Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi? : #KitaTanya29

-Sumber gambar csdnews.com
Sumber gambar csdnews.com

Jadi Sebenernya Apa Sih Pengertian Fotografi
Lalu bagaimana sejarah fotografi ato asal-usul fotografi sampe berkembang sampai sekarang?

Salam Mbak Bro dan Mas Bro

Mbak bro dan Mas bro pasti udah ga asing lagi dengan istilah fotografi.  Zaman sekarang buat mengabadikan sebuah moment tidaklah sulit bukan?

Kalian cukup mengandalkan ponsel pintar kalo pengen mengabadikan sebuah moment. Tapi mbak bro dan mas bro tau ga tentang pengertian, sejarah fotografi, ato asal-usul dari fotografi?

Walaupun mungkin dari kalian  sedikit tau mengenai hal ini. Bahkan mungkin kalian udah sangat memahami dunia fotografi.  Ato bahkan punya pekerjaan Fotografi. Ga ada salahnya bukan untuk memahami lebih lanjut tentang pengertian fotografi? Apalagi buat kalian yang pengen ikutan kompetisi fotografi, kontes fotografi, lomba fotografi ato lagi nyari beasiswa fotografi wajib tau nih.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi-Sumber Gambar jejualan.com
Sumber gambar jejualan.com

Jadi Sebenernya Apa Sih Pengertian Fotografi?

Fotografi ternyata diambil dari bahasa Inggris photography loh mbak bro dan mas bro . Photography berasal dari bahasa Yunani yaitu photo yang berarti Cahaya, dan grafo yang berarti melukis/ menulis. Bisa diartikan sebagai proses melukis / menulis dan menggunakan cahaya sebagai medianya. Ga heran kalo fotografi berkaitan dengan kamera dan pengaturan cahaya?

Bahkan kalian sering mendengar banyak orang yang pekerjaan fotografi rela-rela menunggu posisi matahari yang tepat hanya untuk mengambil sebuah gambar.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi-Sumber Gambar travelerfotografi.google.com
Sumber gambar travelerfotografi.google.com

Apakah Semua Orang Bisa Menjadi Fotografer ato punya pekerjaan Fotografi?

Berdasarkan pengertiannya, kegiatan fotografi bisa dilakukan dengan bermodalkan sebuah kamera. Walaupun demikian, untuk punya pekerjaan fotografi secara profesional tidaklah mudah. Karna hal yang paling penting dalam fotografi adalah komposisi. Karna komposisi yang tepat membuat hasil foto akan menjadi lebih hidup. Serta punya makna cerita yang bisa disampaikan.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fbelajarkomputer-disurabaya.blogspot.co.id

Sumber gambar belajarkomputer-disurabaya.blogspot.co.id

Apakah Kalian Tau Jika Fotografi Dibagi Atas Beberapa Jenis Ato Aliran?

Setiap fotografer mempunyai satu jenis/ aliran fotografi yang paling disukainya. Bisa dikatakan juga sebagai fokus ato minatnya. Bagi Mbak Bro dan Mas Bro yang lagi belajar fotografi. Pasti udah mengenal beberapa teknik dan jenis-jenis fotografi yang dimaksud. Tapi kalian yang ga tau kita akan berikan penjelasannya disini.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar travelfotografi.com
Sumber gambar travelfotografi.com

1. Fotografi Landscape

Fotografi ini lebih fokus kepada pemandangan alam. Bisa dikatakan jenis fotografi ini lebih senang merekam keindahan alam. Tapi bisa juga dikombinasikan dengan yang lain seperti manusia, hewan dan yang lainnya.  Fotografi kreatif ini juga punya beberapa sub dari fotografi landscape. Seperti seascape yang cenderung pada laut. Skyscape cenderung pada pemandangan langit dan cityscape cenderung pada perkotaan.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar 123rf.com
Sumber gambar 123rf.com

2. Aerial Photography

Aliran ini merupakan teknik  yang membuat seolah-olah melihat objek dari atas. Hasil foto aerial membuat kalian menjadi seekor burung yang terbang di langit. Jenis ini memfokuskan pada teknik pengambilan gambar (angle) dari atas. Biasanya fotografer menggunakan alat bantu khusus seperti drone. Ato dengan menaiki kendaraan seperti helikopter ato pesawat.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar addstc.com
Sumber gambar addstc.com

3. Architectural Photography

Sama dengan namanya, aliran architectural photography memfokuskan pada keindahan bentuk bangunan. Ato bisa dikatakan mengambil gedung sebagai objek utamanya. Fotografer akan jeli memperhatikan setiap sudut serta celah bangunan. Dimaksudkan untuk memperoleh komposisi yang ritmis. Tak hanya itu, angle pemotretan juga menjadi faktor penting loh.

Sehingga foto yang dihasilkan ga terlihat kaku. Aliran ini sering dipakai untuk keperluan komersial. Seperti promosi hotel, real estate, maupun apartemen.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar bp.blogspot.com
Sumber gambar bp.blogspot.com

4. Fotografi Macro

Selanjutnya adalah Fotografi Macro, fotografi berfokus dengan pengambilan gambar dari jarak dekat. Dan objek utamanya adalah benda-benda kecil. Objek fotografi macro biasanya adalah serangga, bunga, embun. Ato benda lainnya yang jika di close-up menghasilkan detail yang menarik. Agar hasil foto terlihat tajam umumnya fotografer menggunakan lensa macro. Tapi fotografer dengan budget pas-pasan lebih senang menggunakan close-up filter. Bahkan menggunakan reverse ring ato extension tube sebagai alternatif.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar wawandie.com
Sumber gambar wawandie.com

5. Fotografi Hitam Putih/Black and White Photograph

Ini Aliran fotografi yang bisa dipraktekan buat kalian yang belajar fotografi. Pada zaman dulu, semua fotografi hanya berwarna hitam-putih aja. Bahkan saat foto berwarna udah mulai beredar. Foto hitam-putih pada awalnya tetap menjadi primadona karna kualitas lebih baik. Serta lebih murah daripada foto berwarna.

Tapi semakin lama kualitas foto berwarna semakin membaik. Sehingga keberadaan foto berwarna mempopuler sehingga menggeser posisi fotografi hitam-putih. Tapi sekarang fotografi hitam-putih sering dipake untuk menimbulkan efek tertentu. Berbagai aplikasi menyediakan editing foto agar menghasilkan foto lebih menarik.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian FotografiSumber Gambar alumnimaterdei.com
Sumber gambar alumnimaterdei.com

6. Fotografi Satwa/Wildlife Photography

Fotografi aliran ini lebih fokus kepada objek hewan. Seperti yang kita ketahui kalo hewan seringkali berperilaku unik. Sehinga saat kita berada di waktu dan tempat yang tepat aksi hewan bisa kita abadikan. Fotografi kreatif udah pasti akan menghasilkan karya yang menarik bukan?

Jadi buat Mbak Bro dan Mas Bro yang lagi kursus Fotografi murah. Bisa nih langsung praktek kalo papasan sama hewan.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar fabienasrte.com
Sumber gambar fabienasrte.com

7. Fotografi Portrait/Potrait Photography

Selanjutnya adalah aliran Foto portrait. Fotografi kreatif ini lebih memfokuskan pada detail dari objek foto. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan karakter sebuah objek foto. Saat objeknya adalah manusia, maka mata dari objek menatap lurus ke kamera. Ini menunjukkan adanya “komunikasi” yang intens antara fotografer dengan objeknya.

Karna Ekspresi wajah sangat dominan mengungkapkan kepribadian dan perasaan seseorang. Aliran foto portrait pada umumnya lebih menampilkan ekspresi alami objek. Dalam contoh diatas mata dari objek menjadi komponen yang penting.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar tabletwenty.com
Sumber gambar tabletwenty.com

8. Food Photography

Food photography ga sekedar menampilkan makanan dalam piring aja loh.  Fotografer juga harus mampu menampilkan komposisi yang bagus.  Serta memfokuskan kepada detail dan tekstur makanan. Dalam pengambilan gambar, faktor pencahayaan yang bagus menjadi faktor utamanya. Jadi bagi kalian yang lagi belajar fotografi bisa nyoba-nyoba deh. Foto pake aliran ini kalo lagi ke restoran.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar rustazaliphotography.blogspot.co.id
Sumber gambar rustazaliphotography.blogspot.co.id

9. Fotografi Jalanan/Street Photography

Fotografi jalanan ato Street Photography merupakan aliran fotografi yang menarik. Aliran ini sedikit berbeda dengan fotojurnalistik lebih fokus mengabadikan momen puncak. Fotografi jalanan lebih memfokuskan untuk merekam kegiatan sehari-hari . Foto ini juga biasanya diambil dari jarak dekat . Fotografer juga berada disekitar objek.

Aliran ini mengharuskan Fotografer mengambil gambar dengan diam-diam. Tapi bukan sembunyi serta mengambilnya dengan cepat dan tangkas. Mungkin pada zaman sekarang sering dikatakan sebagai foto candid.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar pinterest.com
Sumber gambar pinterest.com

10. Fotografi Model

Aliran fotografi ini punya pengertian yang mirip dengan foto portrait. Tapi yang membedakan adalah fotografer akan mengarahkan model.  Mulai dari bagaimana pose, ekspresi, arah pandangan dan sebagainya. Sedangkan model yang baik adalah mereka yang tau bagaimana berpose tanpa diarahkan.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar eddofebrian.blogspot.co.id
Sumber gambar eddofebrian.blogspot.co.id

11. Fotografi Panning

Teknik fotografi yang digunakan dalam membekukan gerakan benda yang bergerak. Ini menjadi solusi untuk mengatasi masalah dalam memfoto objek yang bergerak cepat. Aliran foto ini berfokus tajam terhadap objek yang bergerak . Sehingga untuk backgroundnya biasanya menjadi blur ato kabur. Jenis Foto ini biasanya memanfaatkan shutter speed rendah.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar blog.kameradroid.com
Sumber gambar blog.kameradroid.com

12. Fotografi Tilt Shift

Jenis fotografi merupakan teknik fotografi yang memfokuskan mendapatkan hasil foto tampak seperti miniatur.

Teknik ini menggunakan lensa khusus. Lensa ini sengaja dikembangkan untuk memperbaiki perspektif serta mengatasi distorsi. Dengan mengubah sudut lensa terhadap media,film ato sensor. Tapi salah satunya efek penggunaan lensa tilt-shift. Efek ini untuk menyempitnya ruang tajam dan menciptakan efek seperti miniatur.

Perkembangan teknologi digital terus menerus. Pemanfaatan aplikasi photo editor seperti Photoshop bisa membuat foto dengan efek seperti tilt-shift.

13. Stage Photography

Buat mbak dan mas bro penggemar musik, pertunjukan budaya ato teater. Jenis fotografi ini boleh dicoba loh. Kalian bisa memotret secara langsung artis ato penyanyi idola kesayangan kalian saat di panggung. Gerakan si artis ato penyanyi yang tampil kan sulit tuh untuk diprediksi. Apalagi dengan tata cahaya (lighting) yang sering berubah-ubah. Sehingga jenis fotografi ini sangat memerlukan kecepatan. Sehingga mengambil moment yang pas menjadi hal utama stage photography.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar kompasmuda.com
Sumber gambar kompasmuda.com

14. Fotografi Light Painting

Yang terakhir adalah aliran Fotografi light painting. Ato bisa disebut dengan melukis cahaya yang sangat unik. Teknik light painting ini sangat mengasyikkan untuk dicoba. Karna kalian menggunakan shutter speed secara kreaif.

Teknik ini sengaja membuka shutter dalam waktu yang cukup lama (long exposure). Bertujuan untuk memotret dalam kegelapan serta mengarahkannya kepada sumber cahaya terarah.  Kemudian diarahkan pada beberapa titik objek foto dalam rentang shutter terbuka.

Selain membahas jenis-jenis fotografi. Kita juga akan membahas teknik dasar fotografi. Serta  tips fotografi untuk menambah ilmunya Mbak  Bro dan Mas Bro. Yang mungkin lagi kursus Fotografi online. Ato bisa jadi refrensi buat yang mau ikutan kompetisi fotografi, kontes fotografi, lomba fotografi ato lagi nyari beasiswa fotografi loh.

Apa Sih Itu Sebenarnya Pengertian Fotografi-Sumber Gambardesykristiyanti27.wordpress.com
Sumber gambar desykristiyanti27.wordpress.com

TEKNIK DASAR PEMOTRETAN

Setelah mengenal jenis/aliran fotografi. Tiba saatnya untuk mengetahui gimana caranya memotret untuk menghasilkan sebuah foto. Buat Mbak Bro dan Mas Bro yang lagi kursus fotografi online.  Harus bisa menguasai kamera serta paham bagaimana cara kerjanya kamera ya.

1. Focusing

Kalian yang lagi kursus Fotografi online pasti tau kan istilah focusing ?

Karna dalam fotografi ini salah satu proses penajaman image suatu objek pemotretan. Focusing merupakan teknik paling dasar yang cukup penting. Karna untuk memperoleh gambar yang tajam. Serta jelas kalian perlu melakukan focusing secara tepat.

Pemilihan bidangsuatu objek foto juga akan menentukan kesan “kedalaman” foto loh. Karna ga semua objek pemotretan hanya sekedar benda yang diam. Tapi kalian juga akan dihadapkan pada benda bergerak loh. Ini tentu akan mempengaruhi focusing loh. Tips Fotografi untuk kalian yang sedang kursus fotografi murah. Lakukanlah focusing pada benda diam dulu sampe kalian bisa paham tehnik focusing yang tepat.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar kiatfoto.wordpress.com
Sumber gambar kiatfoto.wordpress.com

2. Pengaturan Speed

Pengaturan Speed sangat penting dalam proses pembakaran negatif  pada kamera. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan image tertentu. Karna ternyata semakin tinggi speednya akan semakin cepat pula rana bekerja dan begitu sebaliknya. Bagi kalian yang sedang mengambil kursus fotografi murah. Kalian harus paham istilah pencahayaan normal , pencahayaan rendah dan pencahayaan tinggi.

Pencahayaan normal merupakan penentuan speed dan diafragma yang tepat dalam pengambilan gambar. Sedangkan pencahayaan tinggi merupakan kompensasi pada pengaturan speed. Sehingga kalian mendapatkan intensitas pencahayaan lebih banyak daripada pencahayaan normal. Serta gambar yang dihasilkan jauh lebih terang. Terakhir pencahayaan rendah, merupakan pengaturan speed untuk mengurangi intensitas cahaya.  Teknik ini sering digunakan saat kondisi cahaya dalam pemotretan terlalu keras.  Sehingga bisa mendapatkan gambar yang lebih maksimal.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar shein.com
Sumber gambar shein.com

3. Pengaturan Diafragma

Ini dia tips fotografi yang menarik yang bisa membuat foto tersebut punya dimensi ruang ato kesan kedalaman. Setiap lensa kamera punya fasilitas diafragma yang punya peran penting . Karna bisa mengatur pemisahan antara background dan objek utamanya. Diafragma bahkan bisa menetukan seberapa luas ruang tajam dalam foto. Sehingga semakin kecil bukaan diafragma, akan  semakin luas ruang tajam yang bisa kalian dapatkan. Dan saat semakin besar diafragma dibuka, maka akan emakin sempit ruang tajam pada foto.

4. Zooming

Zooming adalah fotografi kreatif dengan memanfaatkan fasilitas ring zoom lensa kamera. Zoom in akan membuat gambar objek tampak lebih dekat. Sedangkan zoom out akan membuat gambar objek tampak lebih jauh. Sehingga pengaturan speed serta penggunaan zoom yang tepat. Bisa memberikan efek motion ato gerak pada hasil foto kalian.

 5. Framming

Framming merupakan teknik  yang memanfaatkan unsur lain pada objek yang dipotret. Sehingga membentuk kesan frame ato bingkai tersendiri. Ini biasanya digunakan untuk menambahkan nilai keunikan. Serta memperkuat kesan foto kalian secara visual loh.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar thephoblographer.com
Sumber gambar thephoblographer.com

6. Strobis

Ini dia salah satu teknik pemakaian flash secara eksternal. Sehingga ga digunakan diatas hotshoe kamera. Tapi menggunakan bantuan trigger ato Flash.  Hal ini bisa digunakan sebagai master. Untuk alat wireless trigger sendiri pada umumnya menggunakan gelombang radio. Ato sinar infrared demi menyalakan flash slave. Karna flash lain harus terus mengikuti flash utama.

Keuntungan teknik ini agar kalian bisa memposisikan satu/lebih flash di mana aja. Serta untuk mengatur arah, cahaya, intensitas demi menghasilkan foto yang sesuai.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi - Sumber Gambar tokopedia.com
Sumber Gambar tokopedia.com

7. Bulb

Bulb merupakan proses pemotretan menggunakan fasilitas bulb pada kamera kalian. Fasilitas bulb pada kamera akan memberikan keleluasaan. Saat kalian menentukan berapa lama rana terbuka dalam proses pembakaran. Jika kalian memotret pada kondisi cahaya yang kurang/minim. Bahkan sangat kurang seperti pada malam hari.

Sehingga speed ga mampu lagi memperoleh pencahayaan normal. Maka fasilitas bulb akan sangat membantu kalian. Dalam menghindari goncangan kalian akan sangat memerlukan alat bantu tripod dan kabel release

Itu dia tips fotografi yang bisa kalian lakukan dirumah, cukup menarik ga?

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Fotografi-Sumber Gambar deviantart.net
Sumber gambar deviantart.net

Tapi sebenarnya bagaimana sih sejarah fotografi ato asal-usul fotografi? penasaran?

Teryata sejarah fotografi dimulai pada tahun 1822 oleh Joseph Nicephore Niepce. Dia merupakan orang pertama yang berhasil menciptakan foto Heliografi. Dengan menjadikan Paus Pius VII sebagai modelnya. Hasil jepretannya pun sangatlah sederhana karna masih menggunakan proses heliografik. Lalu pada tahun 1826 , Joseph Nicéphore Niépce berhasil kembali membuat foto pemandangan yang pertama.

Selanjutnya tahun 1835 William Henry Fox Talbot berhasil menyempurnakan hasil jepretan. Serta mampu mengahasilkan gambar yang lebih berkualitas. Sedangkan pada tahun 1854 – André Adolphe Eugène Disdéri memperkenalkan rotating kamera.  Kamera ini  mampu merekam 8 citra yang berbeda dalam satu film. Selanjutnya hasil pemotretan ini dicetak di atas kertas albumen. Dan selanjutnya dipotong menjadi 8 bagian terpisah. Serta direkatkan pada lembaran kartu.

Pada tahun  1898 Kodak mulai memperkenalkan sebuah produk kamera folding Pocket Kodak.  Dan dilanjutkan pada tahun 1900 Kodak kembali memperkenalkan produk bernama kamera Brownie.  Dan pada tahun 1901 akhirnya Kodak memperkenalkan 120 film pertama kali. Dan tahun 1907 Atochrome Lumiere akhirnya berhasil menemukan fotografi berwarna pertama kalinya. Dan sampe sekarang fotografi terus berkembang sangat pesat. Serta mengalami pembaharuan yang luar biasa

Semoga berguna!

Senang bisa berbagi!

Sumber Tulisan

Bitebrands. 2016 . Jenis-jenis Fotografi dan Contohnya yang Bisa Kamu Pelajari. bitebrands.co/2016/06/jenis-jenis-macam-fotografi.html diakses pukul 22.30 WIB, pada hari Selasa 22 November 2016
Yuda Kurniawan. 2011 . Pengenalan Jenis-Jenis Foto dan Teknis Dasar Pemotretan. fotografiyuda.wordpress.com/seputar-fotografi/pengenalan-jenis-jenis-foto-dan-teknis-dasar-pemotretan/ diakses pukul 22.50 WIB, pada hari Selasa 22 November 2016
Rizki Pradana. 2013 . Apa sih Fotografi itu? rizkipradana.blogspot.co.id/2013/04/apa-sih-fotografi-itu.html diakses pukul 23.45 WIB, pada hari Selasa 22 November 2016
Unique. 2014 . Jenis-Jenis Fotografi . uniquedailytips.com/2014/09/jenis-jenis-fotografi.html diakses pukul 23.30 WIB, pada hari Selasa 22 November 2016

Sumber Gambar

123rf.com diakses pukul 02.40 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Addstc.com diakses pukul 02.20 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Alumnimaterdei.com diakses pukul 02.30 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Belajarkomputer-disurabaya.blogspot.co.id diakses pukul 01.30 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Blog.kameradroid.com diakses pukul 03.30 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Bp.blogspot.com diakses pukul 03.40 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Csdnews.com diakses pukul 02.20 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Desykristiyanti27.wordpress diakses pukul 02.50 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Deviantart.net diakses pukul 01.50 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Eddofebrian.blogspot.co.id diakses pukul 03.45 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Fabienasrte.comdiakses pukul 02.50 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Helopedi.com diakses pukul 01.45 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Kiatfoto.wordpress.com diakses pukul 04.15 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Kompasmuda.com diakses pukul 03.10 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Pinterest.com diakses pukul 01.30 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Rustazaliphotography.blogspot.co.id diakses pukul 01.50 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Shein.com diakses pukul 03.35 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Tabletwenty.com diakses pukul 03.45 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Thephoblographer.com diakses pukul 03.55 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Tokopedia.com diakses pukul 02.45 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Travelerfotografi.google.com diakses pukul 02.40 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016
Wawandie.com diakses pukul 01.45 WIB, pada hari Selasa 23 November 2016

Tentang Kita
Twitter :
kekitaan_
Line :
@kekitaan
Facebook :
Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : Kekitaan Kita
Pinterest : Kekitaan Kita
Instagram : kekitaan_

Comments

Leave a Reply