Site icon #MENULISdapatuang

Cara Mengajukan Bantuan Ke Posbakum

Cara Mengajukan Bantuan Ke Posbakum

Cara Mengajukan Bantuan Ke Posbakum

127x   0   02:07

Cari kata KBBHukum lain?
1-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z

Bingung mau sewa pengacara?

Ga bisa sewa pengacara?

Gimana caranya ngajuin bantuan ke posbakum?

Salam #MasBro #MbakBro

Hai hai hai semuanya!! gimana nih kabarnya?semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat yaa. Nah kali ini kita akan bahas hal yang beda dari biasanya. Apa sih kira kira?. Kali ini kita akan bahas tentang Cara Mengajukan Bantuan Ke Posbakum. Ada yang udah tau belom apa itu Posbakum? atau mungkin hanya sekedar mendengar saja? Pasti belum banyak orang yang tau dengan posbakum ya. Nah disini kita akan memberi informasi gimana sih cara mengajukan bantuan ke posbakum? penasaran kan yuk simak penjelasannya berikut ini.

Gimana Sih Cara Ngajuin Bantuan Ke Posbakum?

Kalian punya masalah hukum tapi ga bisa sewa pengacara karna ekonomi nensial? , coba posbakum yukk ! emang posbakum itu apasih ?

Posbakum adalah layanan yang dibentuk untuk memberikan layanan hukum berupa informasi , konsultasi dan advis hukum, serta pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan sesuai dengan Pasal Perundang-undangan di pasal 28 UUD dengan yang mengatur tentang penguasan kehakiman peradilan umum agama dan tata usaha agama.

Baca Juga
Pasal Menjerat Penipu Jual Beli Online
Gandeng IDI, Persatuan Insinyur Indonesia Bakal Wujudkan RI Mandiri Di Bidang Kesehatan

Setiap orang yang tersangkut dalam perkara, berhak memperoleh bantuan dari hukum. Nah untuk seseorang pencari keadilan yang tidak mampu, biaya perkara akan ditanggung oleh negara. Namun dengan syarat melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan tempat tinggalnya.

Apa aja sih pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu?

  1. Layanan pembebasan biaya perkara
  2. Sidang diluar gedung pengadilan
  3. Pos Bantuan Hukum Pengadilan

Posbakum juga ngasih bantuan secara percuma lohh , memperoleh posbakum secara gratis sekalian harus melampirkan surat keterangan tidak mampu ( SKTM ) , surat keterangan tunjangan sosial dan surat pernyataan ga mampu membayar jas advokat , ga usah pusing-pusing kalau lagi cari sewa pengacara .

Nah lalu gimana sih caranya memperoleh bantuan hukum dari Posbakum

  1. orang tersebut mengajukan permohonan dengan melampirkan

a. SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari kelurahan asal domisili

b. Surat Keterangan Tunjangan Sosial lainnya

c. Surat pernyataan tidak mampu membayar jasa advokat

  1. Seseorang yang sudah mengisi formulir dan memenuhi persyaratan
  2. Pemberi Layanan Posbakum Pengadilan akan mengkompilasi berkas perkara penerima layanan Posbakum Pengadilan sebagai dokumentasi pengadilan

Jika penerima layanan Posbakum Pengadilan tidak sanggup membayar biaya perkara, maka petugas akan memberikan formulir permohonan pembebasan biaya perkara

  1. Jika penerima layanan Posbakum Pengadilan memerlukan bantuan hukum berupa pendamping di sidang pengadilan, maka petugas akan memberikan informasi mengenai prosedur bantuan hukum di pengadilan

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, untuk pencari keadilan yang ga mampu, biaya perkara akan ditanggung oleh negara. Namun dengan syarat melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan tempat tinggalnya.

Nah mungkin segitu aja pembahasan kita kali ini mengenai Organisasi Kepemudaan, mohon maaf kalo ada salah kata ato penulisan. Sampai berjumpa nanti.

Punya pertanyaan tentang tulisan ini?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

pasangIN iklan mu disini!

Biaya lebih hemat dan tepat sasaran dengan tampil 24 jam.
Penjualan jadi meningkat.
BONUS review.

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 10:27 WIB pada hari Kamis tanggal 16 September 2021

karya penulis tulisIN
Yuk mulai #hidupdariKARYA