7 Rekomendasi Kegiatan Selama Bulan Ramadhan

Banyak dari kalian beranggapan bahwa di bulan puasa ini harus bermalas-malasan tidak melakukan banyak hal, itu merupakan hal yang salah. Justru di bulan puasa ini kita dapat melakukan banyak aktivitas agar tetap produktif selama berpuasa.

Oleh karena itu saya akan memberikan sedikit rekomendasi kegiatan yang dapat kalian lakukan selama berpuasa.

  1. Mengaji

Mengaji di bulan puasa merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting. Di bulan suci ini sebaiknya kita mengumpulkan banyak amalan, mengaji salah satunya. Selain itu mengaji di bulan puasa juga memiliki pahala yang lebih besar di banding pada bulan biasa.

2. Menonton kajian islami

Daripada menonton film atau anime terus menerus, kalian bisa sesekali menonton kajian islami. Dengan menonton itu kalian dapat menambah wawasan kalian seputar agama islam, kemarin juga saya menonton kajian islami dan saya belajar banyak loh dari situ.

3. Menambah amal dengan bersedekah

Sambil kamu menunggu buka puasa, jika memang memiliki rejeki yang cukup maka lebih baik kamu bersedekah kepada orang orang sekitar atau pengemis di jalanan. Contohnya membagikan takjil, makanan, atau uang untuk fakir miskin.

4. Berolahraga

Siapa disini yang malah berolahraga ketika bulan puasa, nah kawan sebaiknya kamu selingi waktumu dengan berolahraga ringan juga ya, agar aliran darah kamu tetap lancar. Contoh olahraga yang bisa kamu ikuti : Lari, jogging, bersepeda, sit up, push up, dsb.

5. Membaca buku

Kalau kata istilah “Buku adalah jendela dunia” itu benar temen-temen, kalian taukan membaca buku itu manfaatnya banyak sekali. Yuk mulai membaca dari hari ini. Jenis bukunya dapat berupa apa saja baik buku novel atau mungkin buku yang mengisahkan para nabi.

6. Mengikuti pengajian

Kegiatannya hampir sama dengan yang pertama, namun jika ingin lebih spesifik inilah maksudnya. Mengikuti pengajian bersama di sekitar lingkungan kalian bersama para tetangga dan keluarga. Dengan begitu kamu akan mendapatkan pahala dan juga kamu dapat mempererat hubungan dengan tetangga dan keluargamu.

7. Membantu membuatkan makanan buka

Membantu orang tua menyiapkan makanan untuk buka, bisa jadi salah satu hal yang dapat kamu lakukan loh. Dengan begitu ibumu pasti tidak akan terlalu kesulitan, dan kamu sebagai anak yang baik akan mendapatkan pahala, karena telah membantu orang tua.

Membantu menyiapkan takjil, atau sekedar membantu memotong motong bahan makanan sudah membuat amal ibadah mu bertambah.

Oleh karena itu kawan mari bantu orang tua / anggota keluarga lainnya. Dan jangan Jadi anak yang manja.

Sekian rekomendasi kegiatan dari saya, maaf bila ada kesalahan kalimat atau lainnya karena saya juga masi belajar dalam hal ini. Sampai jumpa semoga tips nya bermanfaat.


Terbit

dalam

Comments

Leave a Reply