6 Jajanan Populer dari Bandung

Terkenal dengan segudang destinasi wisatanya yang menarik, Kota Bandung juga memiliki kekayaan kuliner yang menggugah selera. Bentuknya unik-unik dengan rasa yang menggoyang lidah. Dari sekian banyak kuliner khas Bandung, ada beberapa yang paling enak dan populer. Berikut makanan khas Kota Bandung yang harus kamu cicipi saat liburan ke sana.

1. Seblak

Seblak Poll Pedas | Resep dari Dapur KOBE
http://kbu-cdn.com/dk/wp-content/uploads/seblak-poll-pedas-1.jpg

Belum ke Bandung jika kamu belum mencoba makan seblak. Makanan khas Bandung yang terbuat dari kerupuk basah ini memiliki rasa yang khas karena dibuat dari bumbu rempah dan memiliki isian yang mengenyangkan seperti sayur, daging dan telur. Ada beberapa tempat asyik untuk merasakan seblak, namun salah satu yang layak direkomendasikan adalah Seblak Jebred yang memiliki tambahan ceker di isiannya, plus tahu krispi, sosis dan kikil. Supaya semakin nyam-nyam, naikkan versi pedasnya, ya! Harganya juga cukup ramah di kantong, lho!

Lokasi: nya di Jl. Buah Batu No.163, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat. Harga: Mulai dari 12,000 IDR per porsi, sementara toppingnya dihargai mulai dari 3,000 IDR hingga 4,000 IDR.

2. Surabi

Resep Surabi Topping Telur khas Bandung oleh Ifahani - Cookpad
https://img-global.cpcdn.com/recipes/2ff701d032cfafb7/1200x630cq70/photo.jpg

Surabi menjadi salah satu camilan paling ngehits di Bandung. Beragam rasa, topping dan tampilan yang imut menjadi alasan mengapa jajanan tradisional ini banyak diburu para pendatang dan kaum urban Bandung. Salah satu pioner surabi di Bandung adalah Surabi Cihapit, yang berdiri sejak 1991. Menu yang paling terkenal adalah surabi oncom, namun varian lain juga layak dicoba. Dijamin ketagihan, lho!

Lokasi: Jl. Cihapit, Cihapit, Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: Mulai dari 2,000 IDR per biji

3. Karedok

Karedok Segar Istimewa khas Sunda - Resep | ResepKoki
https://i1.wp.com/resepkoki.id/wp-content/uploads/2017/11/Resep-Karedok.jpg?fit=1920%2C1280&ssl=1

Tertarik mengkonsumsi makanan yang bergizi dan menyehatkan di Bandung, silakan langsung mencoba karedok. Mulai dari bahan, cara pengolahan dan penyajian, semuanya berakhir dengan kesegaran. Untuk menambah rasa, kamu harus meminta diolah dengan tingkat pedas sedikit di atas rata-rata. Salah satu penjual karedok yang cukup favorit di kota Bandung adalah Warung Cihapit Bu Siti. Selain karedok, kamu juga bisa mencoba lotek, pecel dan gado-gado. Dijamin semuanya menyehatkan, lho!

Lokasi: Jl. Cihapit No.6, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per porsi

4. Mie Kocok

Resep Mi Kocok Kaki Sapi Khas Bandung, Pilihan Masakan Idul Adha
https://asset.kompas.com/crops/0HHEV9VEDMb1YJshgbxUVuetBdE=/127×0:1027×600/750×500/data/photo/2019/05/15/2096473540.jpg

Bagi kamu yang tertarik menikmati sajian yang memanjakan lidah, Mie Kocong Mang Dadeng bisa menjadi alternatif yang pas. Rasanya nendang, pun demikian dengan isian di setiap porsi mie kocok yang disajikan. Bukan hal yang mengejutkan karena kabarnya ada bumbu spesial, yang terdiri dari 27 macam bumbu rempah yang menjadikan rasa mie kocok Mang Dadeng begitu ngehits di kalangan pecinta kuliner tradisional. Kaldunya juga cukup berasa, sementara isiannya, seperti mie kuning gepeng, potongan kikil dan sum sum, serta daun seledri dan bawang goreng untuk menambah rasa, membuat kamu ingin terus nambah dan nambah.

Lokasi: Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No. 67, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: Mulai dari 23,000 IDR per porsi

5. Gehu Jeletot

Bagaimana Cara Membuat Tahu Hot Jeletot Paling Enak | Resep MasakanKu
https://img-global.cpcdn.com/recipes/39b801d88e7d6292/751x532cq70/tahu-hot-jeletot-foto-resep-utama.jpg

Bagi pencari rasa pedas, kuliner Gehu Jeletot bisa jadi alternatif yang pas. Camilan baru di kota Bandung ini banyak menjadi buruan karena rasa pedas, gurih dan menyenangkan. Selain taburan sayuran di dalam tahunya, seperti irisan wortel dan sayur kol, ada juga irisan daging sapi untuk menambah cita rasa. Gehu Hot Jeletot menjadi tempat yang tepat bagi kamu yang menginginkan makanan khas Bandung ini. Harganya memang relatif lebih mahal dibanding produk sejenis lainnya di Bandung, namun kualitas rasanya cukup berbeda.

Lokasi: JL. Jupiter Raya, Blok F2 No. 25, Margahayu Barat, Sekejati, Sekejati, Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: 2,000 IDR per buah

6. Pisang Bollen

Bolen Pisang | Tastemade
https://truffle-assets.imgix.net/cf8b0929-bolen-pisang_l_id.jpg

Tidak jarang mereka yang bepergian ke Bandung membawakan oleh-oleh camilan ini untuk sanak keluarga dan sahabat di kampung halaman. Lumrah karena pisang bollen Kartika Sari, tidak hanya enak, tapi juga meninggalkan kesan yang memesona. Sekarang banyak pilihan rasa, mulai dari kacang hijau hingga peuyeum. Kamu suka yang mana?

Lokasi: Jalan Haji Akbar No.4, Pasir Kaliki, Cicendo, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: Mulai dari 47,000 IDR per kotak

Sumber: https://www.tripzilla.id/makanan-khas-bandung/6944

Comments

Leave a Reply