Apa Pengertian Internet Marketing?

Asal Usul dan Sejarah Internet Marketing di Indonesia
Perkembangan Internet Marketing di Indonesia

Apa sih itu internt marketing
Apakah sesuatu yang penting
Sekarang kondisi sangat genting
Baca pelan dan pake insting

salam #Masbro #Mbakbro

Sekarang rasa-rasanya semua kalangan tau meskipun belum dapat dinikmati oleh semua kalangan dan ga semua akrab dengan penggunaannya. Di era di mana segala sesuatunya serba cepat dan dinamis ini kita sebagai penduduk dunia dituntut untuk ikut juga bergerak dengan kecepatan yang sama beriringan dengan perkembangan jaman.

Telat dikit, dibilang kuper. Ketinggalan dikit, dibilang gaptek. Seperti ga ada celah bagi kita untuk lengah dari peredaran informasi yang dibawa oleh internet.

Nggak cuma itu saja. Saat ini sudah banyak kegiatan yang dilakukan dengan dukungan internet. Hampir setiap kegiatan dapat didigitalisasi. Tinggal sentuh, geser, klik, dan aktivitas kita dapat berjalan sebagaimana kita menjalaninya seperti biasa.

Sudah sedemikian dekatnya kita pada internet, ya. Tapi sebetulnya, apakah kita sudah sepenuhnya paham bahwa internet ga hanya dipakai oleh pengguna akhir seperti kita, yang tinggal mengkonsumsi?

Tau ga Mas Bro dan Mbak Bro kalo apa yang kita lihat di sudut-sudut halaman situs. Kalo apa aja yang kita akses seperti tulisan, gambar, video, dan iklan yang disodorkan pada kita lewat halaman-halaman situs itu adalah bentuk baru dari pemasaran modern bernama internet marketing?

Sebelum ngobrol terlalu jauh soal internet marketing. Pertama, kita harus sadar kalo internet marketing adalah alat yang bisa dipake banyak hal, yaitu:

  1. Menaikkan omset penjualan – Untuk Pengusaha;
  2. Menaikkan jumlah pengunjung – Untuk Blogger;
  3. Menaikkan jumlah “pengikut” – Untuk Sosial Media.

Kedua, kita bisa lakukan internet marketing sendiri ato pake jasa orang lain. Kalo mau sendiri maka silahkan baca tulisan ini sampe selesai Mas Bro dan Mbak Bro. Tapi kalo mau dibantu sama pihak ketiga maka silahkan klik gambar dibawah. indotrading.com adalah layanan yang udah dipercaya sama agen properti, kontraktor bangunan, perusahaan IT, arsitektur, dan bidang usaha lainnya

Asal Usul Internet Marketing di Indonesia

Jika dirunut sampai ke asalnya, kita akan menemukan bahwa sejarah internet marketing muncul bersamaan dengan munculnya internet di Indonesia yang semakin berkembang di sekitar awal tahun 1990-an. Kecepatan, kepraktisan, serta perkembangan internet yang dipandang memiliki masa depan yang cerah, dianggap para pelaku pemasaran sebagai fitur yang cocok untuk jadi media pemasaran yang baik.

Internet di Indonesia yang pada awalnya adalah jaringan yang mengusung konsep paguyuban yang bernilai kekeluargaan dan gotong royong di antara para penggunannya, perlahan-lahan berubah menjadi lahan yang aktivitasnya lebih individual dan digunakan untuk keperluan komersial. Saat-saat ini kemudian menjadi asal usul internet marketing di Indonesia.

Sejarah Internet Marketing di Indonesia

Pada mulanya internet marketing berawal dari beberapa pemilik usaha yang menampilkan profil usaha mereka di situs yang saat itu masih memiliki tampilan sederhana. Dari kegiatan kecil inilah internet marketing pelan-pelan mengalami perkembangan di tengah penggunaan internet yang semakin marak.

Meskipun demikian, pengertian internet marketing masih belum terlalu akrab di telinga para pengguna internet. Penggunaan internet pun belum seaktif dan belum berkembang banyak seperti saat ini sehingga belum banyak pelaku pemasaran yang memanfaatkan internet sebagai media pemasarannya.

Perdagangan melalui internet dan pasarnya belum terbentuk sehingga ketika itu internet marketing adalah sesuatu yang masih kalah dan dianggap ga memiliki efektivitas layaknya pemasaran yang dilakukan secara konvensional.

Definisi internet marketing masih terlalu asing di telinga pengguna hingga kemudian lama kelamaan seiring dengan perkembangan internet. Kegunaannya yang semakin melebar di kehidupan sehari-hari. Usaha secara online mulai bermunculan dan meledak bersamaan dengan menjamurnya gaya hidup belanja online. Dari sanalah internet marketing mulai dipercaya akan menjadi sarana yang baik bagi pemasaran dan akan terus berkembang di Indonesia.

Pengertian Internet Marketing

Asal usul internet marketing ga dapat lepas dari perkembangan internet dan perkembangan teknik pemasaran modern. Dalam kurun waktu beberapa tahun sejak sejarah internet marketing dimulai, kegiatan pemasaran satu ini mengalami kemajuan yang amat pesat.

Hal ini dapat dilihat dari semakin maraknya pertumbuhan usaha online dan pasarnya yang kian meluas hingga saat ini. Pengertian internet marketing sebagai teknik yang mencakup beberapa aktivitas sekaligus dan dapat menjangkau berbagai kalangan, membuat pegiat aktivitas pemasaran berpandangan bahwa internet marketing adalah media yang subur bagi pemasaran yang efektif.

Internet marketing berada di bawah payung istilah ‘digital marketing’, bersama dengan istilah ‘online marketing’, ‘web marketing’, dan ‘e-marketing’. Definisi internet marketing sendiri dibangun dari dua istilah: internet dan marketing. Kedua istilah tersebut menjadi frase yang ga terpisahkan dalam aktivitas berinternet saat ini.

Internet marketing pada dasarnya didefinisikan sebagai proses mempromosikan merek, produk, dan jasa di dunia maya. Secara garis besar, internet marketing merujuk pada upaya periklanan dan pemasaran yang menggunakan internet melalui media seperti web dan e-mail untuk mendorong penjualan langsung melalui e-commerce. Ga hanya itu, cakupannya yang luas termasuk juga e-mail marketing, manajemen hubungan pelanggan elektronik, dan segala kegiatan promosional yang dilakukan melalui media wireless.

Internet marketing mengkombinasikan pula aspek kreatif dan aspek teknikal dari world wide web seperti periklanan, desain, pengembangan, serta penjualan. Ga hanya itu, internet marketing juga berkenaan dengan penciptaan dan penempatan iklan di segala macam bentuk.

Jenis dan Tipe Internet Marketing

Sama halnya seperti ilmu-ilmu lain, internet marketing pun memiliki banyak tipe. Karena bentuknya yang bermacam-macam, setiap tipe memerlukan keterampilannya masing-masing sehingga ga salah apabila kita menyebut banyaknya tipe ini sebagai sebuah disiplin. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Search Engine Optimization (SEO)

Dalam Bahasa Indonesia disebut optimasi mesin pencari. Istilah yang satu ini sudah umum terdengar ya?

Kalo di telinga mereka yang rajin memanfaatkan mesin pencari buat kegiatan pekerjaan atau usahanya. Pasti udah biasa baca dan denger kata-kata ini. Search Engine Optimization adalah proses meningkatkan peringkat sebuah situs atau halaman situs di hasil pencarian ‘organik’.

SEO ini bertujuan untuk membuat peringkat halaman situs lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari atau seach engine result pages (SERP) untuk meningkatkan kemunculannya. Semakin tinggi peringkat halaman, semakin mudah terlihat halaman tersebut dan dengan demikian semakin tinggilah trafiknya.

2. Pay Per Click

Sebut saja bayar tiap klik, biar gampang kita pahami.

Dengan Pay Per Click atau PPC, tujuan yang paling utama adalah untuk menggerakkan viewer pasif agar menjadi prospek yang tertarik lalu mengubah prospek menjadi pembeli. Untuk melakukan ini, pertama-tama kita harus menggiring viewer atau user untuk mengklik sebuah iklan dan membawa mereka ke landing page yang cocok dengan iklan tersebut.

Jika dilakukan dengan benar, PPC akan menjadi bentuk internet marketing yang tercepat untuk memenuhi target trafik properti web kita. Namun jika ga hati-hati, internet marketing jenis ini malah mengharuskan kita mengeluarkan banyak biaya sementara keuntungannya sedikit. Karena itu penting bagi marketer untuk menguasai perhitungan pengembalian investasi yang akurat.

3. Email

Email memang ga setrendi teman barunya, sosial media, tapi gabisa dipungkiri lagi merupakan bentuk komunikasi yang paling bersifat langsung dan pribadi. Karena alasan inilah, email masih menjadi tipe internet marketing yang paling efektif dalam hal mendorong penjualan. Internet marketing jenis ini biasanya berbentuk newsletter atau email transaksional.

Ada satu tips yang akan berguna. Pelaku pemasaran yang baik memanfaatkan sifat komunikasi email yang private ini dan dengan hati-hati memberikan perlakukan yang lebih spesial pada pelanggan email dari pada pada nonpelanggan.

Perlakuan khusus ini bisa diberikan misalnya dalam bentuk pemberian akses konten ekslusif, diskon untuk pelanggan email, atau produk ‘dalam’ yang ga diperuntukkan oleh publik dan hanya bisa didapat oleh pelanggan saja.

4. Blogging

Sebetulnya blog memang hanya ‘sekadar’ channel, sebuah saluran yang dapat berisi video, podcast, teks artikel, topik berita, menjual affiliate advertising, dan menyediakan instruksi atau pandangan akan suatu hal. Tetapi dalam internet marketing, kita ga hanya bicara soal blogging saja, melainkan juga soal konten yang mengisi channel tersebut.

Blogging masuk ke daftar ini karena mengelola sebuah channel memerlukan keterampilan tersendiri. Menjadwalkan konten, membuat kategori dan tag konten yang sesuai, mengelola arsitektur internal link, mengoptimasi item-item navigasi, dan banyak lagi. Manajemen blog merupakan hal yang vital bagi kesuksesan sebuah blog karena struktur dasarnya adalah apa yang mendorong mesin pencari menyusun indeks blog kita berdasarkan konten yang ingin kita tonjolkan sekaligus juga membantu pengunjung mengakses halaman yang sesuai di situs kita.

5. Content Marketing

Singkatnya content marketing adalah pemasaran dengan membuat materi pemasaran yang bermanfaat, ga asal jualan aja.

Content marketing adalah salah satu kata kunci yang sering kali kita dengar jika menyangkut internet marketing tetapi masih banyak orang, termasuk marketer, yang belum sepenuhnya mengerti tipe ini.

Jika blogging adalah tentang bagaimana segala sesuatunya didistribusi dan disusun, content marketing adalah tentang bagaimana praktik menciptakan media yang dapat membawa seseorang berinteraksi dengan konten tersebut terhadap 4 tujuan konten:

Menyebarkannya di sebuah komunitas dan memberinya eksposisi secara maksimalMendiskusikannya dan menjadi hal untuk memulai topik pembicaraan dalam sebuah komunitasMemunculkan kebutuhan di diri viewer dan menawarkan untuk memberi solusi bagi masalah viewer tersebutMemunculkan penjualan

Content marketing harus selalu memiliki salah satu dari 4 tujuan di atas karena tujuan-tujuan tersebut merupakan inti untuk membuat sebuah konten yang terfokus. Tanpa satu dari 4 tujuan ini, kita hanya membuat konten demi konten itu saja, bukan demi pemasaran yang lebih efektif.

6. Sosial Media

Potensi Indonesia itu keren loh untuk internet marketing. Dengan pengguna internet sebangak 63 juta orang, lalu pemake “buku muka” terbanyak keempat didunia, dan orang kelima paling banyak berkicau didunia.

Meski social media marketing memiliki definisinya sendiri, banyak yang memanfaatkan penggunaan social platform untuk mempromosikan merk mereka. Jika kita denisikan proses social media marketing, kita akan melihat channel-channel sosial media sama seperti bagaimana seorang pembeli melihat pemasaran produk atau jasa melalui media tradisional. Minat dan ketertarikan kita akan sama dengan iklan yang kita temukan.

Berbicara tentang social media marketing, kita ga cuma bicara tentang platform umumnya seperti buku muka, tukang kicau, katamatarenang+, tabungmu, dan “palingpintar” saja. Tapi juga jaringan-jaringan niche, forum, blog komunitas aktif, dan di segala tempat yang memungkinkan terjadinya percakapan dua arah.

Para pelaku pemasaran pertama-tama akan mengidentifikasi selera dalam komunitas tersebut melalui aktivitas mereka di sosial media lalu menentukan cara yang terbaik untuk menarik mereka.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Kini udah tau internet marketing
Paham kalo yang satu ini penting
Jadi jangan ga ada lagi berpaling
Saatnya buat belajar udah genting


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply