9 Drama Korea Remaja Terbaru Bertema Anak Sekolahan yang Menarik

Drama korea dengan tema sekolah

Demam drama Korea tak hanya menyerang Mama-mama saja. Jika diperhatikan, kini drama Korea sudah banyak ditonton oleh remaja di Indonesia. Bukan tanpa sebab, karena memang beberapa cerita dari drakor ini mengenai kehidupan remaja dan anak sekolah.

Beberapa diantaranya cukup menggambarkan kejadian nyata mengenai masalah yang dihadapi remaja. Misalnya perundungan, mengenai ujian dan sistem pendidikan hingga pencarian jati diri yang dialami remaja umur belasan tahun.

Berikut drama korea remaja terbaru yang bercerita soal kehidupan anak sekolah.

1. True Beauty (2021)

Drama yang tayang di VIU ini menyedot perhatian berkat akting dari Cha Eun Wo ASTRO sebagai Lee Su Ho dan Moon Geun Young sebagai Im Ju Kyung. Selain itu akting dari Hwang In Yeoup sebagai Han Seo Jun dalam drama ini juga patut dinantikan.

Berkisah soal ketidakpercayaan diri Ju Kyung terhadap penampilannya yang membuatnya di bully di sekolah. Karena tak mau lagi diganggu, ia mulai belajar cara menggunakan makeup hingga bisa mentransformasi dirinya menjadi lebih cantik.

Terlepas dari popularitasnya karena cantik berkat makeup, Ju-kyung masih menganggap dirinya jelek dan khawatir jika teman-temannya akan menjauhinya nanti. Drama ini bercerita mengenai ‘beauty privilage’ yang kadang diagungkan di masyarakat sehingga membuat orang yang merasa kurang cantik seolah tidak berharga.

2. At Eighteen (2019)

Drama yang diperankan oleh Ong Seung Wu tahun 2019 ini cukup fenomenal. Sebab, drama Korea remaja ini bercerita mengenai Choi Joon Woo (Ong Seong Wu) yang berusia 18 tahun tapi memiliki kehidupan remaja yang sulit. Umurnya yang masih muda ia sudah menghadapi banyak konflik.

Ia harus pindah sekolah karena difitnah melakukan pelanggaran yang tidak pernah ia lakukan. Pribadi Joon Woo pun berubah menjadi penyendiri dan tidak pernah ada yang tahu bahwa ia menyimpan kesakitan yang dalam karena ia pun cukup berkonflik dengan orangtuanya di rumah.

Secara garis besar, drama ini bercerita mengenai pencarian jati diri para remaja di usia 18 tahunan. Ketiga tokoh dalam drama ini berusaha bertahan menjalani hidup yang tidak sesuai ekspektasi mereka.

3. Extraordinary You (2019)

Drama Korea remaja ini mengisahkan mengenai gadis SMA Eun Dan Oh (Kim Hye Yoon) yang merupakan seorang siswa kaya dan baik hati. Suatu hari, dia menemukan bahwa dunianya ternyata adalah fantasi komik.

Dia dan semua orang hanyalah karakter dalam buku komik berjudul ‘Secret’ yang alurnya sudah diatur oleh penulis. Dan Oh diceritakan hanya karakter tambahan dan perannya harus berjodoh dengan seseorang yang tidak peduli dengannya sejak lama. Ia juga memiliki penyakit jantung dan diperkirakan akan segera mati dalam cerita komik tersebut.

Karena tidak puas dengan nasibnya sendiri, Dan Oh memutuskan untuk mengubahnya. Ia ingin membebaskan dirinya dari kendali penulis dengan bantuan Siswa Nomor 13 (Rowoon) tanpa nama.

Drama ini memiliki makna bahwa setiap orang adalah pemain utama dalam hidup mereka. Sehingga apapun yang ada dan mempengaruhi, segala hal dan keputusan tetap kembali kepada diri kita masing-masing. Karena kitalah yang berhak menentukan jalan hidup kita sendiri.

4. Class of Lie (2019)

Sedikit ada nuansa thriller, drama ini bercerita mengenai Gi Moo Hyeok, seorang pengacara terkenal yang menyamar sebagai guru pengganti Gi Kang Jae di sekolah menengah swasta elit untuk menyelidiki pembunuhan seorang siswa perempuan.

Rupanya, ia menemukan banyak kejanggalan di SMA tersebut mengenai kasus pembulian, ketidak adilan terhadap nilai siswa dan sebagainya. Di sana ia akhirnya membantu para siswa yang dianggap bermasalah dan dikucilkan agar mendapatkan keadilan pada akhirnya.

Drama ini mirip seperti ‘SKY Castle’. Banyak orang menyebut jika drama Class of Lie adalah drama satire mengenai sistem dan kurikulum pendidikan di Korea yang menuntut siswanya memiliki nilai tinggi. Sehingga bisa mempengaruhi kesehatan mental siswa hingga menyebabkan banyak kasus bunuh diri terjadi. Permasalahn remaja juga disoroti dalam drama ini, salah satunya perundungan.

Drama ini mirip seperti ‘SKY Castle’. Banyak orang menyebut jika drama Class of Lie adalah drama satire mengenai sistem dan kurikulum pendidikan di Korea yang menuntut siswanya memiliki nilai tinggi. Sehingga bisa mempengaruhi kesehatan mental siswa hingga menyebabkan banyak kasus bunuh diri terjadi. Permasalahn remaja juga disoroti dalam drama ini, salah satunya perundungan.

5. Love Alarm (2019)

Aplikasi Joalarm bisa menampilkan orang yang disukai atau menyukai orang lain dalam jarak 10 meter dan membuat ponsel berdering. Aplikasi ini juga menunjukkan berapa banyak orang yang menyukai pemilik dari ponsel yang dipasang aplikasinya. Tetapi tidak mengungkapkan detail secara spesifik tentang siapa orang yang menyukai tersebut.

Kim Jo Jo (Kim So-Hyun) adalah seorang siswa SMA yang cantik dan cerdas. Dia selalu ceria meski sudah ditinggal orangtuanya sejak kecil. Sejak kematian orang tuanya itu, Kim Jo Jo tinggal bersama keluarga bibinya yang kerap merundungnya.

Sementara itu, Hwang Sun Oh adalah siswa populer di SMA yang sama dengan Kim Jo Jo. Dia adalah putra dari keluarga kaya, tetapi tidak dicintai oleh orang tuanya. Sahabatnya Lee Hye-Young juga bersekolah di SMA yang sama.

Konflik dalam drama ini cukup sederhana yakni mengenai kisah cinta seorang remaja di SMA. Namun, tingkah laku dan dialog yang ada mencerminkan gaya khas anak remaja yang menggemaskan. Drama ini pun cukup singkat karena hanya 8 episode dan bisa disaksikan di Netflix.

6. School 2017 (2017)

Cerita drama ini mengungkap lika-liku siswa yang berusaha menghadapi berbagai tekanan sekolah di sebuah SMA. Di sana, mereka diberi peringkat berdasarkan nilai ujian mereka yang satu sisi sistem sekolah dan pendidikannya sangat korup.

Ra Eun Ho (Kim Se Jeong) berusia 18 tahun yang ceria dan baik hati yang bermimpi menjadi artis webtoon tetapi terjebak dalam salah satu kasus di sekolah dan dikenal sebagai ‘Siswa X’. Hyun Tae Woon (Kim Jung Hyun) adalah putra dari sutradara yang terlihat bahagia tapi menyembunyikan bekas luka yang dalam. Song Dae Hwi (Jang Dong Yoon) adalah siswa pintar yang berada di peringkat 1 setiap kali ujian tetapi tidak memiliki cukup uang untuk masuk ke perguruan tinggi impiannya.

Konflik yang diceritakan dalam drama ini cukup seru tapi masih bisa dinikmati dengan santai. Problematika masa SMA yang dihadapi remaja cukup jelas digambarkan dalam drama ini. Drama ini menceritakan cukup baik mengenai masalah remaja dan orangtuanya, teman hingga mengkritik sistem pendidikan di Korea.

7. Who Are You?: School (2015)

Go Eun Byul dan Lee Eun Bi (keduanya diperankan oleh Kim So Hyun) adalah kembar identik tapi terpisah karena diadopsi oleh orangtua berbeda pada usia 5 tahun. Eun-bi tinggal di Love House, sebuah panti asuhan di Korea. Ia kerap dirundung di sekolah oleh sekelompok gadis jahat yang dipimpin oleh Kang So-young, sementara guru di sana cenderung tidak peduli dengannya.

Di sisi lain, Go Eun Byul belajar di SMA paling mewah di Seoul. Ia mendapat kasih sayang penuh dari kedua orangtuanya sejak kecil. Kehidupannya mewah dan serba berkecukupan.

Suatu hari Eun Bi terlibat dalam kecelakaan dan kehilangan ingatannya. Ketika terbangun ada orangtua yang memanggilkan Eun Byul dan membawanya ke Seoul. Awalnya ia tak sadar karena ingatannya hilang, tapi lama-lama ia merasa aneh dan berusaha mencari tahu tentang dirinya dan identitas Eun Byul.

Kisah dalam drama ini berfokus pada saudara kembar identik itu tapi memiliki latar belakang dan nasib berbeda. Salah satu hal yang di higlight dalam drama ini adalah penyakit sosial yang dialami remaja di Korea yakni bullying dan pengaruhnya terhadap perkembangan mental seseorang.

8. Dream High 2 (2012)

Kirin High School of Art telah diambil alih oleh Oz Entertainment karena masalah keuangan. Oz Entertainment kemudian memasukkan bintang idolanya mereka ke Kirin untuk menghindari tuntutan belajar yang harus dipenuhi idol yang masih sekolah. Kompetisi kemudian tercipta antara siswa bermasalah di Kirin High School of Art dan KPop idol yang baru dipindahkan oleh Oz Entertainment.

Shin Hae Sung (Kang So Ra) masuk ke Kirin dengan nilai ujian tertulis tinggi, tapi nilai praktek yang buruk. Dia bertemu dengan Jin Yoo Jin (Jinwoon) dan JB (JB), yang membuatnya menyadari betapa menyenangkannya musik. Jin Yoo Jin berakting ketika ia masih kecil tapi berubah menjadi siswa bermasalah dan bermimpi menjadi bintang rock. Dia berusaha menyembuhkan rasa sakitnya yang disebabkan oleh perceraian orang tuanya melalui musik.

Drama semi-musical ini bercerita mengenai usaha sekelompok anak SMA yang berusaha mewujudkan cita-cita mereka di industri musik. Dengan segala tantangan dan masalah yang dihadapi, drama ini juga menyibak kisah idol Kpop yang masih remaja dan harus berjuang untuk bekerja dan menyesuaikan dengan tuntutan sekolah serta masyarakat.

9. Dream High (2011)

Sebelum ada Dream High 2, sebelumnya ada Dream High Season 1 yang dramanya menuai sukses besar di Korea. Nama Kim So Hyun dan Suzy mulai besar berkat drama ini. Dream High Season 1 bercerita 6 siswa di SMA Kirin berbagi mimpi menjadi idola Kpop.

Selama tahun-tahun sekolah mereka, mereka belajar bagaimana mengembangkan keterampilan menyanyi, menulis lagu, dan menari sembari menjalani kehidupan pribadi mereka yang penuh liku. Kisah romantis juga membumbui perjuangan mereka.

Masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing, tetapi mereka berusaha untuk debut sebagai idol Korea dengan dukungan satu sama lain dan bimbingan dari mentor mereka.

Drama Dream High Season 1 mendapat respon positif dari masyarakat Korea dan internasional saat itu. Drama ini mengisahkan dengan cukup realistis tapi menyenangkan perjuangan anak-anak muda di Korea yang berjuang menjadi penyanyi idol ternyata tidak mudah.


Terbit

dalam

oleh

Comments

Leave a Reply