7 Plugin WordPress Inilah yang Wajib Kamu Install

Memiliki website yang menggunakan WordPress memang memiliki kemudahan dan fleksibilitas tersendiri. Terutama pada versi self – hosted dan berbayarnya, WordPress memang mempersilahkan penggunanya untuk menginstall berbagai plugin. Seperti, plugin keamanan, SEO, optimasi, contact form sampai backup website. Namun, tak jarang banyak pula pengguna WordPress  yang terlalu banyak meng-install plugin, sehingga websitenya lambat. Bahkan, bagi pengguna WordPress yang pemula pun masih bingung plugin mana saja dulu yang harus diinstall agar tidak memperlambat kinerja websitenya. Berikut, Jagoan Hosting akan merangkum 7 plugin wordpress wajib yang harus kamu install apabila websitemu menggunakan WordPress, agar kinerja websitemu efektif.

1. Akismet

Plugin Wajib WordPress

CARA KERJA PLUGIN AKISMET – VIA WORDPRESS.ORG

Pernahkah kita melihat atau menjumpai komentar spam di sebuah website?. Tentu, hal tersebut amat mengesalkan, bukan?. Oleh karena itu, diperlukan sebuah plugin wajib WordPress khusus yang memfilter komentar yang masuk ke website kita. Plugin Akismet inilah yang akan melakukannya untuk website WordPressmu. Setiap komentar yang masuk di postingan kita akan difilter terlebih dahulu oleh Akismet, selanjutnya kita hanya tinggal memilih untuk menampilkannya atau menghapusnya.

2. Yoast SEO

Plugin Wajib WordPress – Jagoanhosting.com

CARA KERJA PLUGIN YOAST SEO – JAGOANHOSTING.COM

Memiliki website yang terdepan di search engine merupakan idaman bagi setiap pemilik website, bukan?. Oleh karena itu, plugin SEO merupakan salah satu jenis plugin wajib WordPress yang wajib kita install. Sebenarnya ada banyak plugin SEO yang beredar di toko aplikasi WordPress. Namun, Yoast SEO menjadi salah satu plugin SEO WordPress yang terpopuler. Yoast SEO memiliki fitur yang powerfull dan user – friendly yang sangat mudah digunakan. Bahkan, bagi kamu yang masih pemula dalam optimasi SEO.

[Simak, 11 Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Mendongkrak Pagerank Websitemu!]

Cloud Hosting NVMe Murah – jagoanhosting.com

3. WP Smush

Plugin Wajib WordPress – jagoanhosting.com

CARA KERJA PLUGIN WP SMUSH – VIA WORDPRESS.ORG

Pernahkah kamu membuka sebuah artikel atau website yang memiliki banyak gambar dan lambat sekali diakses?. Tentu hal tersebut mengesalkan bukan?. Untuk itu, penting sekali bagi kita untuk selalu mengcompress ukuran gambar yang diupload di website kita. Agar, loading website kita dapat tetap cepat ketika diakses, meskipun terdapat banyak gambar didalamnya. Plugin wajib WordPress satu ini akan membantu mengcompress setiap gambar yang diupload di website kita. Sehingga, akan membantu mempercepat loading website kita ketika diakses. Hebatnya, plugin wajib WordPress satu ini dapat mengcompress gambar di website kita hingga 90% tanpa mengubah kualitas gambar itu sendiri.

4. WP Super Cache

Plugin Wajib WordPress – jagoanhosting.com

CARA KERJA PLUGIN WP SUPER CACHE – VIA WORDPRESS.ORG

Untuk semakin mempercepat loading websitemu, WP Super Cache menjadi plugin wajib WordPress selanjutnya yang tak boleh ketinggalan. Plugin satu ini akan melakukan menyimpan cache website WordPress kita secara statis. Sehingga, ketika pengunjung mengakses website kita, mereka bisa arahkan untuk mengakses melalui cache tersebut, agar lebih cepat.

5. Google Drive for WordPress

Plugin Wajib WordPress – jagoanhosting.com

CARA KERJA PLUGIN GOOGLE DRIVE FOR WORDPRESS – VIA WORDPRESS.ORG

Backup menjadi suatu hal yang sangat penting apabila kita memiliki website. Tentu tidak ingin, apabila terjadi kesalahan / error / hilangnya data yang tak terduga, lalu data website kita hilang begitu saja. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu melakukan backup website kita secara real – time. Nah, Google Drive for WordPress inilah yang akan melakukan backup home directory dan database website website WordPress kita secara rutin.

6. Contact Form 7

Plugin Wajib WordPress – jagoanhosting.com

CARA KERJA PLUGIN WP CONTACT FORM – VIA WORDPRESS.ORG

Keberadaan contact form pada halaman website kita tentu sangat penting. Hal ini diperlukan agar pengunjung website dapat mengontak kita secara langsung dengan lebih mudah. Terutama, apabila website kita merupakan website online store, blog atau company profile. Tentu, plugin Contact Form 7 menjadi salah satu plugin wajib WordPress yang harus kamu pertimbangkan. Namun, plugin ini bisa digunakan sesuai kebutuhanmu saja.

7. JetPack

Plugin Wajib WordPress – jagoanhosting.com

CARA KERJA PLUGIN JETPACK – VIA WORDPRESS.ORG

Dengan menginstall plugin JetPack, kita akan mendapat banyak kemuntungan dalam satu plugin. Karena, plugin wajib WordPress ini merupakan plugin bundling yang berisi beberapa plugin didalamnya, antara lain statistik pengunjung, social media share blog subscriber, mobile theme, grammar correction, dll. Cukup komplit, bukan?Cloud Hosting Murah – jagoanhosting.com

Nah, itu dia 7 plugin wajib WordPress yang wajib kamu install untuk website WordPressmu. Pastikan dalam menginstall plugin di WordPressmu sesuai dengan kebutuhan yaa. Agar kinerja website WordPressmu tidak lambat. Apabila kamu memiliki pendapat plugin wajib WordPress lainnya, silakan komen di kolom komentar ya!


Terbit

dalam

oleh

Tags:

Comments

Leave a Reply