5 Gunung yang Tertinggi di Jawa Barat

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

5 Gunung yang Tertinggi di Jawa Barat

Salam #MasBro #MbakBro
Gunung-gunung di Indonesia menyajikan panorama yang mampu memikat mata dan hati para pendakinya. Mulai dari pendaki pemula hingga yang sudah berpengalaman. ketinggian gunungnyapun bervariasi dan inilah daftar Gunung Tertinggi di Jawa Barat yang wajib diketahui pendaki 

5 Gunung yang Tertinggi di Jawa Barat

1. Gunung Ceremai

Gunung Ciremai
Gunung Ceremai 

Gunung Ceremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 mdpl. Secara administratif, gunung ini berada dalam wilayah Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka serta termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai (TNGC).

Untuk mencapai puncak Gunung Ceremai, ada beberapa jalur yang harus dilewati, yakni lewat Desa Palutungan, Desa Linggarjati dan Desa Linggasana di Kabupaten Kuningan, dan Desa Apuy di Kabupaten Majalengka.

2. Gunung Pangrango

Gunung Pangrango

 

Gunung Pangrango 

Gunung Pangrango merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah Gunung Ceremai dengan ketinggian 3.019 mdpl. Gunung Pangrango terletak persis bersebelahan dengan Gunung Gede dan berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP).

Puncak tertinggi bernama Mandalawangi dan juga merupakan titik pertemuan batas tiga Kabupaten yaitu, Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi. Untuk mencapai puncak, jalur termudah untuk dilalui adalah lewat Cibodas.

3. Gunung Gede

Gunung Gede

 

Gunung Gede 

Gunung Gede merupakan gunung dengan ketinggian 2.958 mdpl yang berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango (TMGP). Gunung ini berada di dua wilayah Kabupaten yaitu, Kabupaten Cianjur dan Sukabumi.

Untuk mencapai lokasi Taman Nasional Gede Pangrango bisa ditempuh melalui rute Jakarta-Bogor-Cibodas dengan waktu sekitar 2,5 jam menggunakan mobil, atau Bandung-Cipanas-Cibodas dengan waktu 2 jam, dan Bogor-Salabintana dengan waktu 2 jam. Untuk mencapai puncak, jalur termudah untuk dilalui adalah lewat Cibodas.

4. Gunung Cikuray

Gunung Cray 

Gunung Cikuray adalah gunung yang terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut. Gunung dengan ketinggian 2.821 mdpl ini tidak mempunyai kawah aktif.

Untuk mencapai Cikuray dapat ditempuh dengan naik kendaraan umum dari Bandung menuju terminal Guntur. Dari sana diteruskan dengan angkutan kota menuju jalur pendakian lewat Desa Dangiang, Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuhmanggung.

5. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan adalah gunung yang terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, dengan ketinggian 2.665 mdpl.

Terdapat beberapa kawah yang terkenal, diantaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

Bagi pengunjung yang menggunakan transportasi umum baik dari Jakarta, Bogor maupun Bandung dan sekitarnya, pengunjung terlebih dahulu harus berangkat menuju Terminal Guntur, Garut dan kemudian melanjutkan perjalanan ke kaki gunung.

Jika menggunakan mobil pribadi, langsung saja menuju ke kaki gunung. Karena tempat parkir lumayan l

Kesimpulan

Jadi sekarang udah mau naik gunung yang mana dulu ?

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

 

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
wartabandungbarat.com dibuka pukul 09.30 WIB pada Hari Kamis tanggal 27 Mei 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN, Gunung, Indonesia, Wisata, Pemula, ciremai, pangrango, gede, cikuray, papandayan, gunung, pesona indonesia, gunung tertinggi, jawa barat, alam indonesia, kekayaan, wisata, tempat, alam, mdpl, 

 

Comments

One response to “5 Gunung yang Tertinggi di Jawa Barat”

  1. diazzhrl Avatar
    diazzhrl

    Wahh bermanfaat banget nih artikelnya, jangan lupa kunjungi website kami juga ya
    https://tulisin.kekitaan.com/kata-kata-bijak-soeharto/

Leave a Reply