Bagaimana Kondisi Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 merupakan salah satu faktor perekonomian Indonesia sekarang ini. Bukan hanya menciptakan krisis kesehatan masyarakat. Pandemi Covid-19 secara nyata juga mengganggu aktivitas ekonomi nasional. Kondisi perekonomian di Indonesia dan upaya pemulihannya saat ini menjadi fokus baru dalam upaya penanganan.

Keputusan pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak April 2020 berdampak luas dalam proses produksi, distribusi, dan kegiatan operasional lainnya yang pada akhirnya mengganggu kinerja perekonomian. Ekonomi Indonesia 2020 diperkirakan tumbuh negatif. Angka pengangguran dan kemiskinan semakin meningkat.

Untuk membangkitkan kembali ekonomi nasional di tengah pandemi, pemerintah telah menerbitkan beragam regulasi dengan tujuan agar roda ekonomi nasional kembali bergerak ke arah positif.

Indonesia bersama Kanada, Filipina, Sekretariat ASEAN, OECD, dan ADB menggelar pertemuan secara virtual dalam Seminar Internasional tentang Perbaikan regulasi di Asia. Seminar bertujuan untuk saling berbagi praktik baik dan pengalaman dalam membangun regulasi yang berkualitas, efektif, dan efisien.

Seminar internasional ini diadakan atas kolaborasi Kementerian Pertanian Indonesia dengan proyek NSLIC/NSELRED. Regulasi yang efektif, berkualitas, dan berkelanjutan sangat penting guna mendukung pertumbuhan ekonomi terutama di masa pandemi Covid-19.


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply