Ini Bahan-bahan baju Futsal yang Anti Bau

Adakah Bahan Khusus Buat Kostum Bola dan Kostum Futsal?
Konveksi Kostum Bola dan Futsal Biasanya Pake Bahan Apa Aja Sih?

Olahraga merupakan kebutuhan hidup di masa sekarang ini. Semakin canggih jaman, semakin manusia dipermudah. Jarang banget deh manusia yang milih gerak kalo bisa dapetin sesuatu dengan jempol. Tinggal klik, transfer, beres, deh.

Supaya badan ga lupa caranya bergerak. Badan harus dipake secara rutin. Olahraga rutin, misalnya, sepakbola dan futsal.

Nah, Mas Bro termasuk yang hobi main bola ato futsal?

Obrolan kita kali ini wajib banget dibaca Mas Bro sekalian! Eits, buat Mbak Bro juga tetep pantengin ya. Apalagi kalo ternyata hobi desain seragam futsal. Selain itu, jadi ngerti juga milihin kaos bola buat si doi.

Sumber Gambar www.bajusepakbola.com

Bahan Apa Aja yang Sering Dipake Buat Kostum Bola dan Kostum Futsal?

Kalo misalnya Mas Bro dan  Mbak Bro udah punya kebiasaan olahraga, bagus, tuh. Pertahankan! Nah yang baru mau mulai juga ga apa-apa. Belum terlambat. Sebelum memulainya, kita pasti perlu persiapan.

Mas Bro dan  Mbak Bro harus tau olahraga apa yang bakal dijadiin kegiatan rutin. Terus lanjut, deh, mulai pilih-pilih waktu dan tempat. Nah, ini ga boleh ketinggalan. Pilih kostum! Misalnya pilih jersey buat Mas Bro dan Mbak Bro yang mau menekuni sepakbola ato futsal.

Tau sebutan jersey ga Mas Bro dan  Mbak Bro?

Ato minimal sering denger kata jersey, kan?

Biasanya kata ini akrab banget di kalangan pecinta bola. Sering sekali penggila bola mengoleksi jersey ato kostum bola. Tapi apa iya jersey itu artinya baju bola?

Tenang Mas dan Mbak Bro, jawabannya bakal ada di artikel ini. Semua tentang hal penting yang ada di kostum futsal akan dibahas di sini. Terutama tentang bahannya. Bahan baju pasti ngaruh banget buat kenyamanan pemakainya.

Baca Juga
1. 
Konveksi Kostum Futsal di Semarang Jawa Tengah
2. Konveksi Kaos Sablon Grosiran di Semarang  Jawa Tengah

Ga hanya desain kaos futsal yang berbeda dengan kaos biasa. Bahan kostum olahraga seperti kostum sepakbola pun berbeda dengan kaos biasa. Berikut beberapa jenis bahan yang sering dipakai untuk kostum bola dan futsal:

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Kostum Bola dan Kostum Futsal? - Sumber Gambar andalasjersey.com
Sumber Gambar andalasjersey.com

1.Dri-Fit ato Dry Fit Grade Ori

Bahan ini populer semenjak sebuah brand mengeluarkan baju bola berbahan kain ini. Brand tersebut ialah NIKE. Bahan ini populer sejak tahun 2011-2012. Saat dimana NIKE fokus mengembangkan bahan jersey untuk Euro 2012. Harganya emang ga bisa dibilang murah, sekitar 70-80ribu per kg. Tapi, simak kualitasnya di bawah ini, Mas Bro dan  Mbak Bro.

Bahan ini dipilih untuk kostum sepakbola karena dapat menjaga pemakainya tetap kering. Badan yang terjaga kering membuat pemain bermain secara optimal. Badan yang kering membuat suhu tubuh sejuk. Olahraga pun jadi makasimal.

Suhu tubuh terjaga karena bahan ini memiliki pori-pori. Selain adem, bahan ini juga digemari karena memberi kenyamanan. Pemakai akan leluasa bergerak karena bahannya yang cukup lentur. Dri-fit merupakan campuran dari bahan spandex, polyester, dan nilon.

Komposisi polyester pada bahan ini berkisar 35 hingga 40%. Nah, pengen tau bahan yang kita punya dri-fit ato bukan?

Gunakan ja untuk beraktivitas hingga berkeringat. Kalo baju kita mudah kering, berarti dry fit.

Baju futsal dri-fit kita bakal lebih kece dengan memberi sentuhan desain baju futsal yang tepat. Berikan sablon polyfex dan kaos kitaakan bertambah keren! Penggunaan sablon polyfex juga cocok untuk desain seragam futsal. Keren banget pastinya.

Kualitas yang baik juga tentunya harus dipertahankan. Jadi, rawatlah baju bola dri-fit kita. Jangan cuma mau pakenya aja. Perlakuannya memang khusus, tapi ga terlalu ribet, kok.

Gunakan deterjen cair untuk mencucinya, lalu keringkan. Jangan pakai pemutih ato dry clean juga, ya. Pastikan ga menyetrika bahan ini dengan suhu yang terlalu tinggi. Semua perawatan ini diperlukan, agar bahan ini tetap efektif memberi kenyamanan.

Tambahan info nih, Mas Bro dan  Mbak Bro. Karena kainnya yang mudah kering, bahan ini jadi favorit untuk beberapa olahraga lain. Olahraga yang tentunya menguras keringat. Beberapa diantaranya ialah lari jarak jauh, golf, dan tenis.

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Kostum Bola dan Kostum Futsal? - Sumber Gambar andalasjersey.com
Sumber Gambar andalasjersey.com

2.Dri-Fit Lokal / Eyelet

Selain dri-fit yang prinsipnya meniru keluaran NIKE, ada juga dri-fit lokal. Bahannya cenderung sama dengan dry fit grade ori. Kandungan polyester di dalam bahan ini yang membedakannya. Polyester pada dri-fit lokal bisa mencapai 60%.

Walaupun demikian, dri-fit lokal masih memberikan kenyamanan yang oke, loh. Pemakainya tetap merasa adem. Pori-porinya juga bekerja dengan baik sehingga keringat mudah kering pada bajunya. Nah, yang paling disenangi sih, karena harganya yang lebih terjangkau.

Sekalipun lokal, perawatan kostum berbahan ini juga harus tetap dijaga. Sama dengan dry fit grade ori, kain ini lebih baik dicuci dengan deterjen cair. Penggunaan suhu setrika juga harus diperhatikan. Suhunya yang sedang sedang aja. (Sambil nyanyi ga bacanya Mas Bro dan  Mbak Bro?)

Karena punya pori-pori besar, bahan ini lebih cocok dicuci dengan tangan. Mesin cuci ga cocok untuk kain ini. Penyimpanannya juga perlu diperhatikan, ya Mas Bro dan  Mbak Bro. Lebih baik simpan kaos dengan bahan ini dengan cara digantung.

Dri-fit lokal ini bahannya elastis juga. Jadi, produk lokal juga ga kalah kok. Tetap cocok untuk desain kostum sepakbola.

Satu lagi, nih. Melipat kaos dengan bahan ini ga disarankan. Kalo kita melipatnya terlalu lama akan memberi bekas lipatan. Kurang keren nantinya.

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Kostum Bola dan Kostum Futsal? - Sumber Gambar seragambola.com
Sumber Gambar seragambola.com

3.Wafer

Pasti sering dong denger wafer?

Mungkin yang terbayang di pikiran Mas Bro dan  Mbak Bro adalah makanan. Makanan ringan yang renyah dengan berbagai rasa. Duh, jadi pengen, ya.

Tapi wafer yang akan kita bahas kali ini adalah jenis kain. Jersey bola bahan wafer. Jenis kain ini sebenarnya hampir mirip dengan dri-fit lokal. Tekstur-lah yang membedakan kedua jenis bahan ini. Sesuai dengan namanya, kebayang dong tekstur bahan wafer ini?

Jersey bola bahan wafer adalah kain yang memiliki permukaan khas. Berbentuk kotak-kotak ato wajik yang memang mirip dengan wafer. Baju futsal biasa menggunakan bahan ini karena teksturnya lembut. Kain jenis ini juga memiliki sirkulasi udara yang baik.

Pasti nyaman, deh pakai kaos berbahan ini. Harganya juga ga berbeda jauh dari kain dri-fit. Jersey bola bahan wafer hanya perlu sedikit sentuhan tambahan sedikit bordir pada desain kostum sepakbolamu. Dijamin keren!

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Kostum Bola dan Kostum Futsal? - Sumber Gambar konveksian.com
Sumber Gambar konveksian.com

4.Hyget Serena

Tadi wafer, sekarang serena. Duh, kok jadi berbau makanan gini, ya?

Kita boleh bahas bahan “apa sih yang sering dipake buat kostum bola dan kostum futsal” ini sambil . Ambil cemilan dan simak terus , karna masih banyak berita yang harus kita tau.

Bahan ini memiliki campuran nilon di dalamnya. Ga heran kenampakannya rata dan lembut. Serena pun memiliki sifat yang elastis. Cocok digunakan untuk desain kaos futsal model body fit. Terkadang juga bahan ini digunakan untuk membuat pakaian olahraga voli.

Hyget serena cenderung tipis. Tapi, strukturnya tergolong padat dan rapi. Bahan ini ga memiliki pori-pori seperti dri-fit. Pemakainya akan sedikit kepanasan karena sirkulasinya ga terlalu baik. Tapi hyget super cukup baik dalam menyerap keringat. Jadi, ga panas-panas amat, kok.

Sablon adalah teknik yang baik untuk desain baju futsal bahan ini. Bordir kurang oke untuk diterapin di bahan ini. Ga pengen ribet sama perawatan kaos bola kita?

Bahan ini cocok buat kita. Sifatnya yang stretch membuat ga sulit untuk dicuci, sehingga ga perlu perawatan khusus.

Khawatir tentang harga?

Tenang aja, jenis kain ini lebih murah dari dri-fit, kok. Per kilogramnya kain ini berharga 55-60 ribu. Oh iya, bahan ini biasa juga disebut hyget super, Mas Bro dan  Mbak Bro.

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Kostum Bola dan Kostum Futsal? - Sumber Gambar customkonveksi.weebly.com
Sumber Gambar customkonveksi.weebly.com

5.Hyget Salur

Bahan hyget pada dasarnya masuk dalam keluarga spandex. Sama halnya dengan hyget super/serena, bahan ini bersifat elastis. Strukturnya pun padat dan rapi. Jadi, kaos bola dengan bahan ini ga mudah kusut.

Yang bikin beda ada di kenampakannya. Dari namanya, salur, Mas Bro dan  Mbak Bro pasti udah bisa ngebayangin. Di bahan ini ada salur tau garis yang lurus. Letak garis lurus ini beraturan. Jarak antara satu garis dengan garis lainnya sekitar 2 cm.

Harganya ga jauh beda dengan hyget serena. Pinter-pinter nawar aja Mas Bro dan  Mbak Bro. Nah untuk desainnya, pinter-pinter aja ngaturnya. Soalnya, ga semua desain nyambung sama salur khasnya kain ini.

Bahan ini cukup disukai karena kehalusannya, serta bahan yang ringan. Bikin kita leluasa untuk ngejar bola, Mas Bro dan  Mbak Bro. Mau dipake buat ngejar si dia juga gapapa.

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Kostum Bola dan Kostum Futsal? - Sumber Gambar kostumbola.com
Sumber Gambar kostumbola.com

6.Paragon

Perlu bahan jersey yang kuat?

Paragon merupakan pilihan yang cocok untuk kita. Tapi sayangnya di balik kekuatannya, paragon memiliki kelemahan. Sebelum mengetahui kelemahannya, simak dulu karakteristik bahan ini.

Paragon merupakan kain yang masuk dalam keluarga polyester. Bahan ini sering ditemukan untuk kostum basket. Tapi ada pula yang menggunakannya untuk kostum sepakbola. Kain ini punya salur yang beraturan.

Teksturnya yang halus serta mengkilat membuatnya dipilih sebagai bahan jersey. Sekalipun bahan ini tebal, paragon memiliki kelenturan yang baik. Kain ini bisa mengikuti gerakan badan kita saat bermain. Selain itu, ciri khas kain ini adalah sedikit berat.

Kita sedang membuat desain kaos futsal?

Bahan ini nampaknya kurang cocok untuk kita. Paragon ga memiliki pori-pori yang baik untuk sirkulasi udara. Pasti bakal kepanasan deh kita kalo pake kostum ini untuk permainan indoor. Lebih cocok untuk permainan outdoor, untuk kostum sepakbola misalnya. Sekalipun ga seadem dri-fit, sih.

Kilatan dari kain paragon ini menjadi kesenangan tersendiri bagi pemakai kostum bola. Terkadang kaos dengan bahan ini dilengkapi dengan sablonan ato bordiran. Wah, makin keren aja, ya. Jadi, wajar dong kalo harga kaos dengan bahan ini cukup mahal?

Sumber Gambar blog.masteragenbola.com

7.Lotto

Familiar dengan kata ini?

Ya, betul. Ini nama sebuah merk. Kain ini meniru keluaran merk LOTTO.

Bahan ini sebenarnya merupakan bahan polyester ato campuran polyester dengan bahan lain khas jersey. Penggunaan kain ini bisa membuat pemakai terlihat elegan. Terlihat sporty juga pastinya. Kesan elegan dan sporty ini didapat dari bahannya yang meniru kain untuk sweater ato pakaian sport.

Kain lotto ga mengkilat seperti serena. Namun, kain ini halus dan lemas. Sehingga, kain ini tetap nyaman untuk dipakai. Saat dipakai akan terasa lembut, loh. Ga heran banyak yang menggunakan bahan ini untuk pembuatan jaket olahraga. Lebih tepatnya, jaket tim sepak bola. Nah, jenis yang lebih tipisnya digunakan untuk pembuatan kaos.

Bahan ini juga cocok untuk dibuat celana training, loh.

Sumber Gambar agenkaosfutsal.com

8.Adidas

Masih sama nih kasusnya sama kain Lotto. Kain jenis ini meniru brand yang sudah terkenal, Adidas. Ciri kain ini sama dengan produk jaketnya Adidas.

Kain ini punya tekstur yang sedikit tebal. Di permukaan depan, kain ini terasa halus. Di bagian dalam, kain ini ga berbulu. Kalo pakai kain ini untuk seragam futsal kita, kesan sporty-nya bakal dapet banget, deh!

Karena ga berbulu, kita pasti bakal selalu kece dibalut kain adidas ini. Ga perlu takut bahannya berubah saat telah dicuci.

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Kostum Bola dan Kostum Futsal? - Sumber Gambar fitinline.com
Sumber Gambar fitinline.com

9.Diadora

Mungkin penyebutan nama kain lebih mudah jika menggunakan nama brand yang sudah terkenal, ya. Mudah diingat dan mudah disebutkan. Ada satu lagi, nih yang pake nama sebuah merk. Dia adalah Diadora.

Sama halnya dengan bahan diatas. Kain yang digunakan pada Diadora meniru kain yang biasanya digunakan brand Diadora untuk produk jaketnya. Bahan jaket yang ditiru ialah jaket sporty. Jadi ga heran, deh kalo kita langsung terlihat sporty dibalut kain diadora ini.

Kesan mewah juga bakal kita dapetin dari kain ini. Kenapa?

Karna bahan ini sifatnya mengkilap. Tapi mengkilapnya kalo kena sinar matahari.

Dan yang bikin tambah keren lagi ini nih. Harganya ga terlalu mahal!

Sumber Gambar alakazzam-kit.blogspot.com

10.Jersey

Nah, buat Mas Bro dan  Mbak Bro yang dari awal udah penasaran sama jersey, simak point ini.

Beberapa diantara Mas Bro dan  Mbak Bro yakin kalo jersey itu emang artinya baju bola. Kalo kita termasuk salah satunya, ubahlah pikiranmu Mas Bro dan  Mbak Bro. Nama tersebut berasal dari nama jenis kain.

Di antara Inggris dan Prancis, terdapat kumpulan pulau. Pulau-pulau tersebut dikenal sebagai Kepulauan Channel. Nah, ada satu buah pulau besar di sana, namanya Pulau Jersey. Pada abat pertengahan, wilayah tersebut terkenal dengan perdagangan hasil rajutan.

Karena hal tersebut, lahirlah sebuah jenis kain dengan nama jersey. Kain ini cocok sekali untuk pemain bola. Cocok pula untuk desain baju fusal.

Bahan ini merupakan rajutan dari katun dan campuran sintetis. Ketebalan bahan ini melebihi tebalnya spandex. Kain ini juga ga mudah berbulu, sehingga cocok untuk desain seragam futsal.

Kelebihan kain jersey lainnya terletak pada kelenturannya. Fleksibilitasnya membuat pemain mudah bergerak saat berolahraga. Satu hal lagi, kain ini mudah menyerap keringat. Jadi ga kepanasan.

Info tambahan nih Mas Bro dan  Mbak Bro. Pulau Jersey awalnya ga terkenal karena kaos bola. Pernah dengar sapi jersey?

Nah, pulau ini terkenal karena sapinya yang menghasilkan susu dengan kadar lemak tertinggi. Cocok banget buat dijadiin krim.

Sumber Gambar www.bajusepakbola.com

Selama ini mungkin Mas Bro dan Mbak Bro punya jersey klub favoritnya masing-masing. Coba deh diambil, terus cocokin dengan karakteristik yang udah disebutin di atas.

Baca Juga
1. Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Bordir?
2. 22 Pilihan Warna Kaos Polos yang Biasa Diproduksi Sama Konveksi?

Mungkin kita ga selalu pake jersey untuk kepentingan olahraga. Kadang kita pake juga untuk pakaian santai saat pergi. Ga ada salahnya, kok. Emang jersey kebanggaan pasti pengen dipamerin. Tapi, apa pun penggunaannya, perlakukan jersey kita sesuai dengan cara perawatan yang seharusnya.

Sekarang jadi tau kan, apa aja kain yang cocok untuk desain seragam futsal dan seragam bola?

Buat Mas Bro dan Mbak Bro yang mau pesen.

Silahkan hubungi ya
@kekitaan_ (line)
082243545754 (WA, telp, dan sms)
[email protected] 
(email)

baca lengkap

Pilih jenis kain yang pas buat nempel di badan kita dan cocok juga di dompet. Ingat, cermat sebelum membeli. Jangan sampai ketipu!

Jadi sebarin obrolan kita ini sama temen dan keluarga ya. Buat yang masih bingung, silahkan tinggalkan jejak pertanyaan dibawah ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Tembalang, Semarang
10:30 WIB, Rabu 28 Desember 2016
Tulisan Temen Kita – MHF

Sumber Tulisan
Andalas Jersey. 2016. Mengenal Jenis-jenis Bahan Kaos Jersey Dan Pakaian Olahraga andalasjersey.com/2016/02/18/mengenal-jenis-jenis-bahan-kaos-jersey-dan-pakaian-olahraga/ diakses pukul 15:07 WIB pada hari Senin, 05 Desember 2016
Crowd Voice. 2013. Ini alasan kenapa Kaos Bola disebut Jersey id.crowdvoice.com/posts/ini-alasan-kenapa-kaos-bola-disebut-jersey-2qDV diakses pukul 15:10 WIB pada hari Senin, 05 Desember 2016
Fitinline. 2016. 9 Jenis Kain Untuk Membuat Pakaian Olahraga fitinline.com/article/read/9-jenis-kain-untuk-membuat-pakaian-olahraga/ diakses pukul 15:13 WIB pada hari Senin, 05 Desember 2016

Sumber Gambar:
andalasjersey.com diakses pukul 23:18 WIB pada hari Senin, 12 Desember 2016
agenkaosfutsal.com diakses pukul 10:55 WIB pada hari Rabu, 28 Desember 2016
alakazzam-kit.blogspot.com  diakses pukul 10:55 WIB pada hari Rabu, 28 Desember 2016
apakabardunia.com diakses pukul 23:18 WIB pada hari Senin, 12 Desember 2016
blog.masteragenbola.com diakses pukul 10:55 WIB pada hari Rabu, 28 Desember 2016
customkonveksi.weebly.com diakses pukul 23:25 WIB pada hari Senin, 12 Desember 2016
fitinline.com diakses pukul 23:18 WIB pada hari Senin, 12 Desember 2016
kaosbola-mura.blogspot.com diakses pukul 23:33 WIB pada hari Senin, 12 Desember 2016
konveksian.com diakses pukul 23:45 WIB pada hari Senin, 12 Desember 2016
kostumbola.com diakses pukul 23:51 WIB pada hari Senin, 12 Desember 2016
rezzphoriainc.blogspot.co.id diakses pukul 23:25 WIB pada hari Senin, 12 Desember 2016
seragambola.com diakses pukul 23:39 WIB pada hari Senin, 12 Desember 2016
www.bajusepakbola.com diakses pukul 10:55 WIB pada hari Rabu, 28 Desember 2016
wowkeren.com diakses pukul 23:55 WIB pada hari Senin, 12 Desember 2016

Tentang Kita
Twitter :
kekitaan_
Line :
@kekitaan
Facebook :
Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : Kekitaan Kita
Pinterest : Kekitaan Kita
Instagram : kekitaan_

Comments

Leave a Reply