Site icon #MENULISdapatuang

Apa Itu Antropologi? | hukumIN

hukumIN
ketika praktisi hukum ketemu sama yang awam hukum.

Tau ga apa itu Antropologi?

Salam #MasBro #MbakBro

Hallo Everyone!!!

Gimana nih kabarnya? penasaran ga sih,kalo gitu yuk kita sama-sama bahas mengenai materi tersebut.

Antropologi?

1. Pengertian

Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari umat manusia (anthropos) baik dari segi fisik, emosi, sosial, budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya.
Antropologi adalah istilah bahasa Yunani yang berasal dari kata anthropos dan logos.
Anthropos adalah manusia.
Logos adalah ilmu, cerita ato kata.
Antropologi sering pula disebut sebagai ilmu tentang manusia dan kebudayaannya.

2. Objek

Objek antropologi adalah manusia di dalam masyarakat suku bangsa, kebudayaan dan perilakunya.

3. Tujuan Ilmu Antropologi

Ilmu pengetahuan antropologi bertujuan mempelajari manusia dalam bermasyarakat suku bangsa, berperilaku dan berkebudayaan buat membangun masyarakat itu sendiri. 

4. Fungsi Antropologi

Fungsi antropologi adalah untuk mengembangkan pengetahuan tentang manusia baik secara fisik (biologis) maupun secara sosio-kultural.

5. Tujuan Antropologi

Menurut Koentjaraningrat dalam Pengantar Ilmu Antropologi (2002) tujuan antropologi adalah:

  1. Tujuan akademis: untuk mencapai pengertian tentang makhluk manusia pada umumnya dengan mempelajari berbagai bentuk fisiknya, masyarakat dan kebudayaannya.
  2. Tujuan praktis: mempelajari manusia di berbagai masyarakat suku bangsa di dunia guna membangun masyarakat itu sendiri.

Terkait tujuan ilmu antropologi maka dapat diketahui manfaat mempelajari antropologi untuk:

  1. Mengetahui pola perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat secara universal maupun pola perilaku manusia pada tiap-tiap masyarakat (suku bangsa).
  2. Mengetahui kedudukan dan peran yang harus dilakukan sesuai dengan harapan warga masyarakat dari kedudukan yang sedang disandang.
  3. Memperluas wawasan tentang pergaulan umat manusia di seluruh dunia yang mempunyai kekhususan-kekhususan sesuai dengan karakteristik daerahnya sehingga menimbulkan toleransi yang tinggi.
  4. Mengetahui berbagai macam problem dalam masyarakat, memiliki kepekaan terhadap kondisi-kondisi dalam masyarakat, serta mampu mengambil inisiatif pemecahan masalah.

Punya jawaban lain?
Silahkan klik #AkuMauJawab dong..
Masih ada pertanyaan?
Masih bingung?

Coba #TanyaKita deh..

Baca Juga : Apa Sih Itu Pengertian Peristiwa Hukum?

karya joao silas

Pertanyaan lainnya
1. 27++ Pertanyaan dan Jawaban Materi Kuliah Pengantar Ilmu Hukum (PIH)
2. 7++ Pertanyaan dan Jawaban Hukum Perbankan
3. 8++ Pertanyaan dan Jawaban Hukum Agraria

Lulusan hukum?
Lagi cari artikel hukum?
Coba cari di website ini?
Udah pernah menulis tentang hukum?
Kalo belum, Asah ilmu mu dengan
 daftar untuk menulis ulasannya.
Mau tanya? klik bit.ly/NULISartikelHUKUM

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Sama seperti di youtube #MasBro #MbakBro akan mendapatkan penghasilan dari views.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik
kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
Dimas Hario Wibowo. Tugas Kuliah Antropologi Hukum tahun 2009
arramuse.com diakses pada tahun 2009

Kata kunci lain yang sering dicari…
hukumIN, september, 2021, september 2021, Antropologi Hukum, Materi Kuliah, 
Antropologi, Pengertian Antropologi, Pengertian Antropologi Hukum, Anthropos, Logos, 

Punya pertanyaan tentang tulisan ini?
Silahkan komen ya.


Apapun mesin pencarinya.
kekitaan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
Seneng bisa berbagi.