8 Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia yang baik

Cara Mengatasi Insomnia 

Salam #MasBro #MbakBro

Kalian Pernah susah tidur? dan tidur di malam hari jadi terganggu. karena pada pasalnya tidur merupakan kebutuhan mendasar manusia yang sangat penting. 

Faktor penyebab insomnia bisa bermacam-macam, mulai dari akibat gaya hidup, masalah kenyamanan ruangan kamar, hingga adanya gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan. Berikut 8 cara untuk mengatasi insomnia, antara lain : 

1. Lakukan Relaksasi

Sebagai langkah relaksasi, bisa melakukan yoga atau pilates sebelum tidur. Keduanya mampu memberikan rasa nyaman dan tenang, sehingga lebih mudah mendapatkan tahap tidur nyenyak. 

2. Atur Jadwal Tidur

Mengatur jadwal tidur bisa memudahkan tubuh beristirahat, sehingga terhindar dari insomnia. Waktu tidur yang tidak tetap atau sering berubah-ubah juga menjadi pemicu insomnia, karena dapat mengganggu ritme sirk.

3. Atur Jadwal Tidur

Mengatur jadwal tidur memudahkan tubuh beristirahat, sehingga terhindar dari insomnia. Waktu tidur yang tidak tetap atau sering berubah-ubah juga menjadi pemicu insomnia, karena mengganggu ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh. 

Baca juga:
Manfaat Tidur siang Untuk kesehatan
8 manfaat minum air putih

4. Konsumsi Makan Sehat

Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Ini karena mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 miligram kafein enam jam sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur.

5.  Atur Suasana Kamar yang Nyaman

Insomnia dapat terjadi karena suasana kamar yang tidak nyaman. Kalau insomnia terjadi secara berkepanjangan, coba untuk mengubah pengaturan kamar atau ganti lampu tidur menjadi lebih redup.

6. Hindari Alkohol dan Rokok Sebelum Tidur

Kandungan nikotin dalam rokok dapat memicu kesulitan tidur pada beberapa orang. Selain rokok, Juga perlu menghindari konsumsi minuman beralkohol dan kafein.

Jumlah minuman tersebut akan membuat kamu terjaga, sehingga kesulitan untuk tidur di malam hari. 

7. Cobalah untuk rileks sebelum tidur

Mandi air hangat, mendengarkan musik, atau melakukan yoga untuk menenangkan pikiran dan tubuh bisa juga menjadi cara mengatasi insomnia yang baik dilakukan.

8. Batasi tidur siang

Tidur siang tampaknya merupakan cara yang tepat untuk mengejar ketinggalan atau kekurangan tidur, tapi tidak selalu demikian. Penting untuk membangun dan mempertahankan pola tidur yang teratur dan melatih diri untuk mengasosiasikan tidur dengan isyarat agar waktu tidur yang konsisten.

Terimakasih

kompas.com dibuka pukul 17:20 WIB pada hari Jum’at tanggal 14 Mei 2021

Canva.com dibuka pukul 13:23 WIB pada hari Jum’at tanggal 17 September 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN, Cara Mengatasi Insomnia yang baik, Gangguan tidur, kesehatan, mencegah Insomnia,

Comments

Leave a Reply