5 Makanan Khas Sunda

1. Nasi Tutug Oncom

Kuliner yang satu ini merupakan sajian yang dimasak dengan oncom bakar atau goreng. Kemudian untuk menu pendampingnya akan dihidangkan bersama lalapan sayur, kerupuk, tempe goreng, ayam  goreng, dan sambal terasi. 

2. Pais

Di Sunda, hidangan yang dibungkus menggunakan daun pisang dikenal dengan sebutan Pais atau Pepes. Ada beberapa jenis pepes yang ada di Sunda, mulai dari pepes ikan asin, jamu, telur asin, daging sapi, dan ikan teri. 

3. Sayur Asem 

Sayur Asem menjadi salah satu kuliner dalam daftar 20 makanan khas Sunda yang sangat populer. Makanan ini dimasak dengan beberapa bahan sayuran, mulai dari labu siam, kacang panjang, nangka muda, melinjo, kacang tanah,  dan belimbing sayur. 

4. Tumis Genjer Oncom 

Karena di Sunda terkenal dengan oncom, maka banyak sekali hidangan olahan dari bahan tersebut. Salah satunya yang bisa Anda nikmati yaitu Tumis Genjer Oncom. Cita rasa khas oncom yang lezat dipadukan genjer dengan tekstur renyah ketika digigit. 

5. Mie Kocok 

Mie kocok juga merupakan hidangan khas Sunda yang menggunakan bahan dasar mie kuning dalam pengolahannya. Makanan ini disajikan dengan irisan kikil, bakso, taburan daun seledri dan toge yang sudah matang.


Terbit

dalam

Tags:

Comments

Leave a Reply