Mau Ngeblog? Ini 27++ Blogger Terkenal di Indonesia Buat Di ATM

Blogger Terkenal di Indonesia

 

Salam #MasBro #MbakBro

Yok kita bahas langsung aja!
Gini caranya.

Mau Ngeblog? Ini 27++ Blogger Terkenal di Indonesia Buat Di ATM

Mayoritas blogger menilai ranking kepopuleran suatu blog hanya berdasarkan ranking Alexa. Padahal Alexa itu sama sekali tidak akurat.

Blog yang membahas tentang blog, SEO, dan bisnis online biasanya memiliki ranking alexa yang rendah karena pengunjungnya hanya seorang blogger.

Kenapa begitu? Karena kebanyakan blogger menginstal Alexa toolbar pada browser.

Alexa toolbar merupakan sebuah alat yang digunakan oleh Alexa untuk menentukan ranking sebuah website.

Oleh karena itu, saya ingin menampilan daftar blog terbaik di Indonesia yang saya nilai bukan hanya berdasarkan ranking alexa, melainkan berdasarkan originalitas konten mereka, kualitas konten, jumlah follower di social media, dan umur blog.

Saya juga akan menampilkan sumber penghasilan dari setiap blog. Untuk sumber penghasilan hanya dari perkiraan saja, jdai bisa salah dan bisa benar.

Berikutlah daftar Blog Terbaik di Indonesia versi kekitaan berdasarkan abjad:

01. ADdiction.id | Aulia Masna

02. affmoma.com | Dyane Dorothy Aurora (Rora)

Blog yang satu ini masih tidak jauh dari topic internet marketing. Ketika kamu mengunjungi Aff Mona, pasti kamu langsung tahu siapa target audiens yang diincar. Tampilan serba putih-pink dan desain yang feminism jelas sekali blog ini mengincar para perempuan sebagai audiensnya.

Dyane Dorothy Aurora atau dipanggil juga Rora, penulis di balik blog Aff Mona ini telah berkecimpung di dunia internet marketing sejak 2006. Tidak aneh lagi kalau tampilan dan kualitas konten di blog ini sudah setara dengan blogger-blogger mancanegara.

Rora membagi blognya menjadi 6 kategori utama, yaitu HomeAboutStart HereBlog, Work with Me, dan Contact. Dari banyak kategori yang ditampilkan, sebagai pembaca kamu hanya perlu memperhatikan dua di antara saja.

Pertama, Start Here. Kamu bisa menemukan daftar artikel penting bagi pembaca yang baru memilai belajar internet marketing,

Kedua, Blog di mana kamu bisa menemukan artikel yang sudah dikelompokkan sesuai topiknya.

Catatan inspirasi dari Aff Moma:

  • Kenali audiens dengan benar 
  • Buat konten yang sesuai dengan kebutuhan dan selera audiens.
  • Kolaborasi dengan sesama blogger akan menambah nilai informasi dan meningkatkan pembaca baru.
  • Jika nichemu cukup spesifik dan kaya informasi, dedikasikan satu halaman berisi artikel-artikel yang paling penting untuk dibaca terlebih dulu oleh audiens.

03. afuta.me | Andhyta Firselly Utami (Afu)

” alt=”” aria-hidden=”true” />afutami

Ketika kamu membaca The Conundrum Journal, rasanya seperti kembali lagi ke era blogging sebelum tahun 2010. Blog ini memiliki desain yang sangat simple dan padat dengan tulisan. Meski desain dan modelnya lawas, bukan berarti konten yang disajikan ketinggalan jaman.

Andhyta Firselly Utami atau Afu adalah penulis di balik The Conundrum Journal. Afu merupakan pengamat social dan kebijakan publik lulusan Harvard University, ia menuangkan berbagai refleksi dan opininya di blog. Ia mengaku bahwa semua tulisannya adalah yang paling personal dan mungkin tidak cukup layak untuk ditampilkan di media arus utama.

Kamu bsai menemukan menu utama di sidebar sebelah kiri. Terdapat enam menu utama, yaitu AboutPublished WorkVideo EssaysMedia AppearancesFiction, dan Chapter.

Untuk konten utama di blog ini bisa kamu temukan di bawah menu Chapter. Terdapat 12 kategori konten yang terdaftar sebagai submenu. Kamu bisa memvaca berbagai konten bertema refleksi tahunan, kemanusiaan, bahasa, filsafat, politik, budaya, traveling, kepemimpinan, hingga perubahan iklim.

Catatan inspirasi dari The Conundrum Journal:

  • Jadikan blog sebagai arsip portofolio dari platform lain.
  • Fokus pada kualitas, pengalaman menarik, dan faktor unik untuk menambah nilai konten yang kamu buat.
  • Tulis konten yang banyak ditanyakan oleh pembaca seperti informasi beasiswa, tips dan trik karir, dsb.

04. agusmulyadi.web.idAgus Mulyadi

Blog Agus Mulyadi

Agus Mulyadi ini terkenal karena keahliannya dalam mengedit foto menggunakan Photoshop. Dengan keahliannya, Agus Mulyadi pernah menjadi bintang tamu dalam beberapa acara Talk Show di televisi Indonesia.

  • Topik : Personal
  • Facebook Fans : 5.819 (https://www.facebook.com/AgusMagelangan)
  • Twitter Follower : 9.182 https://twitter.com/AgusMagelangan
  • Umur Blog : 2 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Jual Buku, … ?

3.7. Andra Alodita

00. alodita.com | Andra Alodita

Andra Alodita ini terkenal melalui tema beauty and lifestyle yang ia tulis di blog sejak 2008. Andra Alodita memulai karirnya di bidang fotografi dan berhasil dipublikasikan di salah satu majalah nasional dan dipajang di beberapa mall di Indonesia.

Sekarang Andra Alodita mengelola blognya dengan nama alodita.com yang memberi informasi seputar beauty, wellness, travel, dan food content dan mendapat 650.000 pageviews setiap bulan.

00. anakUI.com | Ilman Akbar

00. AsriTadda.com | Asri Tadda

00. BixBux.com | Wientor Rah Mada

02. bagas31.com | bagas

Blog Bagas31

Sebenernya saya tidak ada niat memasukan blog ini ke dalam daftar blog terbaik di Indonesia. Alasannya sudah pasti karena masalah konten yang sebagian besar seputar software bajakan. Tapi nanti mungkin akan ada banyak yang protes di komentar jadi saya masukan saja.

  • Topik : Download Software
  • Facebook Fans : 98.453 (https://www.facebook.com/bagas31)
  • Twitter Follower : 5.957 (https://twitter.com/BagasPramudita)
  • Umur Blog : 4 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Iklan, … ?

Benablog

03. benablog.com | Benazio Rizki Putra (bena Kribo)

Benablog.com ini memiliki jumlah follower Twitter mencapai 1 Juta. Perjalanan hidupnya tertulis di benabloh mulai dari masa sekolahnya hingga ia menjadi seorang ayah.

Dikenal juga dengan nama Benakribo pada tahun 2007 karena tulisannya yang lucu dan menarik secara visual gambar. Perjalanan karirnya cukup bervariasi, dimulai dari blogger, penulis, komedian, hingga menjadi Youtuber.

Benazio sering menuliskan pengalaman lucu pada kehidupan sehari-harinya yang membuat orang tertawa. Saat ini Benazio masih aktif sebagai content creator di media sosial dengan membahas topik seputar teknologi, tutorial, dan juga trivia.

  • Topik : Personal
  • Facebook Fans : 30.906 (https://www.facebook.com/benakribo)
  • Twitter Follower : 1 Juta (https://twitter.com/benakribo)
  • Youtube Subscribers : 59.369 (https://www.youtube.com/user/benazio)
  • Umur Blog : 8 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : … ?

04. blogdokter.net | I Made Wirawan

Blogdokter.net

Keterangan

  • Topik : Kesehatan
  • Facebook Fans : 48,701 (https://www.facebook.com/blogdokter)
  • Twitter Follower : 1 Juta (https://twitter.com/blogdokter)
  • Umur Blog : 8 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Iklan, … ?

Blogdokter.net ini merupakan blog pribadi milik seorang dokter asal Bali beranama I Made Cock Wirawan, S.Ked. Made merupakan alumni Universitas Udayana tahun 2001 untuk prodi pendidikan kedokteran. 

Setelah menyelesaikan studinya, dr. I Made berkerja di berbagai rumah sakit yang ada di Bali dan Nusa Tenggara Timur. Ia memulai dunia blogging pada tahun 2004 lewat situs blogspot.com dan wordpers.com.

Karena hobinya untuk menulisa, dr. I Made memanfaatkan blog untuk menceritakan pengalamannya sebagai seorang dokter. Kemudian ia mulai menekuni dunia blog pada tahun 2007 atas saran temannya.

Blogdokter.net berisikan tips-tips kesehatan, tanya jangan dan pembahasan ilmu kedokteran. Blogdokter.net kini sudah memiliki sekitar satu juta pengikut aktif.

00. BlogGueBo.com | Medhy Hidayat

05. blogodolar.com | …

Blogodolar

Blog ini tidak memiliki banyak follower, namun blog ini menjadi tempat pertama saya belajar ngeblog. Saya suka blog ini karena kontennya kebanyakan berasal dari pengalaman pribadi sang penulis.

  • Topik : Blogging
  • Facebook Fans : 133 (https://www.facebook.com/blogodolar)
  • Twitter Follower : 131 (https://twitter.com/hermanyudiono)
  • Umur Blog : 6 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Monetisasi Niche Blog, Affilasi, … ?

00. carolinaratri.com | Carolina Ratri

3.3. Carolina Ratri

Carolina Ratri juga mendirikan komunitas untuk para penggemar dan penulis FlashFiction yang bernama Monday FlashFiction.

Carolina Ratri atau biasa dikenal dengan Carra merupakan penulis lepas asal Yogyakarta dan pendiri Carolinaratri.com. Ia pernah menjadi seorang penulis fiksi dan mendirikan komunitas untuk para penggemar dan penulis FlashFiction yang bernama Monday FlashFiction.

Melalui pengalamannya, Carra berhasil menerbitkan antologi dari semua cerpen yang ia tulis. Carra juga mulai aktif sebagai blogger sehingga bisa meraih kesuksesannya lewat menulis artikel berteman dunia blogging. 

00. Cosa Aranda

 

Kumpulan Blogger Indonesia yang Menginspirasi dan Terbaik | IDCloudHost

Yang satu ini merupakan seorang master sekaligus blogger asal Indonesia yang inspiratif dan eksistensinya sudah tidak diragukan lagi. Ia memiliki teknik optimasi yang cukup digemari, yaitu Google Adsense. Tidak heran lagi jika ia sering membagikan informasi baru lewat blog miliknya, CosaAranda.com

Tentunya terdapat banyak pengunjung yang rela menyisihkan waktunya demi mengetahui sajian dari blog ini. Tulisannya memang selalu dinanti karena cukup menggugah semangat bagi para blogger di Indoensia.

00. danirachmat.com

Dani Rachmet menamakan blognya sebagai blog perencanaan keuangan denagn slogan, ‘Duit dan Hidup Diobrolin Santai’. Ia dinilai berhasil dalam membahas topik keuangan dan finansial denganlebih ringan, relevan, namun tetap informatif.

Jika kamu berkunjungng ke blognya di danirachman.com terdapat banyak menu atau topik utama seperti perencanaan keuangan, jenis investasi, dan kamus keuangan.

Dani Rachmat berhasil membalik asumsi mengenai topik keuangan dan finansial. Dani berhasil menyajikan pembahasan keduanya dengan ringan dan tanpa menghilangkan detail informasi.

Desain tampilan blog ini sederhana, kombinasi dari warna putih dan hijau. Bloh ini menyajikan segala informasi dan keuangan dengan akses yang mudah. Bahkan terdapat dokumen excel yang bisa diisi untuk mengecek kesehatan keuangan dan profil risiko.

Catatan inspirasi dari Dani Rachmat:

  • Pilih niche blog yang unik, spesifik, dan sesuai dengan keahlian 
  • Buat downloadable content untuk audiens.
  • Gunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami.
  • Terapkan prinsip-prinsip SEO dalam blog.

00. destybacabuku.com

Salah satu book blogger Indonesia yang cukup senior adalah Pauline Destinugrainy atau Desty. Sejak tahun 2011, Desty aktif meresesikan buku yang ia baca ke blognya, Desty Baca Buku.

Ulasan yang ia tulis sifatnya ringkas, menjelaskan topic utama serta alur cerita buku yang dibaca. Kemudian di bagian akhir ia menyertakan penilaian pribadi. Tak lupa mencantumkan identitas buku.

Catatan inspirasi dari Desty Baca Buku:

  • Buat konten secara konsisten dan terus-menerus.
  • Aktiflah berpartisipasi dalam berbagai perlombaan supaya bisa meningkatkan reputasi dan menambah pengunjung baru.
  • Ikuti komunitas blogger sesuai niche yang diminati.
  • Jual barang preloved yang masih berkaitan dengan blogmu.

3.9. Diana Rikasari

00. Diana Rikasari

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Diana Rikasari sudah aktif blogging sejak 12 tahun tahun terakhir.

Seorang fashion designer yang populer di Indonesia ini telah aktif blogging sejak 2007. Perjalanan karier Diana Rikasari sebagai blogger Indonesia dapat anda baca di blog yang berjudul hot chocolate & mint. Saat ini Diana Rikasari lebih dikenal sebagai fashion entrepreneur dan penulis buku #88 Love Life.

00. duckofyork.com | Agi Tiara Pranoto

Duck of York merupakan sebuah blog yang penuh dengan inspirasi. Dengan mengunjungi blog ini, kamu akan merasa termotivasi untuk meng-upgrade banyak hal dalam blog pribadimu. Gabungan visual yang apik, tulisan yang panjang dan menarik, serta eleman personal yang ketara.

Meski visual blognya sudah sangat kuat, Agi tak kendor menyajikan konten yang berkualitas. Tulisan-tulisan di blognya bukan tipikal yang bisa kamu baca dengan metode skimming.

Sebaliknya, kamu akan diajak untuk membaca perlahan dan menikmati storytelling yang hidup, detil, lucu, dan menyenangkan. Kamu juga disuguhi segudang informasi baru yang bermanfaat.

Catatan inspirasi dari Duck of York:

  • Tampilkan foto-foto menarik supaya pembaca betah berlama-lama di website.
  • Perkuat tulisan Anda dengan deskripsi yang detail, informasi yang lengkap, dan cerita-cerita unik.
  • Jadilah diri sendiri. Ketika kamu jujur dan percaya diri, personality Anda akan terlihat dalam tulisan.

06. dzofar.com | Muhammad Ali Mudzofar

Blog Dzofar

Saya mengetahui blog ini ketika dulu belajar menggambar vector. . Dulu saya sering baca-baca tutorial vector di blog ini, cuma sayang banget sekarang adminnya sudah jarang nulis tutorial vector.

  • Topik : Personal, Tutorial Vector
  • Facebook Fans : 2.585 (https://www.facebook.com/ndofans)
  • Twitter Follower : 2.278 (https://twitter.com/dzofar)
  • Youtube Subscribers : 1.668 (https://www.youtube.com/user/ndop)
  • Umur Blog : 6 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Jasa Gambar Vector, Jual Kaos, … ?

00. EmakGaoel.com | Winda Krisnadefa

Winda Krisnadefa merupakan seorang Blogger Indonesia ternama dan seorang ibu rumah tangga yang menispirasi. Lewat blognya yang bernama Emakgaoel.com, ia menuliskan seputar parenting dan berbagai tips menarik seputar dunia blog.

Emakgaoel.com dikemas denga unik, namun tetap menjurus dengan topic pembahasan. Winda sudah menerbitkan tiga buku dan berencana untuk menambah buku terbitannya.

07. enigmablogger.com | …

Blog Enigma

Blog ini dulunya beralamat di xfile-enigma.blogspot.com.  Sekarang sudah berganti alamat menjadi www.enigmablogger.com. Blog ini populer karena pembahasa kisah misteri di dunia secara detail dan mendalam.

  • Topik : Kisah Misteri
  • Facebook Fans : 3.063 )
  • Twitter Follower : 6.418 (https://twitter.com/enigmablogger)
  • Umur Blog : 6 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Jual buku, … ?

00. gitasav.com | Gita Savitri Devi

Gita telah menginspirasi banyak kamu mudah Indonesia. Meskti lebih terkenal sebagai seorang YouTuber, Gita juga memiliki blog yang kontennya tidak kalah menarik dengan kontennya di YouTube.

Sebagai orang yang aktif mengampanyekan isu seputar perempuan, ada banyak tulisan di blognya A CUP OF TEA yang layak untuk dibaca. Bahkan bukan hanya isu perempuan. Gita juga menulis mengenai kesehatan mental, pemerintah, dan beragam hal lain. Meskti kontennya terlihat serius, namun kalimat dan gaya bahasa yang dipilih oleh Gita sangat mudah dipahami.

 

3.1. Herman Yudiono

00. hermanyudiono.com | Herman Yudiono

Herman Yudiono adalah seorang blogger Indonesia yang berhasil berpindah karier dari karyawan swasta menjadi fulltime blogger sejak tahun 2011. Sebelum memutuskan beralih profesi, Herman Yudiono telah bekerja di perusahaan multinasional yang bergerak di tamang nikel sebagai Chemist (laboratory engineer) selama 6,5 tahun. Pada saat itu Herman Yudiono melepaskan pekerjaannya yang nyaman dengan gaji 21/bulan dan benefit lainnya dan menjadi fulltime blogger. Kisah inspiratif lengkapnya dapat anda baca di blog personalnya hermanyudiono.com.

00. heytheresia.com | Pauline Destinugrainy

Tere adalah seorang blogger yang memiliki passion dalam mengenai makanan.

Dalam blognya, ia berbagi pengalamannya dalam mencicipi makanan di berbagai restoran, resep, hingga berkreasi dengan produk makanan. Tere menggabungkanny ke artikel bilingual, foto yang menggugah selera, serta video YouTubenya.

Ide konten yang unik dan kreatif, keduanya menjadi daya pikat di blog ini.

Catatan inspirasi dari Hey Theresia:

  • Buat konten yang unik dan sediakan berbagai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.
  • Buat kreasi unik yang memungkinkan brand tertarik bekerja sama.
  • Kombinasikan konten tulisan dengan foto dan video menarik.
  • Perkuat tulisan dengan deskripsi sehingga pembaca bisa berimajinasi.

00. indahjulianti.com | Indah Julianti Sibarani

Indah Julianti Sibarani, nama ini seharusnya sudah tidak asing lagi di dunia blogging. Wanita yang biasa disapa IndJul ini merupakan seorang pentolan komunitas blogger Emak2Blogger.

Indah pertama kali menulis blog pada tahun 2003. Saat itu ia masih bekerja sebagai Creative Content di salah satu televise ternama di Indonesia.

Awalnya, Indah memang hanya ingin break dari pekerjaannya dan fokus untuk menulis buku. Namun, dia masih tetap aktif denagn blognya. Bahkan pada tahun 2010 ia mendapat beberapa job untuk dipublikasi di blognya.

Akhirnya, Indah memutuskan untuk fokus pada niche parenting di blog www.indahjulianti.com

Indah Julia bisa memperoleh bayaran lebih dari Rp 3 juta dari satu tulisan aja pada tahun 2016, dan kini dipastikan terus bertambah setiap tahunnya

00. Isnuansa.com | Isnuansa Maharani

08. iwanbanaran.com

Blog Iwanbanaran
  • Topik : Otomotif
  • Facebook Fans : 25.609 (https://www.facebook.com/pages/iwanbanaranwordpresscom/199358176792069)
  • Twitter Follower : 6.594 (https://twitter.com/iwanbanaran)
  • Youtube Subscribers : 3.867 (https://www.youtube.com/user/iwanbanaranblog)
  • Umur Blog : 6 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Iklan, … ?

Banyak banner iklan memenuhi tampilan website, dari header, sidebar kanan dan kiri di bawah menu utama, hingga bagian bawah halaman. Awalnya kamu mungkin akan merasa risi dengan tampilannya. Namun kamu akan paham mengapa ada banyak perusahaan otomotif yang berebut ruang di blog ini.

Iwan Banaran sebenarnya mengambil niche yang cukup spesifik. Namun tidak membuatnya terjebak pada topic yang itu-itu saja.

Dengan banyaknya kategori yang ada, banyak juga tenaga yang dihabiskan untuk membuat konten. Namun seperti hal itu tidak lagi menjadi masalah untuk Iwan. Jika kamu sering mengunjungi blog yang satu ini, sudah jelas kalai ia sering mengunggah konten baru, bahkan bisa 2-3 artikel per hari.

Iwan juga memiliki platform YouTube. Videp yang ia buat juga memiliki editan yang cukup apik. Ide konten dan indformasi yang disampaikan juga sangat detail. Jika kamu tertarik dengan dunia otomotif, kamu wajib mengunjungi blog milik Iwan Banaran ini.

Catatan inspirasi dari Iwan Banaran:

  • Bedah niche ke berbagai ide konten yang menarik.
  • Buatlah konten secara terus-menerus dan konsisten. Semakin sering kamu membuat konten, semakin besar audiens kembali mengunjungi blog.
  • Kembangkan konten ke berbagai platform, misalnya YouTube dan Instagram.
  • Buat website toko online sesuai dengan niche blog.

00. JuraganCipir.com | Indri Lidiawati

00. KompiAjaib.com | Adhy Suryadi

3.6. Rama Mamuaya

00. mamuaya.id | Rama Mamuaya

Pengalaman Rama Mamuaya dalam menulis dan mengelola blognya menjadi awal ia mendirikan perusahaan Daily Sosial.

Pendiru dan Chief Executive Officer dari DailySosial.id yang memulai pencapaian tersebut mengembangkan sebuah blog. Sebelum tahun 2008, Rama aktif menulis mengenai berbagai perusahaan teknologi atau startup di Indonesia seperti Tokobagus dan Bukalapak di blog pribadinya. Dengan kegigihan dan semangat belajarnya, Rama berhasil mendirikan DailySocial.id yang  informasi, opini, berita, hingga analisis teknologi digital dan internet.

09. omkicau.com

Blog Omkicau

Blog yang cukup sering saya kunjungi walau sebentar untuk mendownload MP3 suara burung karena ayah saya kebetulan hobi mempelihara burung.

  • Topik :  Hobi Burung
  • Facebook Fans : 144.197 )
  • Twitter Follower : 8.215 (https://twitter.com/omkicau)
  • Umur Blog : 6 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Jual produk, Iklan, … ?

3.12.-Kevin-Anggara

12. Kevin Anggara

Penulis blog muda ini lahir pada tahun 1997. Kevin Anggara memulia dunia blognya pada tahun 2011 atau saat ua masih duduk di bangku SMP.

Kevin sering menulis pengalama pribadinya sehari-hari mengenai sekolah dan keluarga yang lucu dan relevan bagi pembaca. Saat ini Kevin Anggara lebih aktif sebagai seorang content creator di platform YouTube, aktor di film, juga pengisi acara di seminar dan workshop.

00. LifeTimeJourney.me | Swastika Nohara

00. naked-traveler.com | Trinity

00. panduanim.com | Darmawan

Mayoritas internet marketer sudah menganggap konten di PanduanIM sebagai bacaan wajib. Di dalamnya, kamu bisa mendapatkan banyak insight, panduan, dan studi kasus optimasi website. Dengan deskripsi ini, kamu seharusnya sudah paham mengenai kualitas konten yang ada di blog ini.

Optimasi website, SEO, dan internet marketing tidak menjadi hal yang mudah untuk kebanyak orang. Ada banyak informasi dan konsep yang perlu dipelajari. Maka, wajar jika sebuah topic bisa dibahas panjang lebar. Kamu tau sendiri bahwa artikel yang panjang tidak selalu ramah bagi pembaca di Indonesia. Untuk hal in, tokoh di balik PanduanIM─ menulis artikelnya dengan cara yang spesifik. 

Selain caranya dalam menyajikan konten, ketersediaan data di blog ini juga perlu diacungi jempol. Lewat data yang ditampilkan, pembaca bisa tahu bahwa sang penulis memang memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi dalam dunia internet marketing.

Catatan inspirasi dari PanduanIM:

  • Tulis kalimat secara ringkas dan mudah dipahami dalam sekali baca.
  • Dukung konten dengan berbagai informasi dan data yang diperlukan.
  • Kumpulkan konten-konten yang ada dalam satu topik ke dalam satu halaman.
  • Buat alur supaya pembaca mudah membaca konten yang disajikan.

00. Maxmanroe.com | Marikxon Manurung

00. mytipscantik.com | Harumi

Harumi P.S. adalah seorang beauty blogger Indonesia yang cukup lama berkecimpung di dunia kecantikan. Awalnya, ia menyukai berbagai tips dan pembahasan beauty di akun Twitter-nya. Namun karena keterbatas karakter di Twitter, pada tahun 2010 ia mulai beralih ke blog. Kini Harumi juga membuat konten di Instagram dan YouTube.

Kamu bisa menemukan berbagai konten yang membantu menunjang penampilan. Ada juga kategori konten lain seperti travel dan life, keduanya masih memiliki kaitan kuat dengan tema kecantikan yang dibawakan.

Harumi selalu bisa membawakan topik yang menarik. Jika kamu perhatikan, Harumi sering memberikan rekomendasi dan ulasan brand kecantikan dari berbagai segmen. Ia berhasil mengenalkan produk high-end dan memberikan alternatif produk versi drug-store.

Catatan inspirasi dari My Tips Cantik:

  • Teruslah membuat konten secara konsisten.
  • Jajal berbagai channel media sosial yang menunjang kontenmu
  • Gunakan blog website sebagai database link menuju konten-konten di platform yang berbeda.

Mau tau cara menjadi penulis online yang menghasilkan uang?
Menulis disini aja.

tulisIN karya yang kita sukai dan bermanfaat buat orang lain.
Buat karyamu sendiri dengan menulis.

Yuk mulai #hidupdariKARYA.

00. liburmulu.com | Bobby Ertanto

Bobby Ertanto terkenal memiliki blog yang dikelola bersama teman blogger lainnya. Namun, beberapa blog miliknya yang paling dikenal adalah www.virustraveling.com dan www.liburmulu.com.

Sesuai dengan namanya, Bobby adalah seorang travel blogger. Bobby juga memiliki cara unik sebagai full-time blogger. Karena ia tidak hanya mengandalkan konten sponsor sebagai penghasilan utama.

Bobby memiliki tips untuk yang ingin mengembangkan blog agar ramai. Tidah hanya menampilkan konten yang menarik, namun juga mengandalkan SEO.

00. Rahard.Wordpress.com | Budi Rahardjo

00. radityadika.com

Blog Raditya Dika

Seorang ayah satu anak ini juga merupakan seorang penulis, pelawak, aktor, pemeranm model, dan sutradara terkenal. Raditya Dika dikelan dengan buku jenaka yang ia tulis. Tulisan itu berasal dari blog pribadinya yang kemudian dicetak.

Konten yang disajikan dalam blog ini tak jauh berbeda dengan yang disajikan di akun YouTubenya, tidak heran banyak yang mengikuti radityadika.com

  • Topik : Personal, Komedi
  • Facebook Fans : 1,5 Juta (https://www.facebook.com/radityadikapages)
  • Twitter Follower : 10,5 Juta (https://twitter.com/radityadika)
  • Youtube Subscribers : 1,4 Juta (https://www.youtube.com/user/radityadika)
  • Umur Blog : 8 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Jual Buku, … ?

00. StartupBisnis.com | Rhein Mahatma

00. StrategiManajemen.com | Yodhia Antariksa

3.4. Sugeng Riyadi

00. sugeng.idSugeng Riyadi

Sugeng Riyadi atau lebih akrab dengan Mas Sugeng ini merupakan seorang blogger Indonesia yang memulai blogging pada 2011 tanpa menggunakan laptop maupun desktop, melainkan menggunakan ponsel Nokia C2.

Mas Sugeng kemudian membuat template blog pertama dari hasil belajarnya di warnet dekat rumahnya. Sugeng Riyadi masih aktif di blognya yang sebagian besar membahas blogging, SEO, dan bisnis menjual jasa pembuatan website atau blog.

3.8. Sumbodo Malik

00. … | Sumbodo Malik

Sosok ini tidak sukses sendiri, ia mengajak masyarakat sekitarnya hingga kini dikenal dengan Kampung Blogger di Magelang. Sejak tahun 2009, Sumbodo Malik mulai aktfi blogging dan mengoptimasi pendapatannya.

Setahun setelahnya, Sumbo Malik mengajak teman dan warga Kampung Menowo untuk menghasilkan pendapatan juga dengan menjadi blogger Indonesia.

10. shitlicious.com

Blog Shitlicious

Sebelum dikenal sebagai seorang YouTuber yang membahas otomotid dan mobil klasik, Alitt Susanto memulai kariernya sebagai seorang penulis Blog.

Melalui blog pribadinya yang bernama Shitlicious, Alitt Susanto mulai dikenal banyak orang melalui cerita kisah hidupnya yang lucu, sedih, dan juga inspiratif.

Alitt Susanto telah menelurkan 4 buku dengan Shitlicious dan Skripshit yang sedikit banyak berkontribusi pada cerita film Relationshit di tahun 2015.

  • Topik : Personal, Komedi
  • Facebook Fans : 19.888 (https://www.facebook.com/shitliciousdotcom)
  • Twitter Follower : 603.000 (https://twitter.com/shitlicious)
  • Youtube Subscribers : 1.713 (https://www.youtube.com/user/nyinx2)
  • Umur Blog : 5 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Jual Buku, … ?

00. TautWeb.com | Ahmad Khoirul Azmi

00. Thefoodexplorer.com | Putra Agung

Thefoodexplorer.com dibuat oleh blogger Indonesia bernama Putra Agung. Menurut pengakuannya, Putra membuat blog bertema wisata kuliner karen ia mencintai beragam jenis makanan yang ada di Indonesia.

Selain gemar me-review makanan, ia juga suka travelling dan fotografi. Ia menuangkan segala informasi yang berhubungan dengan Menurut pengakuannya, Putra membuat blog bertema wisata kuliner lantaran ia sangat mencintai beragam jenis makanan yang ada di Indonesia.

00. TMCBlog.com |

Taufik Hidayat

00. virustraveling.com | Bobby Ertanto

Virus Traveling milik Bobby Ertanto ini memiliki tampilan yang sangat menarik. Di halam depan, terdapat landing page yang memaparkan profil singkat penulis.

Terdapat lima menu utma yang ada di blog ini.

Pertama adalah Destinasi, yaitu daftar lokasi yang diurutkan dari dalam maupun luar negeri.

Kedua adalah Itinerary atau daftar tujuan wisata dalam suatu daerah.

Ketiga merupakan Review dari tempat-tempat yang dikunjungi.

Keempat adalah bagian untuk portofolio Video. 

Terakhir adalah bagian untuk konten-konten sampingan seperti Aplikasi Traveling, Giveaway, dan Guest Post.

Desain web merupakan salah satu kelebihan blog ini. Dengan nuansa biru-putih begitu apik. Blog ini memang didesain dengan presisi. Dari jenis font, ukuran font, layout tulisan, maupun ukuran gambar diatur dalam kombinasi yang pas.

Elemen visual bukan satu-satunya yang membuat blog Virus Traveling inspiratif. Bisa dibilang, konten-konten di dalamnya lah yang membuat blog ini menarik dan unik. Bobby memiliki gaya storytelling yang cukup detail dan runut. Di beberapa konten, ia tak hanya bicara soal pengalaman berkunjung suatu tempat tetapi juga mengupas kearifan lokal di lokasi tersebut.

Catatan inspirasi dari Virus Traveling:

  • Pilih desain web yang mendukung jenis konten.
  • Tulis beberapa konten sampingan yang memiliki nilai informasi tinggi seperti kearifan lokal suatu daerah.
  • Sediakan informasi penting yang dibutuhkan pembaca seperti itinerary.
  • Tampilkan kontak dan berbagai data penting (pageviewsunique visitors, demografi pengunjung, followers media sosial, dsb) untuk meyakinkan brand agar bekerja sama denganmu.

00. Writepreneurs.com | Rusdianto

12. BlogMu

Blog yang terkahir adalah blog milik sobat. Yups, bukan tidak mungkin blog sobat menjadi salah satu blog paling keren di Indonesia.

  • Topik : Apa aja
  • Facebook Fans : 20 Juta
  • Twitter Follower : 15 Juta
  • Youtube Subscribers : 5 Juta
  • Umur Blog : -10 Tahun
  • Sumber penghasilan Blog : Apa aja

Punya cerita tentang pengalaman menulis?
Silahkan komen dibawah ya.

Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.

pasangIN iklanmu disini!

GRATIS iklan pertama.
Bonus review produk untuk 27 pengiklan pertama.

Terimakasih
Astuti, Novi Fuji. merdeka.com 4 Blogger Keren Indonesia yang Wajib Diketahui, Terbaik dan Inspiratif dibuka pukul 14.27 WIB pada hari Rabu tanggal 19 Januari 2022
finansialku.com 24 Blogger Indonesia yang Masih Sukses Hingga Kini dibuka pukul 14.27 WIB pada hari Rabu tanggal 19 Januari 2022
Indra, Imas. niagahoster.co.id 9+ Blogger Indonesia Inspiratif yang Wajib Kamu Follow dibuka pukul 14.27 WIB pada hari Rabu tanggal 19 Januari 2022
ilmupedia.co.id Menginspirasi, Ini 12 Blogger Indonesia Paling Sukses dan Berpengaruh dibuka pukul 14.27 WIB pada hari Rabu tanggal 19 Januari 2022
Sugeng. sugeng.id 12 Blog Terbaik di Indonesia dalam Berbagai Macam Topik dibuka pukul 14.27 WIB pada hari Rabu tanggal 19 Januari 2022

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Kata kunci lain yang sering dicari …
tulisIN, Januari 2022, Januari, 2022,

Blogger Terkenal di Indonesia,

mulai tulisIN

Bergabung

Daftar GRATIS untuk mulai menulis.

Berkarya-pasarIN-karya-kekitaan-karya-selesaiin-masalah

Berkarya

Tulis tema bebas ato pilih yang disediain.

Berbagi-pasarIN-karya-kekitaan-karya-selesaiin-masalah

Berbagi

Setiap karyamu pasti dan pembaca (uang).

mau tulisIN apa hari ini?

pilih tema yang #MasBro #MbakBro suka.
Lalu hapus judul yang dipilih ya.

kenapa tulisIN ?

Ratusan Ribu Pembaca tulisIN-karya-kekitaan-karya-selesaiin-masalah

Ratusan Ribu++ Pemirsa

tulisIN adalah media menulis asli Indonesia yang siap bersaing global dengan ribuan penulis yang udah berkarya.

Siapapun Bisa Gabung - tulisIN-karya-kekitaan-karya-selesaiin-masalah

Siapapun Bisa Gabung

Menulis lewat hape ato laptop bisa. Siapapun, kapanpun, dimanapun silahkan buat karya aja.

tulisIN apapun Bisa Terbit tulisIN - karya kekitaan karya selesaiin masalah

tulisIN apapun Bisa terbit

Menulis lewat hape ato laptop bisa. Siapapun, kapanpun, dimanapun silahkan buat karya aja.

Cairin Penghasilan Kapan Aja - tulisIN-karya-kekitaan-karya-selesaiin-masalah

Cairin Hasil Kapan Aja

maksimalin karyamu dengan sebarIN. Ga perlu nunggu lama bisa cairin uang buat keperluan #MasBro #MbakBro.

Media-Belajar-ajarIN-tulisIN-karya-kekitaan-karya-selesaiin-masalah

Media Belajar ajarIN

Asah kemampuan digital dengan ajarIN. Mulai dari belajar iklan, konten, media sosial, SEO, dan website.

sebarIN karyamu!!!

Pertama, baca ulang karyamu.
Lalu bagiin ke temen dan keluarga khususnya media sosial…
Dan… ikuti panduan buat maksimalin.

FAQ hidup dari KARYA?

Apa itu #hidupdariKARYA?

Setuju ga sih kalo karya selesaiin masalah?
Dengan berkarya kita bisa selesaiin masalah disekitar kita. Pada saat bersamaan kita menghasilkan lewat karya kita. Dalam hal ini, kita mulai tulisan. Kami berharap kedepannya kreator bisa hidup 100% dari karya nya.
Selengkapnya…

#GimanaCara mulai Menulis Dapat Uang?

Silahkan klik link ini dan konfirmasi akunmu.

Pendaftaran bayar ga?

Ga dong, setelah menulis dapat uang malah.

Aku bisa menulis apa?

Apa aja boleh. Selamat bermanfaat.
Seperti kita bilang diatas karya selesaiin masalah.
Baca tulisan apa aja yang diterima di kekitaan?

Trus dapat berapa nih?

Jadi kreator tulisIN baru bisa menghasilkan ribuan, puluhan ribu, dan ratusan ribu.
Semua bergantung sama jumlah tulisan dan views.
Karna nanti penghasilan berdasarkan iklan yang ada dalam tulisan.

kita baru berkembang nih.
Mari bertumbuh bersama ya.
kedepan kita target penulis bisa #hidupdariKARYA nya.

Aku udah daftar nih tapi kok belum ada diverifikasi ya?

Kita perlu waktu agar bisa menjangkau semua kreator. Silahkan konfirmasi ulang dengan klik link ini.

#GimanaCara aku bisa menghasilkan uang dengan karya ku?

  1. Berkaryalah rutin.
    Fokus aja berkarya, pemasaran serahin sama kita.
    Ada yang berkarya harian, mingguan, dan bulanan.
  2. Berkarya sebanyak mungkin dengan kualitas sebaik mungkin.
    Karna besarnya penghasilanmu tergantung karyamu.
  3. Kenali pemirsa (viewers)
    Membuat sesuatu yang kita suka dan bisa itu bagus.
    Tapi perhatiin penikmat kontenmu

Masih ada pertanyaan lain?

Silahkan komentar dibawah.


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply