Apa Sih Bahan yang Sering Dipake Pembuatan Jaket?

Lagi Sibuk Pilih Bahan Buat Bikin Jaket?
Bahan Apa Aja Sih yang Sering Dipake Buat Jaket?

Salam Mas dan Mbak Bro

Pada sehat kan Mas Bro dan Mbak Bro?

Semoga selalu sehat ya, meskipun cuaca lagi ga bagus. Sekarang ini lagi musim hujan jadi pake jaket kalo keluar rumah ya.

Mungkin Mas Bro Mbak Bro tinggal di daerah yang kayanya hujan mulu sepanjang tahun ini. Semoga sinar matahari datang menyapa, ya.

Di musim ujan ini pasti bakal sering kedinginan. Ga heran, pada saat-saat seperti ini jaket jadi buronan semua orang.

Ga hanya di musim ujan aja, sih, jaket digemari orang-orang. Saat matahari bersinar terlalu terik, beberapa Mbak Bro memilih memakai jaket. Demi menjaga kulit, pastinya.

Baca Juga
1. 
Konveksi Kostum Futsal di Semarang Jawa Tengah
2. Konveksi Kaos Sablon Grosiran di Semarang  Jawa Tengah

Tentu aja bahan jaket untuk musim hujan yang cenderung tebal ga cocok dipakai saat kemarau. Begitu juga sebaliknya. Jaket tipis untuk kemarau tidak cocok untuk dipakai saat musim hujan. Nah, baca artikel ini buat tau bahan apa yang cocok untuk keperluan Mas Bro dan Mbak Bro sekalian.

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Jaket - Sumber Gambar greenjaket.com
Sumber Gambar greenjaket.com

Bahan Apa Aja yang Sering Dipake Buat Jaket?

Jadi kamu termasuk golongan pecinta jaket, nih?

Oke deh kalo gitu. Berikut beberapa jenis bahan yang sering dipakai untuk jaket:

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Jaket - Sumber Gambar jual-jaket-kulit-online.blogpot.com
Sumber Gambar jual-jaket-kulit-online.blogpot.com

1.Kulit (Alami dan Sintetis)

Siapa sih yang ga tau jaket kulit? Jaket kulit umumnya dipake sama para Mas Bro. Tapi ada juga kok jaket kulit untuk para Mbak Bro. Sesuai namanya, jaket ini berasal dari bahan kulit. Bahan kulit ini juga selain dipakai untuk jaket, biasa digunakan untuk rompi motor.

Jaket kulit awalnya mulai terkenal di dunia militer dan penerbang. Jaket kulit coklat penerbang mulai digunakan pada awal tahun 1990. Saat perang dunia kedua, jaket ini dikenal dengan sebutan jaket bomber. Perannya sangat berguna bagi para anggota militer. Ga lain untuk melindungi diri dan menghangatkan tubuh.

Sebagai pemberi kehangatan ga jarang jaket ini dilapisi kulit domba pada bagian dalamnya. Hal ini berguna banget untuk pilot bomber. Para pilot bisa ga kaget mengalami cuaca ekstrim di ketinggian. Selain pada perang dunia kedua, jaket ini juga digunakan pada Perang Saudara Rusia. Kaum Bolshevik Rusia yang menggunakan jaket tersebut saat perang.

Kalo jaman sekarang, jaket kulit bisa dipakai untuk berbagai kepentingan. Mulai dari jaket motor, jaket kulit kasual, hingga jaket couple kaya gambar jaket di atas. Harga jaket kulit umumnya ga murah, apalagi yang berbahan dasar kulit asli. Harganya bisa nyerempet satuan juta, Mas Bro dan Mbak Bro. Kalo yang sintetis bisa berkisar dari 200-600ribu rupiah.

Kulit binatang yang biasa digunakan ialah kulit domba, kambing, dan sapi. Kulit domba yang paling populer dipake. Harga jaket dari kulit domba juga cenderung paling mahal. Tapi ada juga yang pake kulit hewan lain, misalnya unta ato kerbau. Kulit binatang yang didapat ga langsung dijadikan jaket. Terlebih dahulu kulit dicuci dan diberi obat.

Lain halnya dengan kulit sintetis. Sesuai dengan namanya, bahan ini sama sekali ga menggunakan kulit binatang. Biasa juga dikenal dengan sebutan kulit imitasi. Jenis bahan ini terbuat dari campuran karet pada awalnya. Semakin lama semakin berkembang hingga digunakan campuran bahan PVC dan adapula campuran polyester supaya menyerupai kulit asli.

Bahan kulit sintetis ada berbagai macam dengan kualitas yang berbeda-beda. Kalo diurutkan dari bahan yang paling menyerupai kulit asli, urutannya gini: harley, vienna, ferari, oscar, dan karlit.

Jaket kulit asli tentu lebih baik kualitasnya, terutama dalam hal kelenturan. Selain itu jaket kulit asli punya kemampuan yang baik dalam menyesuaikan suhu. Jaket kulit asli akan terasa sejuk saat udara panas. Saat udara dingin, jaket ini akan menghangatkan.

Karena berasal dari kulit binatang, jaket kulit asli punya wangi yang khas. Selain itu, jaket kulit asli lebih kuat dan tahan lama.

Sebelum beli jaket kulit dengan harga yang selangit, pastiin dulu keasliannya, ya.

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Jaket - Sumber Gambar fitinline.com
Sumber Gambar fitinline.com

2.Taslan

Baru denger jenis kain ini?

Bahan ini pasti sering Mas Bro dan Mbak Bro liat ato mungkin pake. Bahan ini disukai karena merupakan bahan jaket buat jaket waterproof.

Jaket keren ini cocok buat Mas Bro dan Mbak Bro yang seneng berkegiatan outdoor. Jaket ini cocok melawan terpaan angin dan guyuran air hujan. Makanya, bahan ini sering dipakai untuk bikin jaket motor, jaket touring, rompi, ato parka.

Bahan taslan ga cuma satu macem. Beberapa diantaranya ialah taslan salur, taslan korea, taslan lokal, taslan balon, taslan bening, dan taslan milky. Bahan taslan sekilas mirip dengan bahan parasut. Tapi, bahan ini lebih lembut, tebal, ringan, dan kuat daripada parasut.

Harga jaket dengan bahan ini sekitar Rp. 165.000 – Rp. 175. 000 per potong. Tapi, beda jenis taslan harganya juga beda, Mas Bro dan Mbak Bro. Bisa beda sekitar 15ribu rupiah. Oh iya, ada juga jenis taslan yang ga tahan air, tapi taslan tahan air lebih populer.

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Jaket - Sumber Gambar custombagus.com
Sumber Gambar custombagus.com

3.Parasut

Nah, tadi udah sempet disebut tentang perbedaan jaket taslan dan jaket parasut. Jaket bahan ini cocok banget di musim hujan kaya sekarang. Bahan ini tipis dan yang paling penting adalah jaket anti air.

Bahan baku parasut ialah polyester. Bahan parasut ada beberapa jenis diantaranya parasut bewai, furing, dan metalik. Yang bikin beda adalah kandungan plastiknya. Ada yang tebel, ada juga yang tipis. Ada yang kuat dan lembut, tapi ada juga yang kasar dan tembus pandang.

Bahan ini sama sekali ga cocok, buat panas-panasan. Mas Bro dan Mbak Bro tetep pengen pake jaket ini untuk cuaca panas? Jangan salahin deh kalo kepanasan sendiri. Soalnya, bahan ini ga bisa nyerap keringat.

Masalah perawatan mudah kok. Bahan parasut sangat mudah dibersihkan, cepet kering dan ga menimbulkan bau. Perawatan yang tepat bakalan bikin jaket parasut ini lebih tahan lama sekalipun sering digunakan.

Jaket parasut biasanya dipilih untuk jaket motor, jaket hoodie, ato jaket untuk windrunner. Desain jaket ini juga bermacam-macam. Model jaket yang bisa dibolak-balik punya banyak penggemar. Nah, dibanding dua bahan di atas, jaket ini bisa dibilang jaket murah. Untuk model yang sederhana, per potongnya berharga dibawah 100ribu. Semakin menarik desain jaketnya, harganya bisa diatas 100ribu rupiah.

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Jaket - Sumber Gambar custombagus.com
Sumber Gambar custombagus.com

4.High Twist

Tau jaket parka yang happening banget beberapa bulan lalu? Nah, jaket tersebut dibuat dari bahan ini. Jaket parka sering dijadikan pilihan jaket wanita, pria, ato jaket couple. Selain untuk jaket, bahan ini juga digunakan untuk membuat jas, blazer, ato celana.

High twist memiliki permukaan yang halus. Bahan yang terbuat dari polyester ini permukaannya halus. Warna bahan ini mengilap, dan yang paling disukai adalah bahannya tidak mudah kusut.

Sayangnya, bahan ini tidak bisa menyerap keringat dengan baik. Jadi, bisa bikin panas si pemakainya. Untuk harga jaket dengan bahan ini, kita ambil contoh harga jaket parka, ya. Satu potongnya sekitar 170 ribu rupiah.

Sumber Gambar tokopedia.com

5.Denim ato Jeans

Awalnya bahan ini hanya populer untuk pembuatan celana. Celana jeans. Makin lama, produsen semakin kreatif dan terciptalah jaket jeans. Pria maupun wanita cocok menggunakan jaket ini. Dijadiin jaket couple juga bagus.

Kebanyakan Mas Bro dan Mbak Bro pasti sudah kenal dong dengan bahan ini. Teksturnya bervariasi mulai dari lembut hingga kasar. Jaket dari bahan ini tidak terlalu lentur, sehingga ga heran kalo jaket ini termasuk jaket yang kuat.

Mas Bro dan Mbak Bro suka sama jaket jeans?

Pasti karena coraknya yang bervariasi. Bikin kesan tersendiri gitu.

Harganya jaket ini tergantung dari jenis jeans yang digunakan. Ada yang dibawah 150 ribu, sekitar 300 ribu, bahkan diatas 500 ribu. Sesuaiin aja ama kondisi keuangan Mas Bro dan Mbak Bro.

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Jaket - Sumber Gambar custombagus.com
Sumber Gambar custombagus.com

6.Corduroy

Jaket corduroy cukup populer. Biasanya digunakan untuk jaket anak ato sweater. Bahan ini merupakan jenis kain yang terbuat dari serat kapas tebal. Serat tersebut kemudian dipuntir, hinga menghasilakn tekstur yang baik dan halus. Corduroy terdiri dari tali berumbai. Tali-tali tersebut membuat bahan ini terlihat memiliki salur di sepanjang kainnya.

Desain jaket dengan bahan ini bermacam-macam. Variasi bisa dilakukan dari segi warnanya. Bisa pula ketebalan bagian dalamnya yang bervariasi. Harga jaket ini berkisar di 180 ribu rupiah.

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Jaket - Sumber Gambar fitinline.com
Sumber Gambar fitinline.com

7.Fleece

Bahan ini digunakan untuk membuat jaket yang bisa menghangatkan. Campuran dari bahan ini ialah fleece katun dan fleece poliester. Fleece katun menjadi pilihan favorit karena mengandung 80% katun dan 20% wol. Jaket bahan ini pas banget deh kalo kedinginan. Penghangat yang lembut, sehingga wajar jika banyak dicari.

Desain jaket yang dapat dibuat juga bervariasi. Bisa dijadikan jaket hoodie ato jaket distro.

Peminat jaket ini cukup banyak karena bahan ini bisa juga dipakai saat panas. Bahannya sangat cocok untuk melindungi diri dari sinar matahari. Tenang aja, sirkulasi udara jaket ini baik, kok. Jadi, suhu Mas Bro dan Mbak Bro selalu bisa terjaga.

8.Baby Terry

Kain jenis ini idaman mereka yang menyukai kelembutan. Bahan ini lembut banget, Mas Bro dan Mbak Bro. Ini karena bahan untuk buatnya dari katun. Ada juga sih yang dicampur dengan poly terry loop, tapi tetep lembut, loh.

Pemakai jaket dengan jenis ini sangat dimanjakan. Kainnya nyaman dan dingin. Makin nyenengin karena sekalipun cukup tebal, bahan ini ga berbulu.

Kalo dibandingkan dengan fleece, jaket ini menang di harga. Harganya lebih murah karena bahannya lebih tipis. Ga heran makin banyak penjual jaket online memilih bahan ini untuk dijual.

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Jaket - Sumber Gambar chavenshop.net
Sumber Gambar chavenshop.net

9.Adidas, Diadora, dan Lotto

Suka jaket sport?

Nah yang ini wajib banget kita perhatiin. Pasti pernah denger tiga kata di atas, kan?

Ya, Adidas, Diadora, dan Lotto pasti akrab di telinga karena merupakan sebuah brand.

Jenis-jenis kain tersebut sebenarnya ialah bahan yang meniru ketiga merk ternama tersebut. Jaket yang biasanya dibuat dengan bahan ini ialah jaket sport terkadang beserta dengan celana trainingnya.

Bahan Adidas cirinya sedikit tebal dengan permukaan yang halus di bagian luar. Sementara itu, bagian dalam bahan ini tidak berbulu. Bahan ini sering banget dipake buat celana olahraga anak sekolahan. Ga cuma buat anak sekolah, beberapa instansi juga pake bahan ini untuk seragam olahraganya.

Elastisitas bahan ini cukup nyaman bagi pemakainya. Kemampuan menyerap keringat bahan adidas tidak tinggi. Bahan ini cenderung memberikan rasa hangat saat dipake.

Bahan Diadora permukaannya halus dan rapat. Sangat rapat. Ga seperti bahan adidas, Diadora bagian dalamnya cenderung berbulu lembut. Bulu tersebut membuat pemakai merasa hangat.

Sekalipun bukan katun, Diadora bisa menyerap keringat. Walaupun memang tidak sebaik kemampuan kain katun. Warna dari bahan diadora sangat kuat. Tahan lama hingga beberapa tahun. Makanya konsumen pada jatuh cinta.

Harganya yang ga bikin saku jebol juga bikin peminat bahan ini nmelimpah. Meskipun ada aja yang ga suka.

Bahan Lotto punya ciri khas sendiri yaitu mengkilat. Bahannya halus dan lemas. Pemakai bahan ini pasti merasa nyaman. Apalagi rasanya lembut saat dipake.

Untuk masalah nyerap keringat, bahan ini kurang jago. Tapi, masalah elastisnya oke, loh. Ketebalan bahan ini sama seperti bahan katun.

Sumber Gambar desainrumahtips.blogspot.co.id

10.Wol

Wol. Benang khas yang didapat dari binatang. Biasanya sih dari bulu domba. Namun ada juga bulu binatang lain yang bisa dipakai, misalnya alpaca, kambing, dan unta. Bulu keriting binatang ini sangat unik. Jadi cocok banget untuk dipake di dunia tekstil.

Penasaran wol udah ada dari kapan?

Udah dari jaman sebelum masehi, Mas Bro dan Mbak Bro. Sekitar tahun 8000 SM. Wah, udah lama banget, ya.

Bahan wol bisa dipake untuk tenun ato rajut. Bahan ini keren banget karena sifatnya yang tahan terhadap api. Dan yang paling penting, bahan ini tahan lama alias awet banget.

Bulu domba sampai jadi wol perlu sebuah perjalanan. Mulai dari dipotong lalu dicuci. Nah, sesudah kering, wol mengalami proses carding alias menyikat ato meluruskan serat. Masih ada lanjutannya, yaitu spinning. Spinning adalah langkah supaya wol berubah jadi benang.

Benang wol tersebut bisa diolah jadi macem-macem. Kaos kaki, syal, dan yang pasti cocok buat jaket ato sweater. Jaket wol cocok banget dipake saat cuaca dingin. Kalo liat domba aja udah pengen meluk rasanya. Kebanyang kan rasanya diselimutin bulu domba. Nyaman.

Tadi di atas udah tau kan cara dapetin benang wol. Kebayang dong ribetnya. Jadi, wajar aja kalo harga untuk sepotong jaket wol tidak murah. Harga jaket wol tentu variatif, ada di kisaran 200 ribu rupiah.

Baca Juga
1. Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Bordir?
2. Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Sablon?

Untuk perawatan jaket ini juga harus kamu perhatiin, Mas Bro dan Mbak Bro. Sekalipun wol bahan yang tahan lama, tapi tetep harus dirawat. Mencuci pakaian wol bisa dengan tangan atopun mesin. Tapi, jangan sekali-kali mengeringkan wol dengan mesin dryer.

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro cucinya pake tangan, jangan diperas terlalu keras, ya. Jangan kasar. Untuk menjemurnya juga jangan digantung, di tempat datar aja. Kalo digantung, ntar bentuk bajunya jadi berubah. Karena airnya yang turun terus ke bawah. Jemurnya menghadap matahari dan dalam posisi terbalik ya (bagian dalam di luar).

Selain perawatan dalam mencuci, perawatan saat menyetrika juga perlu diperhatikan. Pakai suhu panas yang sesuai untuk bahan wol. Untuk menyetrika jaket lapisi dengan sapu tangan. Ato bisa juga setrika bagian dalamnya. Dan pastikan kamu simpan di tempat kering, ya.

Bahan Apa Sih yang Sering Dipake Buat Jaket - Sumber Gambar jaketredel.com
Sumber Gambar jaketredel.com

Gimana, nambah ilmu pengetahuan Mas Bro dan Mbak Bro ga, nih?

Pastinya nambah dong, ya. Sekarang Mas Bro dan Mbak Bro ga cuma asal beli, tapi bisa sesuaiin dulu dengan keinginan.

Buat Mas Bro dan Mbak Bro yang mulai buka usaha tempat bikin jaket, semoga makin lancar ya usahanya. Ato ada yang tertarik jual jaket online ato jaket murah setelah baca artikel ini?

Wah, bagus juga tuh.

Apapun yang Mas Bro dan Mbak Bro sedang usahain, selalu jujur dan berikan yang terbaik, ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Tembalang, Semarang
20:45 WIB, Rabu 07 Desember 2016
Tulisan Temen Kita – MHF

Sumber Tulisan
Bahan Kain. 2014. Mengenal Kain Wol bahankain.com/2014/12/19/mengenal-kain-wool/ diakses pukul 20:45 WIB pada hari Rabu, 07 Desember 2016
Dana Vincent. 2016. 8 Jenis Bahan Kain Yang Tepat Untuk Membuat Aneka Jaket www.custombagus.com/blog/11266-8-jenis-bahan-kain-yang-tepat-untuk-membuat-aneka-jaket diakses pukul 20:07 WIB pada hari Rabu, 07 Desember 2016
Green Jaket. 2016. Jaket Parasut greenjaket.com/product-category/jaket-parasut/ diakses pukul 20:17 WIB pada hari Rabu, 07 Desember 2016
Jaket Parka Couple. 2016. Grosir Jaket Parka Terlengkap http://jaketparkacouple.com diakses pukul 20:28 WIB pada hari Rabu, 07 Desember 2016
Mas Ajay. 2016. Harga Jaket Kulit Pria & Wanita Termurah 2016 www.serbajaketkulit.com/2016/02/daftar-harga-jaket-kulit-asli-2016.html diakses pukul 20:10 WIB pada hari Rabu, 07 Desember 2016
Wikipedia. 2016. Jaket kulit id.wikipedia.org/wiki/Jaket_kulit diakses pukul 20:07 WIB pada hari Rabu, 07 Desember 2016

Sumber Gambar:
custombagus.com diakses pukul 19:49 WIB pada hari Selasa, 13 Desember 2016
chavenshop.net diakses pukul 19:49 WIB pada hari Selasa, 13 Desember 2016
desainrumahtips.blogspot.co.id.jpg diakses pukul 19:49 WIB pada hari Selasa, 13 Desember 2016
greenjaket.com diakses pukul 19:40 WIB pada hari Selasa, 13 Desember 2016
grosirjaketcouple.com diakses pukul 19:50 WIB pada hari Selasa, 13 Desember 2016
fitinline.com diakses pukul 19:55 WIB pada hari Selasa, 13 Desember 2016
jaketredel.com diakses pukul 19:48 WIB pada hari Selasa, 13 Desember 2016
jual-jaket-kulit-online.blogpot.com diakses pukul 19:49 WIB pada hari Selasa, 13 Desember 2016
rsportcenter.blogspot.com diakses pukul 19:37 WIB pada hari Selasa, 13 Desember 2016
tokopedia.com diakses pukul 19:37 WIB pada hari Selasa, 13 Desember 2016

Tentang Kita
Twitter :
kekitaan_
Line :
@kekitaan
Facebook :
Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : Kekitaaan Kita
Pinterest : Kekitaan Kita
Instagram : kekitaan_

Comments

Leave a Reply