8 Makanan khas Tasik Malaya yang Bikin Ketagihan

8 Makanan khas Tasikmalaya yang Bikin Ketagihan | tulisIN

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

Tasikmalaya merupakan salah satu koto di provinsi Jawa Barat.Tasikmalaya memiliki berabag makanan yang ciri khas dengan rasa yang enak dan unik.

Berikut daftar kuliner Tasikmalaya yang harus kamu coba

1. Nasi Cikur

Resep Nasi Cikur oleh Merie Prayatna Mazrial | Resep | Resep, Resep nasi,  Resep masakan

Makanan khas Tasikmalaya Jawa Barat yang pertama adalah nasi cikur yang dijual di salah satu warung yang berada di pertigaan antara Jalan Panyerutan dan Jalan Tentara Pelajar, Tasikmalaya, Jawa Barat.Nasi cikur ini hanya dijual di tempat ini saja tetapi nasi cikur ini memiliki rasa yang sangat enak dan unik.Kuliner ini juga sangat disukai oleh masyarakat Tasikmalaya karena rasanya yang enak dan harganya terjangkau.

2. Soto Ayam Pataruman

Soto Pataruman, Kuliner Tasik yang Bikin Ketagihan 

Soto pataruman ini merupakan salah satu kuliner yang banyak disukai oleh masyarakat Tasikmalaya. Salah satu penjual soto ayam pataruman yang legendaris adalah Ibu Rina yang telah berjualan sejak tahun 1960-an. Menurut  pembuat soto ini, tidak ada sesuatu yang khusus dalam pembuatan dan penyajiannya, hanya saja konsistensi cita rasa yang khas dari soto ayam pataruman sejak jaman dulu hingga sekaranglah yang menjadi faktor penentu makanan ini menjadi favorit banyak orang.

3. Mie Ayam Laksana

Mie Ayam Laksana Bakso Wonogiri Mas Mul - Kartini - Makanan Delivery Menu |  GrabFood ID

Siapa sih yang gasuka bakso??bakso merupakan makanan yang sangan populer dan banyak disukai orang-orang.Nah,salah satunya mie ayam baksa laksana ini nama warung bakso tersebut dikenal dengan Bakso Laksana yang terletak di Jalan Pemuda Nomor 5, Tasikmalaya. Rasanya sangat khas sedikit berbeda dengan sajian kuliner bakso di daerah maupun tempat lainnya sehingga bakso laksana menjadi terkenal.Karena rasanya yang lezat dan harganya terjangkau yang menjadikan bakso ini populer.

4. Kupat Tahu Tasikmalaya

Wisata Kuliner dan Camilan Khas Tasikmalaya – Garvin Goei

Kupat tahu kuliner yang harus kamu coba,karena Kupat tahu Tasikmalaya biasanya banyak dijual oleh para pedagang kaki lima. Rasanya sedikit berbeda dengan sajian kuliner kupat tahu di daerah lainnya karena menggunakan campuran bumbu yang khas asli dari Tasikmalaya.Cocok banget disajikan dengan kurupuk dan sambal agar rasanya pedas.

 5. Cilik Goang 

Resep Cilok Goang Kering | Enak Kenyal Pedas bikin Ketagihan - YouTube

Siapa  nih pencinta cilok?Makanan khas sunda Tasikmalaya yang satu ini mempunyai rasa pedas dengan tekstur yang kenyal dan gurih saat dimakan. Ditambah dengan bumbu khasnya yang super enak dan sambal goang sebagai siraman kuahnya. Cilok goang sejatinya merupakan sajian cilok atau aci dicolok yang disiram dengan kuah sambal goang sehingga dinamakan dengan cilok goang.

6. Mie Ayam Pelangi

Peluang Bisnis Mie Pelangi Menguntungkan | Portal Bisnis Riau Indonesia |  Berita UKM | Direktori UKM Indonesia | Bisnis UKM Riau | Portal Berita Riau  | Bisnis Riau | Bisnis Pekanbaru |

Yang bertempatan di Jalan HZ Mustofa Nomor 362, kedai mie ayam pelangi ini menyajikan sajian kuliner olahan mie yang unik. Warna warna dari mie ini berasal dari pewarna makanan alami yang berasal dari sayur sayuran ada warna hijau dari bayam, kuning, merah, dan juga warna putih. Satu porsi mie ayam pelangi dijual dengan harga 12 sampai dengan 15 ribu rupiah tergantung dari tambahan bahan apa yang dicampurkan.

7. Es Bojong

Es Bojong - TempatWisataUnik.com

Minuman khas Tasikmalaya ini biasanya disajikan saat berbuka puasa. Es bojong merupakan minuman sirup yang populer. Terbuat dari campuran air sirup dan santan dengan tambahan potongan nangka, nanas, kelapa muda, alpukat, tape ketan, cincau hitam, dan buah durian. Keunikan dari minuman ini adalah dominasi rasa santan yang pekat dan sangat khas, bukan dari rasa susu kental manis karena memang tidak menggunakan susu sebagai bahan campurannya.

8. Citruk

Jual CITRUK LDR Rasa Pedas Gurih - Kota Yogyakarta - Nyam-Nyam | Tokopedia

Citruk merupakan jajanan khas Tasikmalaya sejenis kerupuk yang terbuat dari campuran tepung kanji dan tepung terigu yang dibentuk bundar mirip dengan koin logam. Citruk merupakan singkatan dari aci ngagetruk yang berarti aci atau tepung kanji yang teksturnya agak keras namun rasanya renyah. Citruk biasa dijadikan cemilan orang warga masyarakat Tasikmalaya karena rasanya gurih dan nagih.Karena makanan ini sudah jadul jadi sudah jarang ditemukan.

 

Baca Juga
1. Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras
2. Tuhan Bisa Kendaliin Manusia Ga?

Makanan Khas Tasikmalaya

Kesimpulan

Penjelasan.

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

<< Sebelumnya
Kerja Keras Ga Selalu Hasilkan Beras

Selanjutnya >>
Angkat Tangan Menang Turun Tangan Kalah

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
canva.com dibuka pukul 12:27 WIB pada Hari Minggu tanggal 25 April 2021
id.wikipedia.org dibuka pukul 06:27 WIB pada Hari Senin tanggal 26 April 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN,
judul, sub judul
,


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply