Buah Asli Indonesia Mempunyai Manfaat Luar Biasa

Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis punya aneka buah-buahan segar. Segala macam buah bisa tumbuh di negeri yang subur ini.

Buah-buahan menjadi jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi karena kaya akan vitamin dan serat. Buah menjadi salah satu sumber makanan yang mampu membuat tubuh tetap sehat. Di Indonesia, ada berbagai macam buah endemik yang kaya akan manfaat bagi tubuh.

1. Jambu Mawar 

Jambu mawar sering kali disebut dengan nama jambu kraton. Seperti namanya, jambu ini memiliki aroma wangi seperti bunga mawar sehingga buah ini dinamakan jambu mawar. Bentuknya kecil dan warnanya cenderung kuning terang dan segar. Rasanya terdiri dari campuran asam dan manis.

Manfaat jambu mawar untuk kesehatan, antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, memperlancar sistem pencernaan, dan menjaga kesehatan kulit, khususnya jerawat pada wajah.

2. Pisang

Buah pisang mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin, potasium, dan mineral. Jika mengonsumsinya setiap pagi, maka akan menyimpan tenaga dan membantu perut terasa kenyang lebih lama.

Kandungan pektin dalam buah pisang juga membantu tubuh agar dapat mengontrol gula darah dan memperbaiki sistem pencernaan. Namun, harus tetap berhati-hati bagi penderita gerd atau maag yang diharuskan konsumsi pisang dalam jumlah wajar.

3. Kesemek

kesemek punya banyak manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Manfaat itu, misalnya menjaga kesehatan gigi, gusi, dan mulut. Hal ini dikarenakan adanya zat fluoride cukup besar dalam satu buah kesemek.

4. Kecapi

Buah asli Indonesia ini mempunyai manfaat cukup banyak, antara lain sebagai obat pereda demam dan nyeri perut, obat manjur untuk sakit cacing gelang, memulihkan pasca melahirkan, meminimalisir peradangan, hingga sebagai obat anti kanker.

5. Belimbing Wuluh

Rasa asam dari buah ini ternyata memberikan beragam manfaat, seperti mengontrol kadar gula dalam darah, mencegah inflamasi, mencegah penyakit jantung, dapat digunakan untuk perawatan kecantikan, dan sebagainya

Comments

Leave a Reply