisa jadi menurun dan akhirnya cepet rusak. Kalo udah terlanjur, pengeluran malah nambah buat biaya servis.

Sebelum jadi bermasalah, berikut cara merawat laptop baru beli biar ga gampang rusak.

27++ Cara Merawat Laptop Baru Beli

Kita susun berdasarkan urutan pemakean ya.

SEBELUM PAKE

1. Instal Sistem Operasi

Kemungkinan besar laptop yang kita beli udah ada di toko berbulan-bulan. Kita perlu berjaga-jaga dengan mempembarui sistem operasi di laptop.
Ini penting untuk…
a.
ningkatin kinerja
b. sehingga kompatibilitas antara perangkat keras dan perangkat lunak tetep terjaga.

Silahkan klik #CaraUpdate sistem operasi laptop, buat praktek.
Bisa sendiri kok.
Ga perlu
riset dan pusing. Ga perlu pake bantuan Abang-Abang teknisi komputer terdekat.

Setelah sistem operasi diperbarui, Instal driver agar kinerja laptop berjalan maksimal. Laptop baru biasanya akan ada CD driver. Gampang kok, tinggal klik instal, ikuti instruksinya, dan nunggu.

2. Hapus Bloatware

#SekilasTentang Bloatware
Bloatware adalah software promosi yang dibundel sama merek laptop.

Yap, sebelum pake laptop hapus bloatware.
Meski ga dipakai, aplikasi ini bisa memenuhi memori internalmu. Aplikasi tambahan ini memakan RAM dan membebani kinerja laptop.

#CaraHapus Bloatware
1. Pasang Bulk Instaler
Supaya aplikasi Bloatware bener-bener bisa hilang dari sistem operasi laptopmu.
ato
2. Uninstall
a. Masuk ke Control Panel
b. pilih Programs and Features,
c. Uninstall semua perangkat lunak yang ga dibutuhin dari daftar program.

Catatan
Periksa terlebih dulu aplikasi yang dibutuhin sebelum menghapus.
Jangan sampe salah hapus.
Berikut
sistem operasi Windows yang terisi oleh bloatware.

3. Instal Antivirus

Mau merek apapun itu.
Semua laptop butuh antivirus, suapaya terhindar dari masalah oleh virus komputer.
Di era serangan dunia maya yang mencakup ancaman…
a. malware
b. spyware,
c. ransomware.

Instal software keamanan yang kuat di sistem laptop itu WAJIB.

Antivirus GA hanya berlaku untuk Windows doang, Linux, Mac, dan Chrome OS juga sangat butuh.
Banyak pilihan software antivirus. Smadav adalah produk Indonesia yang kita saranin.

4. Optimalisasi Daya Baterai

Laptop memang diciptain gampang dibawa kemana aja.
Jadi perhatiin kekuatan baterai laptop. Atur pemakaian baterai di awal penggunaan biar lebih optimal.

Misalnya…
a. mengurangi kecerahan layar
b. pake fitur Sleep / Hibernete saat laptop sedang ga dipake.

Sepele…
tapi ternyata sangat berpengaruh ke ketahanan daya laptop.

Kalo lebih sering internetan pake laptop. Pake browser yang ada fitur penghematan daya.

5. Jaga Keamanan

Pasanglah software anti pencuri dan aktifin password di laptopmu. Bagi pengguna Windows, bisa pake fitur Find My Device kalo sewaktu-waktu laptop hilang dan sulit ditemuin.

6. Aktifin Fitur Backup Otomatis

Laptop dipake buat nyimpen data penting. Tergantung pemiliknya, bisa data kerjaan, kuliah, ato data pribadi.
Kalo ga mau data penting hilang ato rusak, BACKUP ITU HARUS. Jadi kalo ada sesuatu terjadi masih ada cadangan data.

Biar file yang disimpan di laptop selalu aman.
Umumnya, masing-masing sistem operasi punya software bawaan yang berbeda.
Misalnya…
a. Windows 10 punya System Restore / Recovery Drive Creator.
b. MAC punya fitur Time Machine.
c. Linux.

7. Penyimpanan Cloud

Dengan penyimpanan cloud data kita bisa diakses di mana aja dengan perangkat apa aja. Cloud juga berfungsi jadi sistem backup lain yang bisa kita pakeCloud sangat membantu kalo laptop rusak, ganti, hilang. Data kita tetep aman dan tersimpan di cloud storage.

Ada 3 layanan penyimpanan yang bisa kita pake, seperti Dropbox, Google Drive, dan One Drive. Cloud storage ini punya kelebihan dan kekurangan.
Tapi…
semuanya nawarin fitur gratis yang bisa diakses.
Jadi pilih yang paling sesuai aja.

RUTIN

 
 

8. Rutin Perbarui Sistem Operasi

Seperti aplikasi dan driver hardware, Sistem Operasi perlu diperbaharui.
Kenapa?
Versi terbaru akan ningkatin performa laptop sehingga kompatibilitas antara hardware dan software tetap terjaga.

#CaraUpdate
1. Website
Kunjungi website pabrikan laptop buat dapatin pembaharuan BIOS.
2. Update Sendiri
Bagi pengguna Windows, aktifin ‘Windows Update’ di menu Control Panel.
3. Abang-Abang Tukang
Kalo takut gagal, teknisi komputer jadi bantuan terakhir.

9. Pasang dan Perbarui Software Anti Virus

Kalo ga mau antivirus berjalan sebagai latar belakang secara real time, bisa pakai MalwareBytes yang bisa otomatis memindai laptopmu tiap seminggu sekali. Ato scaning di software anti virus yang lain, SmadaV misalnya. Pake salah satu antivirus aja, CUKUP.

10. Minimalisir Suhu Panas di Mesin Laptop 

Karna sirkulasi udara kurang bagus, laptop lebih cepat panas ketimbang CPU maupun tablet. Makanya, pastiin laptop berada di suhu yang pas agar ga mengalami penurunan performa dan merusak hardisk internal. Nah, salah satu cara yang bisa pake menaruh cooling pad sebagai tatakan laptop.

11. Ga Pake Sistem Operasi / Aplikasi Melebihi Kapasitas Hardware

Memang tetep bisa bekerja, tapi nanti ya jadi ga maksimal. Biasanya kalo dipaksain, laptop bakal lemot dan sering mati. Daripada maksain sistem operasi maupun aplikasi, mending beli laptop sesuai spesifikasi yang dibutuhin. Misal seorang desain grafis, ya belilah laptop yang mampu buat pasang software pendukung aktivitas desainmu.

SAAT PAKE

12. Jangan Ditinggalin di Tempat Panas

Kalo masih ngeyel
Jangan kaget tiba-tiba prosesor laptop mengalami penurunan daya tahan baterai. Biasanya, penurunan performa keliatan dengan sering matinya laptop secara mendadak.

13. Jangan Pegang Layar Laptop

Biasanya saat mindahin laptop, kita ga sengaja pegang layarnya. Padahal ini bisa merusak engsel karena layar ditekan oleh tangan. Untuk meminimalisirnya, baiknya peganglah laptop di bagian bodinya saja.

14. Jangan Pake Laptop di Atas Kasur / Bantal

Menaruh laptop di kasur saat dipakai bisa menghambat sirkulasi udaranya. Akibatnya, hardware dalam akan mengalami overheat dan berisiko membuat kegosongan mesin.

15. Jangan Letakin Laptop di Atas Barang Elektronik Lain

Pasalnya, ini bisa membuat medan magnet antara laptop dan barang elektronik mengalami gangguan. Akibatnya, data dari dalam hard drive pun bisa mendadak menghilang.

16. Jangan Sembarang Browsing dan Unduh File

Ga cuma jadi buat file sampah, kadang virus juga bisa mengunci data yang ada di laptopmu.
Jadi, akan kesulitan mengaksesnya. Kalo ga ingin hal ini terjadi, sebisa mungkin perhatiin setiap website yang kita buka. Apalagi kalo berpikir untuk mengunduhnya.

17. Jangan Biarin Baterai Habis Sampe 0% 

Keseringan biarin laptop kehabisan baterai hingga 0 persen bisa mengurangi daya tahan baterainya.
Misal…
kalo awal beli baterai bisa tahan sampe 4 jam, mungkin dalam beberapa bulan baterai laptop hanya dapat dipake selama 1 jam aja.

18. Jangan Pasang 2 Anti Virus Sekaligus

Dulu waktu baru punya laptop, pernah alami ini?
Mikirnya buat keamanan sih.
Tapi…
Bukan bikin laptop makin aman, antivirus yang lebih dari 1 bisa memperlambat kinerja laptop. Karna perbedaan refrensi database. Daripada pake 2 antivirus, lebih baik pake 1 aja. Kalo belum yakin pasang aja software pembersih, seperti CC Cleaner misalnya.

SETELAH PAKE

Baca Juga : Apa Aja Sih Spare Parts Laptop dan Komputer?

19. Selalu shutdown laptop

Ga seperti desktop PC, laptop harus dimatiin ketika ga dipake. Matiin laptop saat ga dipake akan mencegah laptop cepat panas, sekaligus kasih waktu istirahat bagi perangkat kesayanganmu.

20. Jangan Ganjal Laptop Saat ditutup

Biasanya  pulpen / pensil suka nyelip tuh dalam lipatan laptop.
Sengaja ato ga sengaja lakuin ini. Keyboard dan layar laptopmu akan mengalami masalah. Karna 2 bagian ini adalah perangkat yang rapuh. Kalo terlalu kencang, bisa-bisa layar laptop juga retak lo!

21. Jangan Ngasal Cabut Kabel Charger 

Meski buru-buru. JANGAN.
Kebiasaan ini bisa merusak port pengisian daya serta kabel cas laptop lo! Seburu-buru apa pun, cabutlah kabel cas secara perlahan agar port tak rusak dan charger jadi lebih awet. Ssst, harga charger laptop lumayan juga lo!

22. Cabut Aksesori Laptop (peripheral)

Setiap kali laptop ga dipake, bahkan untuk waktu singkat, ingatlah untuk mencabut aksesori yang terpasang ke laptop. Selain itu, sangat penting untuk mencabut peripheral apapun sebelum masukin laptop ke dalam tas, sehingga laptop maupun peripheral menjadi ga cepat rusak.

23. Jangan Cabut hal yang Ga Perlu

Seperti ga mencabut baterai laptop dari stop kontak meskipun baterai telah penuh.

24. Perhatiin Cara Membawa Laptop

a. Jangan pernah membawa laptop dalam keadaan standby.
Karna akan merusak hard disk.
b. 
Saat dimasukin ke dalam tas, jangan menutup restleting secara penuh
Karna minimnya sirkulasi udara.
c. Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan dalam tas.
Karna beban yang terlampau berat bisa neken layar sehingga bisa rusak.

25. Rutin Bersihin laptop

Rutinlah bersihin laptop.
Minimal sekali dalam 3 minggu.
Periksa dan bersihin hardwarenya.

Debu sering jadi masalah.
Kalo ga dibersihin, debu yang menumpuk di…
a. sela-sela ventilasi,
b. mainboard,
c. kipas laptop…
dapat membuat laptop cepat panas (overheating).

Kita bisa bersihin sendiri kok pake kain halus dan cotton bud untuk menjangkau sudut-sudut sempit laptop, seperti kipas pendingin.

Baca Juga : Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita

Selamat mempraktekin anjuran dan larangan di atas.
Sebenernya, tiap laptop hampir sama perawatannya. Hal yang bedain cuma spesifikasi di dalamnya.
Jadi pilih laptop yang sesuai kebutuhan aja. Jangan mau canggih padahal cuma buat ketik tugas kantor / kuliah doang. Jangan juga laptop kuliah dan kantor yang spesifikasi rendah dipake buat game. Ga maksimal nanti mainnya, Ga asik.
Sesuai judul…
semua ini demi laptop yang lebih dan biar ga cepat rusak.

Suka baca tulisan tentang teknologi?
Coba cari di website ini?
Kalo belum ada, silahkan daftar untuk menulis nya.
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk menulis tentang laptop / komputer.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
acerid. SpAcer, Lakukan 9 Cara Ini untuk Merawat Laptop Baru. acerid.com dibuka pada pukul 07.27 WIB pada hari Senin, 06 Oktober 2020
Lea Lyliana. Cara Merawat Laptop yang Baru Beli Agar Awet dan Nggak Cepat Rusak. Jangan Cuma Pintar Ngelap.  hipwee.com dibuka pada pukul 07.27 WIB pada hari Senin, 06 Oktober 2020
, Dyah. 7 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Setelah Membeli Laptop Baru, Jangan Langsung Dipakai. hot.liputan6.com dibuka pada pukul 07.27 WIB pada hari Senin, 06 Oktober 2020

Kata Kunci lain yang sering dicari…
cara merawat laptop asus baterai tanam, cara merawat software laptop, cara merawat laptop gamingmerawat laptop tua, cara merawat baterai laptop, tips bermain game di laptop agar awetcara menggunakan laptop baru asus, yang harus dicek saat beli laptop baru, laptop baru tipsapakah laptop baru harus dicas dulu, cara memperbarui sistem operasi laptop, apa saja yang harus diinstal pada laptop baru

Comments

Leave a Reply