8 Rekomendasi makanan khas Jawa Tengah| tulisIN

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Kalian pecinta kuliner?wajib banget nih cobain makanan khas Jawa Barat

Berikut rekomendasi makanan khas Jawa Tengah yang harus kamu coba

1. Nasi Gandul

Resep Nasi Gandul Khas Pati | Kuliner Legendaris dari Pati yang wajib  kalian coba dirumah - YouTube

Nasi Gandul merupakan makanan tradisional yang berasal dari Pati, Jawa Tengah. Untuk menciptakan cita rasa yang khas, nasi tersebut disajikan dengan menggunakan daun pisang.Jika dibandingkan dengan nasi gandul lainnya, nasi gandul Jawa Tengah Pati ini rasanya yang lebih gurih.Rahasia dari lezatnya Nasi Gandul tersebut ialah ketika nasi dimasak dengan menggunakan daun pandan. Sehingga menimbulkan aroma yang wangi dan sedap untuk menggugah selera makan.

Biasanya, Nasi Gandul akan disiram dengan kuah yang segar dan tambahan lauk seperti daging sapi. Nasi tersebut akan lebih nikmat jika langsung dinikmati di Pati.

2. Soto Kudus

 Resep Soto Kudus yang Menghangatkan - Masak Apa Hari Ini?

Soto Kudus merupakan salah satu kuliner yang sudah terkenal di hampir seluruh nusantara.Nah, yang membuat Soto Kudus unik dan berbeda dari resep soto mie terdapat daging yang digunakan.Jika umumnya soto menggunakan daging sapi atau daging ayam, namun untuk Soto Kudus Kamu akan menemukan soto dengan daging kerbau.

Akan tetapi, buat Kamu yang ingin makan soto dengan daging ayam pun juga tersedia. Ingin mencoba lezatnya Soto Kudus yang satu ini? Kamu bisa langsung datang ke Kota Kudus, Jawa Tengah.

3. Mie Ongklok

Mie Ongklok, Kuliner Khas Wonosobo yang Menggiurkan

Mie Ongklok merupakan makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari Wonosobo. Udara Wonosobo yang dingin membuat Mie Ongklok menjadi lebih nikmat.Kuliner yang satu ini disajikan dengan mie rebus yang diracik bersama kol dan potongan daun kucai.

Yang unik dari kuah Mie Ongklok satu ini ialah teksturnya yang lebih kental karena terbuat dari kanji. Agar lebih lezat, Kamu bisa menikmatinya bersama dengan sate sapi dan tempe kemul khas Wonosobo.

4. Garang Asem

Garang Asem Ayam - Recipe Unilever Food Solutions ID

Garang Asem merupakan makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari beberapa daerah seperti Kudus, Semarang, Pekalongan, Demak dan juga Pati.Makanan lezat dengan bahan dasar daging ayam tersebut dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Sementara itu, rasa dari makanan yang satu ini ialah asam sesuai dengan namanya. Tak hanya asam, Garang Asam ini juga memiliki cita rasa pedas yang akan menggugah selera makan.

5. Nasi Grombyang

Walau Masih Muda, Para Penjaga Gawang Ini Berhasil Mencuri Perhatian Dunia  - Sumber

Pernahkah Kamu mendengar kuliner khas Jawa Tengah yang satu ini? Nasi Grombyang merupakan makanan khas yang berasal dari Pemalang.

Nama dari makanan tersebut ternyata berasal dari cara penyajiannya. Dimana kuah yang disiramkan pada makanan lebih banyak jika dibandingkan dengan isinya sehingga terlihat “grombyang-grombyang”.Nasi Grombyang disajikan pada sebuah mangkuk kecil yang berisi nasi, daging kerbau dan disiram dengan menggunakan kuah yang khas.Tak cukup sampai disitu, Nasi Grombyang juga ditambahkan dengan beberapa tusuk sate kerbau.

6. Brekecek

Resep Brekecek Ikan Kembung oleh Rose Shanty - Cookpad

Brekecek merupakan salah satu kuliner dari Jawa Tengah yang wajib untuk Kamu coba.Makanan yang berasal dari Cilacap tersebut memiliki cita rasa yang tidak biasa dan dijamin akan membuat Kamu nambah.Kuliner  ini juga menyehatkan karena terdiri dari berbagai macam sayuran seperti tauge, rebusan daun bayam dan ketimun. Kemudian disiram dengan menggunakan kuah kacang yang gurih.Brekecek juga cukup mengenyangkan karena adanya tambahan nasi di dalamnya

7. Mangut Beong

Semangat45 | Pedasnya Mangut Beong Khas Magelang Yang Bikin Kamu Ketagihan

Mangut Beong merupakan salah satu makanan khas terbaik dari Jawa Tengah yang bisa Kamu coba.Mangut Beong terbuat dari Ikan Beong yang dimasak dengan bumbu khas sehingga menciptakan rasa yang kaya akan bumbu rempahnya.Meski daging dari Ikan Beong tidak begitu lembut, namun daging ikan yang satu ini tidak mudah hancur.Selain itu, rasanya akan bertambah menjadi semakin lezat setelah dimasak dengan aneka bumbu pilihan.

8. Tempe Mendoan

Resep Tempe Mendoan, Gorengan Setengah Matang yang Nagih - Nusa Daily

Kandungan protein yang cukup baik di dalam tempe membuat makanan tersebut memiliki banyak penggemar.Beberapa daerah di Indonesia pun mengkombinasikan tempe menjadi kuliner yang khas.Salah satunya adalah Tempe Mendoan. Camilan khas ini berasal dari daerah Banyumas dan Purwokerto. Tentunya, Tempe Mendoan akan lebih nikmat jika dinikmati bersama dengan cabai rawit segar atau kecap pedas.Yang unik dari camilan tersebut adalah tempe akan digoreng dengan menggunakan tepung hingga setengah matang. Namun, ada pula yang menggorengnya hingga matang.

Rekomendasi makanan khas Jawa Tengah 

Baca Juga
1. Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras
2. Tuhan Bisa Kendaliin Manusia Ga?

Kesimpulan

Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat.

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 12:27 WIB pada Hari Minggu tanggal 25 April 2021
id.wikipedia.org dibuka pukul 06:27 WIB pada Hari Senin tanggal 26 April 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
judul, sub judul
,


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply