Bunga Citra Lestari

Bunga Citra Lestari (lahir di Jakarta, 22 Maret 1983; umur 38 tahun, sering disebut dengan BCL) adalah seorang penyanyi dan aktris berkebangsaan Indonesia. Ia pertama kali dikenal lewat lagu hit-nya yang berjudul “Sunny” yang mengisi soundtrack untuk film Cinta Pertama.

KEHIDUPAN AWAL Bunga Cinta Lestari

Bunga Citra Lestari (BCL) lahir pada 22 Maret 1983 dari pasangan Muchlis Rusli dan Emmy Syarif. Ia mewarisi darah Minang dari kedua orang tuanya. Ayahnya bekerja di Bank Indonesia, sementara ibunya merupakan seorang dokter gigi. BCL menghabiskan masa SMP-nya di Lhokseumawe, Aceh, kampung ayahnya, lalu pindah ke Jakarta.

KARIER Bunga Cinta Lestari

BCL mengawali kariernya di dunia entertainment dengan menjadi model untuk Majalah HAI (Cewek Hai) dan dalam waktu singkat mendapatkan bagian pertamanya dalam serial TV, “Tujuh Tanda Cinta”. Sebelumnya, BCL sempat menjadi model video klip lagu Jikustik berjudul Seribu Tahun Lamanya pada tahun 1999 dan mendapat peran figuran sebagai Sri Kecil di sinetron Bukan Perempuan Biasa pada tahun 1997. Pada tahun 2004, karier bernyanyi BCL dimulai sebagai featuring singer dari PAS Band. Sejak itu, BCL memutuskan untuk fokus di industri musik dan merilis banyak lagu hit dan berkolaborasi dengan musisi papan atas Indonesia hingga musisi mancanegara Christian Bautista, dan Julio Iglesias. BCL memulai debut filmnya di film Cinta Pertama. Seiring dengan film, ia merilis single pertamanya sebagai soundtrack film aslinya, Cinta Pertama (Sunny), sebuah lagu yang mengubah hidupnya. ‘Cinta pertama’ telah mengubah dirinya menjadi superstar yang dicintai dan membuktikan ketenarannya sebagai salah satu artis terkemuka Indonesia. Pada 2012, BCL membintangi film box office terbesar pada waktu itu “Habibie & Ainun”, sebuah film tentang kisah cinta mantan presiden Indonesia dan istri tercintanya. Film ini sukses menjadi hit dengan 4,6 juta penonton dan menetapkan tonggak sejarah bagi BCL. Di bulan Maret 2017, BCL sekali lagi membuat gebrakan di dunia entertainment dengan suksesnya memproduksi konser solo “It’s Me BCL Concert” yang disebut konser dengan biaya produksi tertinggi sepanjang masa di Indonesia, berkolaborasi dengan creative director yang berbasis di LA, The Squared Division. Banyak yang memujinya dan bahkan The Jakarta Post menerbitkan ulasan dan menulis, “BCL telah menaikkan standar”. Tahun 2018, BCL berkolaborasi dengan JFlow,  mengeluarkan single “Dance Tonight” dimana lagu tersebut menjadi salah satu official song untuk Asian Games. Dengan membawa pesan woman empowerment dan self-love, BCL merilis single “Memilih Dia” pada tahun 2019, yang memperkuat citra BCL sebagai wanita yang inspiratif di Indonesia, hingga komunitas fans BCL atau yang dikenal sebagai BCLicious mendedikasikan sebuah acara bernama XOXOBCL pada tahun yang sama, sebagai wujud apresiasi dan persembahan untuk BCL yang telah menjadi sosok inspirasi mereka. Di awal tahun 2020, BCL merilis single “Menghapus Jejakmu” bersama Ariel NOAH, sebuah single yang ditulis selama 3 hari dan mencapai 48 juta penonton di Youtube. Pelbagai prestasi telah menjadikan BCL menjadi salah satu bintang terbesar di Indonesia termasuk menjadi salah satu juri untuk Indonesian Idol pada tahun 2017, 2018, dan Indonesian Idol Season X pada 2019 hingga 2020. Pesona dan kecantikan ‘ala Indonesia’-nya telah membuat BCL menjadi seorang ikon dan public figure. BCL juga banyak dipercaya sebagai ‘wajah’ dan brand ambassador dari berbagai produk ternama. Selain itu, penampilan BCL yang selalu fashionable membuat ia disebut sebagai salah satu trendsetter fashion di Indonesia. BCL memiliki tingkat engagement yang tinggi dari banyak followers di media sosial; Twitter 5,8 juta, Instagram 17,2 juta, Line resmi 9,5 juta, dan kanal Youtube pribadinya 2.7 juta.

KEHIDUPAN PRIBADI Bunga Cinta Lestari

Bunga yang berdarah asli Minangkabau ini merupakan putri dari pasangan Muchlis Rusli dan Emmy Syarif. Aktris ini menikah dengan Ashraf Sinclair, seorang aktor asal Malaysia keturunan Melayu-Inggris, pada tanggal 8 November 2008. Resepsi dengan adat Minang (dari pihak Bunga) dan Melayu (dari pihak Ashraf) diadakan di dua negara, yakni Indonesia dan Malaysia. Mengadakan resepsi di Jakarta pada 9 November 2008 serta di Malaysia pada 14-15 November 2008. Setelah menikah, Bunga masih tetap mengembangkan kariernya di musik dan bakatnya di akting dengan dukungan penuh sang suami, Ashraf. Hal ini terbukti dengan kompaknya pasangan ini tampil dalam suatu film romantis, Saus Kacang yang rilis pada tahun 2008. Bahkan soundtrack film ini dibawakan oleh Bunga sedangkan Ashraf membantunya tampil dalam video klip. Pada tanggal 22 September 2010 Bunga melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Noah Aidan Sinclair.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Bunga_Citra_Lestari


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply