5 Gunung Yang Terkenal Mistis di Indonesia

karya penulis tulis
Yuk mulai #hidupdariKARYA

Yuk hidup dari karya, MENULIS SEKARANG↗️

5 Gunung Yang Terkenal Mistis di Indonesia

Salam #MasBro #MbakBro
Gunung-gunung di Indonesia menyajikan panorama yang mampu memikat mata dan hati para pendakinya juga saat ini menjadi tempat wisata Favorit terutama bagi anak muda . Tapi tidak hanya indah ada juga beberapa gunung yang terkenal dengan cerita mistis, dan berikut adalah gunung yang terkenal mistis dan banyak menelan korban yang ada di Indonesia yang sudah tidak asing dipendengaran para pendaki 

5 Gunung Yang Terkenal Mistis di Indonesia

1. Gunung Kerinci, Sumatera

Banyak Menelan Korban Jiwa, Ini 5 Gunung di Indonesia yang Dikenal Mistis (3)
Gunung Kerinci merupakan jalur pendakian yang menjadi incaran para pendaki, karena termasuk tujuh puncak tertinggi di Indonesia. Terletak di wilayah Sumatera, Gunung Kerinci memiliki legenda yang ada sejak turun temurun.
 
Masyarakat sekitar sering menceritakan bahwa ada makhluk astral yang tinggal di sana bernama Uhang Pandak atau Orang Pendek. Cirinya seperti kera dengan bulu yang tumbuh di sekitar tubuhnya.
 
Bahkan, hingga saat ini, masih banyak masyarakat setempat yang tinggal di kawasan Gunung Kerinci yang percaya bahwa Uhang Pandak masih bertempat tinggal di gunung ini. Konon, Uhang Pandak memiliki kaki yang menyerupai kera, tinggi badannya sekitar 80 cm, tangan panjang, tubuh gemuk, mata merah menyala, dan memiliki bulu berwarna abu-abu.
 
Selain misteri mengenai Uhang Pandak, Gunung Kerinci juga menyimpan misteri Naga Raksasa yang sudah melegenda di Pulau Sumatera. Konon, hal ini berkaitan dengan bagaimana danau, serta sungai di kawasan gunung ini terbentuk. Yaitu tentang kisah sepasang saudara kembar yatim piatu bernama Calungga dan Calupat.
 
Sementara itu, jika menuju puncak Gunung Kerinci, kamu akan merasakan hawa lain pada pendakian tersebut. Banyak pendaki yang bersaksi bahwa mereka seperti tersedot ke dalam dunia lain yang menakutkan, bahkan di perjalanan inilah konon katanya banyak pendaki yang menghilang dan tidak ditemukan jasadnya sama sekali.
 

2. Gunung Salak, Bogor

Banyak Menelan Korban Jiwa, Ini 5 Gunung di Indonesia yang Dikenal Mistis (1)
Gunung Salak telah lama dikabarkan sebagai kawasan yang mistis. Gunung yang berada di antara Bogor dan Sukabumi itu bahkan menjadi lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet-100 yang menewaskan 45 orang pada 2012 silam.
 
Namun, jauh sebelumnya, kesan angker sudah lama menempel pada Gunung Salak. Apa yang membuat warga setempat beranggapan demikian?
 
Gunung Salak disebut sebagai kabuyutan oleh penduduk sekitar. Dalam kepercayaan Sunda, gunung dengan ketinggian 2.211 mdpl itu dianggap sebagai lokasi turun dan bersemayamnya para batara dari kahyangan.
 
Tak hanya itu, Gunung Salak juga diyakini sebagai gunung yang suci. Sebab, di sanalah Prabu Siliwangi atau Sri Baduga Maharaja terakhir terlihat. Sebagai informasi, Prabu Siliwangi adalah raja dari Kerajaan Sunda Galuh yang pernah berjaya.
 
Anggapan mistis Gunung Salak juga didukung dengan kabar bahwa banyak pendaki yang tersesat, bahkan hilang di sana. Hal itu dapat dinalar karena jalur pendakian di Salak cukup banyak, yakni jalur Wana Wisata Cangkuang, Wana Wisata Curug Pilung, Cimelati, Pasir Rengit, dan Ciawi.
 
Jalur-jalur pendakian itu kerap bersimpangan, sehingga membingungkan para pendaki. Bahkan setelah berhasil ditemukan, biasanya pendaki itu pulang membawa kisah-kisah horor yang dialaminya selama mendaki Gunung Salak.
 

3. Gunung Lawu

Banyak Menelan Korban Jiwa, Ini 5 Gunung di Indonesia yang Dikenal Mistis (7)
Gunung Lawu juga memiliki banyak cerita mistis yang bikin merinding. Gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini dikenal memiliki pasar setan.
Kabarnya, banyak pendaki yang mendengar suara riuh layaknya di pasar. Jangan sampai kamu tersesat di sini ya, karena pulang-pulang bisa tinggal nama saja.
Selain itu, ada juga Bulak Peperangan, tempat sebelum puncak di mana sering terdengar suara gaduh seperti sedang terjadi pertempuran. Lebih lanjut, Gunung Lawu juga memiliki banyak makam para raja zaman dulu. Karenanya, ada banyak pantangan saat melakukan pendakian di sini, seperti larangan bicara sembarangan, memakai pakaian warna hijau, dan mendaki dengan jumlah ganjil.
 

4. Gunung Rinjani

Banyak Menelan Korban Jiwa, Ini 5 Gunung di Indonesia yang Dikenal Mistis (5)
Gunung yang satu ini memang menjadi incaran para pendaki. Gunung Rinjani memiliki trek yang menantang dan puncaknya yang luar biasa menantang. Dibalik keindahannya, Gunung Rinjani menyimpan berbagai misteri.
 
Cerita mistis yang menyelimuti pendakian Gunung Rinjani berkaitan dengan mitos keberadaan Dewi Anjani yang bersemayam di sana. Masyarakat setempat mempercayai bahwa Gunung Rinjani adalah tempat bersemayam Dewi Anjani, Ratu Jin penguasa.
 
Di sekitar kawah bernama Segara Muncar, penduduk mempercayai bahwa istana sang Ratu dapat terlihat secara kasat mata pada saat-saat tertentu. Menurut masyarakat setempat, Dewi Anjani adalah seorang putri raja yang tak diizinkan ayahnya menikah dengan pria pilihannya.
 
Karena itu, Dewi Anjani menghilang di mata air yang bernama Mandala. Setelah itu, Dewi Anjani dikenal sebagai penguasa dunia gaib Gunung Rinjani.

5. Gunung Semeru

Banyak Menelan Korban Jiwa, Ini 5 Gunung di Indonesia yang Dikenal Mistis (4)
Gunung Semeru dijuluki kerajaan jin, karena puncak gunungnya dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para dewa. Namun di sepanjang perjalanan menuju puncak kalian akan melewati kawasan Kelik.
 
Kawasan Kelik merupakan kawasan di mana banyak terdapat batu in memoriam sebagai penanda ada pendaki yang meninggal di gunung tersebut, entah jasadnya sudah ditemukan atau belum.
 
Namun, daerah ini terkenal dengan kejadian-kejadian anehnya, seperti pendaki yang terjatuh, tersesat, bahkan hilang. Dan yang lebih menakutkan lagi, banyak pendaki mengalami kesurupan di daerah ini. Biasanya kesurupan dialami pendaki menyerupai berbagai makhluk dan juga binatang.
 
Ada lagi misteri mengenai hantu perempuan di Ranu Kumbolo, jika merujuk cerita yang beredar, maka hantu perempuan ini akan muncul pada bulan purnama dan ditandai dengan munculnya kepulan asap menyelimuti Ranu Kumbolo. Hantu perempuan ini berwujud perempuan muda cantik memakai kebaya berwarna kuning.
 
 
 

Kesimpulan

Jadi sekarang udah mau naik gunung  ?

Gimana menurut #MasBro #MbakBro?
Masih ada pertanyaan?
Silahkan tanya di komentar ya.

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

 

Suka menulis?
Silahkan daftar untuk mulai menulis.
Mari #HIDUPdariKARYA
Mau tanya? klik kekitaan.com/mauNULIS

Terimakasih
kumparan.com dibuka pukul 07.00 WIB pada Hari Rabu tanggal 2 Juni 2021

Kata kunci lain yang sering dicari…
tulisIN, Gunung, Indonesia, Wisata, Pemula,gunung, pesona indonesia, gunung tertinggi, alam indonesia, kekayaan, wisata, tempat, alam, mdpl, keindahan alam, terkenal, gunung terkenal, gunung hits, pendaki, nanjak, gunung mistis, seram, misteri, horor, 

 

Comments

Leave a Reply