Belajar SEO untuk Pemula (1) : Bab Pembuka untuk Praktekin SEO

Salam #MasBro #MbakBro … baru mulai Belajar SEO?

Sadar kalo SEO adalah sesuatu yang Penting?
Kalo iya … yuk ngobrol lebih intim panduan terlengkap untuk pemula buat belajar dan praktekin SEO yang baik dan benar.

Kalo pengen website-mu punya banyak pengunjung dalam jangka panjang, maka wajib tau tentang dasar-dasar SEO.

Apakah anda memiliki website dan membutuhkan banyak pengunjung dalam jangka panjang?

Kalau iya, anda wajib tahu dasar SEO.

SEO adalah teknik yang harus anda kuasai (dan aplikasikan) sebagai pemilik website untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari.

Tapi pemula biasanya takut dengan SEO.

Ini karena anda akan menemui istilah-istilah baru dan teknik-teknik yang ga diajarin di jaman sekolah. Akibatnya beberapa orang menganggap SEO adalah barang aneh.

Tenang saja…

…dalam panduan gratis ini anda akan belajar SEO untuk pemula. Dari nol.

KENAPA PEMULA CENDERUNG TAKUT SAMA SEO?

Setelah kita bertemu dengan banyak orang khususnya #TemenKita (panggilan untuk klien), kita nemuin teori kenapa pemula takut sama SEO?
1. Hal Baru
Pada dasarnya siapapun berhati-hati (kasar dibilang takut) memulai awal baru.
Misalnya dalam SEO, pemula bakal nemuin
a. … istilah-istilah baru dan asing.
b. … teknik membuat konten (menulis, desain, dan videografi) yang ga pernah diajarin sebelumnya.
2. Ribet
Namanya hal baru ya wajar bakal perlu berulang-ulang dilakuin biar mahir. Jadinya cenderung ribet tapi sebenernya cuma perlu pembiasaan.
3. Mahal
Sejalan dengan itu, bukan 1 ato 2 kali kita menerima penolakan dari klien yang merasa harga untuk jasa SEO, kursus SEO, dan/ato belajar SEO itu mahal. Itu juga alasan kenapa kita buat kursus SEO GRATIS ini.
Tapi saat liat website pesaing kok rame dan ternyata cari tau mereka pake jasa SEO. Barulah klien mau bertanya dan belajar singkat dulu soal SEO. Bahkan ada yang cenderung ga peduli soal harga lagi, padahal tadinya ribet soal harga.

Tapi tenang aja #MasBro & #MbakBro…

Disini kita akan bantu dengan panduan terlengkap soal SEO untuk pemula. Dan ga perlu takut, yang namanya belajar kan pasti perlu dari awal, baru bisa jadi jago. begitu pula halnya dengan panduan belajar SEO yang satu ini.

Belajar SEO untuk Pemula Panduan Terlengkap Website Pengunjung Search Engine Mesin Pencari Software Konten Marketing Link

Anda yang saat ini sama sekali belum memahami sedikitpun tentang SEO, di akhir bab akan mengerti bagaimana mengaplikasikannya untuk website anda. Sedangkan kalau anda sudah mengerti sekilas, anda akan bisa mendalami SEO.

Semua ini dalam hitungan jam.

Belajar dari #MasBro Darmawan PanduanIM
Berikut ringkasan apa aja yang akan kita obrolin soal SEO …
1. Cara Kerja SEO (SiADiDeMenBaBi-nya SEO)
a. Siapun bisa belajar SEO?
b. Apa itu SEO?
– Apa manfaat SEO?
– Apa tujuan SEO?
– Apa fungsi SEO?
– Apa saja yang harus saya pelajari?
c. Dimana belajar SEO?
d. Dengan apa kita belajar SEO?
e. Mengapa SEO penting?
Mengapa harus mesin pencari?
f. Bagaimana kita belajar SEO?
– Gimana cara kerja SEO?
g. Bilamana (kapan) saat yang tepat belajar SEO?
2. On Page SEO
3. Riset Kata Kunci
4. Content Marketing SEO
5. Off Page SEO
6. Link Building
7. Menilai Kinerja SEO

MENGAPA SEO? MENGAPA MESIN PENCARI?

Ketika membutuhkan informasi dari internet, apa yang anda gunakan untuk mencari informasi tersebut?

Google? Bing?

Kalau anda sudah akrab dengan dunia digital, pasti tidak asing dengan keduanya. Ya, kedua website tersebut adalah mesin pencari atau search engine.

Bukan hanya anda yang menggunakan kedua website tersebut.

Tapi juga ratusan juta orang Indonesia lainnya…dan milyaran orang dari berbagai penjuru dunia. Semuanya mencari informasi menggunakan mesin mencari.

Itu sebabnya mesin pencari mampu mendatangkan banyak orang ke website anda.

Masih ada lagi…

Mesin pencari mengirimkan pengunjung dengan kualitas tinggi. Kalau anda menjual produk/jasa di website, maka orang-orang dari mesin pencari lah yang kemungkinan besar akan membeli.

Bahkan kualitas traffic-nya merupakan yang terbesar kedua (setelah email).

Maka dari itu digital marketer seringkali menggunakan teknik SEO dalam strategi pemasarannya.

Jadi kesimpulannya, anda harus belajar SEO karena:

  1. Volume pengunjung dari mesin pencari merupakan yang terbanyak
  2. Kualitas pengunjung dari mesin pencari merupakan yang terbaik nomor 2

Informasi Umum tentang SEO

Ada banyak sekali informasi umum tentang SEO yang harus diketahui, seperti konsep dasar tentang SEO, on page SEO, riset kata kunci, content marketing, off page SEO, link building, dan bagaimana caranya menilai kinerja SEO.

a. SEO dan Mesin Pencari itu bersahabat erat

Seberapa pentingnya SEO ini? Begini, saat membutuhkan informasi dari internet, apa yang bakal kalian lakuin buat nyari info tersebut? Pasti yang pertama kali terlintas dipikiran adalah Google. Kalau Google belum berhasil ngejawab pertanyaan, biasanya orang-orang pake Bing.

Tapi, lain halnya kalo udah akrab banget sama dunia digital, pasti kamu akan asing dengan kedua situs tersebut.

Jadi, udah paham kan? Ga cuma kalian aja yang pake kedua web ini, tapi ratusan hingga jutaan orang. Bahkan, milyaran warganet dari berbagai penjuru dunia pun turut nyari informasi pake mesin pencarian. Itulah yang membuat mesin pencari bisa datengin banyak orang ke website-mu.

b. Makin dicari, Makin banyak rate pengunjung web

Bener banget! Kalo web semakin sering dicari di mesin pencaharian maka dampaknya ada pada meningkatnya jumlah pengunjung. Hal ini tentunya harus diimbangi dengan kualitas web yang bagus. Nah hal ini sangat bermanfaat buat para pemilik web yang ngejual barang / jasa yang di website-nya. Baik dengan cara soft selling maupun hard selling.

Kalo pengunjung meningkat, maka ada kemungkinan pembeli/ konsumennya akan semakin banyak. Keuntungan yang didapat juga akan meningkat karena produk #Masbro & #Mbakbro semakin banyak peminat dan pembelinya. Gak heran kalo web-web tersebar punya kualitas traffic yang mengungguli e-mail.

Jadi, teknik SEO sangat berfungsi di bidang digital marketing, yakni sebagai strategi pemasaran suatu produk yang diperdagangkan.

APAKAH SAYA HARUS PAHAM SEO?

Yah, kalo ditanya harus ato ga … maka akan ada 2 kubu : harus dan ga harus .

Kenapa harus?
1. Semua orang butuh SEO
Seperti udah kita singgung di obrolan (tulisan dan  video) sebelumnya Mengapa #SEO Penting?, siapapun kita dan bidang apapun yang kita geluti. Semua akan membutuhkan SEO (konten dan trafik).
a. Konten
Semua orang butuh informasi. Maka karna itu perlu membuat konten untuk orang butuh informasi itu.
Coba … emang ada bidang yang ga butuh informasi? Keknya ga ada deh
b. Trafik
Bahkan bidang yang fokus ke kualitas sekalipun akan butuh kuantitas (trafik).
Contoh bidang yang (keliatannya) cuma butuh kuantitas, jualan perhiasan dan sekolah internasional. Biasanya cuma butuh orang-orang pintar dan kaya kan? Tapi masa mereka menolak semakin bertambahnya orang kaya?
2.

Kenapa ga harus?
1. Ada yang butuh SEO
Kek nya dari penjelasan panjang diatas seakan mewajibkan semua orang khususnya pemilik website buat pake SEO karna keren dan jago banget nih alat pemasaran ya.

Tapi ga semua orang/website butuh SEO.

Ga semua website butuh pengunjung dari mesin pencari. Ada jenis-jenis website yang justru ga efektif kalo pake SEO sebagai strategi utamanya.

Maksudnya gimana?

Mesin pencari kan nampilin daftar website atas kata kunci yang kita cari. Jadi kita hanya akan dapat pengunjung kalo kata kunci itu sama-sama dicari oleh orang lain. Artinya ada website yang segmen hanya dicari kalangan tertentu.

Coba perhatiin website ini:
a. Humor/hiburan
Jumlah pencarian untuk kata kunci ini pasti sedikit.
Kecuali pake kata kunci “daftar humor …, contoh humor …”
b. Blog personal
Jumlah pencarian untuk kata kunci ini juga pasti sedikit.
Kecuali kita lupa alamat blognya kita jadi pake kata kunci “blog raditya dika (misalnya), curhatan pandji pragiwaksono”
c. Cerita fiksi
Sama ini pencarian kata kuncinya akan sangat sedikit.
Kecuali kalo kita punya cerita bersambung ato kata-kata tertentu yang menjadi ciri khas yang berulang-ulang kita sebut dalam tulisan.
d. Berita
Biasanya kalo kita udah biasa instal aplikasi detik.com misalnya.
Kita akan langsung masuk aja ke aplikasi dan cari informasi terbaru.
Meski begitu masih ada loh yang mencari “berita hari ini, berita terbaru, dan berita terkini”

Jadi ini semua orang harus paham SEO pun memang masih perlu diperdebatkan.
Misalnya berita yang udah cenderung ga dicari pun ternyata masih punya data pencarian yang tinggi.
Berikut jumlah pencariaan tiap bulan …
berita hari ini : 100 rb – 1 jt
berita terbaru : 100 rb – 1 jt
berita terkini :
1 jt – 10 jt

Nah buat yang ga pake mesin pencari untuk mencari trafik. Bisa pake social media marketing misalnya…atau iklan berbayar di medsos.

Ingat ya #MasBro #MbakBro
Website yang ga pernah dicari lewat mesin pencari = ga perlu belajar SEO / kursus SEO.

Trus …

Website seperti apa yang butuh SEO?
1. Affiliate & CPA marketer

a. niagahoster
2. Blogger profesional
a. panduanim.com
b. kekitaan.com
3. Pemilik toko online / e-commerce
a. bukalapak.com
b. tokopedia.com
c. traveloka.com
4. Pemilik website bisnis
a. niagahoster
b. dewa web
5. Pengembang software berbasis web
6. Pengusaha yang mau pemasaran online
7. Penjual barang / jasa lewat internet
a. kekitaan.com
b. …
8. Profesional yang memanfaatkan website untuk membangun reputasi
a. Pengacara / kantor hukum
b. Politisi
9. Profesional yang memiliki portfolio online
a. Pembicara
b. Selebriti, Youtuber, selebgram
c. Artis

Mereka yang termasuk kategori di atas ini harus mengerti SEO…

…minimal dasar-dasarnya.

Alasannya karena calon kustomer, pelanggan, dan pengguna mereka banyak yang menggunakan mesin pencari. Teknik SEO bisa menjadi faktor utama dalam kesuksesannya.

Apakah anda termasuk 9 kategori di atas?

Lanjutkan menuju bab 1, karena mungkin panduan SEO ini bisa menjadi langkah awal dari kesuksesan anda.

Ketujuh bab ini berisi esensi dari SEO yang akan terus berlaku seumur hidup.
1. Konsep Dasar SEO
Membahas cara kerja mesin pencari.
Apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh mesin pencari dari website?
2. On Page SEO
Membahas mengenai pengertian dari optimasi untuk halaman website, on-page SEO.
Kita akan ngobrol apa saja yang membuat peringkat website meningkat dan bagaimana cara kita praktekin ke website.
3. Riset Kata Kunci
Kata kunci adalah 1 hal terpenting dalam SEO. Semua orang yang melakukan pencarian di search engine pasti menggunakan kata kunci. Maka dari itu sebagai praktisi SEO anda harus cerdik dalam menemukan dan menggunakan kata kunci ke dalam website.
4. Content Marketing
Content marketing sering dikatakan sebagai SEO modern. Ini karena sebagian besar orang yang menggunakan mesin pencari bermaksud untuk mencari konten. Karena itulah untuk bisa sukses dalam SEO anda harus mengetahui prinsip dari content marketing.
5. Off Page SEO
Kalau on-page SEO artinya mengoptimasi di halaman website, maka off-page SEO artinya mengoptimasi dari luar website. Dengan kata lain, anda akan mempelajari bagaimana membangun popularitas sehingga orang lain dan mesin pencari mengenal website anda.
6. Link Building
Salah satu optimasi off-page yaitu strategi mendapatkan link dari website lain menuju website anda, istilahnya backlink. Dalam bab ini dibahas 10 teknik link building yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan rangking website.
7. Evaluasi SEO
Apakah SEO anda sudah berhasil? Atau malah gagal? Apakah masih bisa ditingkatkan lagi? Atau sudah maksimal? Untuk menjawab semua pertanyaan ini, anda perlu melakukan penilaian kinerja SEO.

Nah itu tadi panduan tentang #BelajarSEO dari nol, yang perlu dipahami dan diterapkan dengan baik. Dibuat khusus untuk #MasBro atau #MbakBro pemula.

#MasBro #MbakBro sekarang ga perlu takut lagi sama SEO, cukup pelajari panduannya aja
SEO bisa bikin kita unggul dalam persaingan, asal tau cara mengaplikasikannya
Dan perlu diingat kalo SEO itu bukan segalanya untuk membangun website dengan tepat guna.

Nah …
Selanjutnya, kita akan bahas …
BAB 2 tentang Belajar SEO untuk Pemula …
Cara Kerja SEO (SiADiDeMenBaBi-nya SEO).

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita ya.

Kata kunci lain yang sering dicari …
panduan SEO, panduan SEO lengkap, panduan SEO terlengkap, cara membuat SEO, cara menggunakan SEO,
cara menulis artikel SEO, cara SEO blog, cara belajar SEO, cara meningkatkan SEO, cara menjadi SEO, cara SEO wordpress, cara membuat SEO di website, cara membuat SEO website, cara SEO 2019, cara SEO blogspot, cara buat SEO, cara mengaktifkan SEO di blog, panduan menulis SEO friendly, cara membuat SEO blog, cara belajar SEO untuk pemula, cara memasang SEO di wordpress, cara SEO On Page, cara melakukan SEO, cara bikin SEO, cara membuat blog SEO, cara belajar SEO blogger, panduan SEO google, cara menggunakan SEO di wordpress, cara mempelajari SEO, cara menulis SEO,

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
panduanim.com dibuka pukul 07:00 WIB pada hari Jumat tanggal 08 Maret 2019

Comments

5 responses to “Belajar SEO untuk Pemula (1) : Bab Pembuka untuk Praktekin SEO”

  1. Mesa Siti Maesaroh Avatar
    Mesa Siti Maesaroh

    Izin bertanya, bagaimana agar link dapat menarik perhatian orang atau konsumen? Sedangkan link suatu artikel atau website itu sendiri menurut saya tidak mempengaruhi ketertarikan orang-orang daripada isi dari artikel atau website itu sendiri. Terima kasih

    1. kekitaan Avatar
      kekitaan

      Terimakasih Mesa Siti Maesaroh untuk pertanyaannya ya
      Nanti dijawab dalam training SEO HeyLaw nya ya

  2. Ketut Andri Sena Avatar
    Ketut Andri Sena

    Izin bertanya, dijelaskan bahwa kata kunci merupakan salah satu aspek penting terkait SEO. Pertanyaan saya, apakah ada jumlah minimal spesifik terkait penulisan kata kunci, agar SEO dapat bekerja dengan baik ?
    Terima kasih.

  3. Ketut Andri Sena Avatar
    Ketut Andri Sena

    Izin bertanya, mengingat bahwa kata kunci merupakan salah satu aspek penting dalam SEO, apakah ada jumlah minimal spesifik terkait penggunaan kata kunci dalam suatu artikel, agar SEO dapat bekerja dengan baik ?

  4. Habiby Abil Avatar
    Habiby Abil

    Izin bertanya, bagaimana maksud dari memastikan bahwa website yang digunakan tidak “abal-abal dan lemot”? apakah ditentukan dari kualitas artikel yang kita tulis? Ataukah berasal hal yang lain?

    Terima kasih

Leave a Reply