3 Langkah Menggunakan Wattpad untuk Pemula

3 Langkah Menggunakan Wattpad untuk Pemula

Lalu bagaimana dengan penulis dan pembaca pemula yang baru akan mendaftar di Wattpad? Karena banyaknya tips dan kategori yang harus dijelajahi, mungkin akan cukup sulit bagi mereka untuk menggunakan dan memanfaatkan fitur-fitur Wattpad.
Berikut adalah tiga cara menggunakan Wattpad untuk pemula seperti dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Cara Membaca di Wattpad

Kalian akan melihat formulir untuk mendaftar. Kalian bisa mendaftar dengan menghubungkan akun Facebook dan Google atau dengan memasukkan email.

Setelah terdaftar, di halaman utama Wattpad kalian akan dihadapkan dengan tiga menu utama yaitu Discover, Create, dan Community. Untuk mencari buku yang ingin dibaca kalian bisa pilih opsi Discovery.

Di search bar yang ada, kalian bisa masukkan judul atau kata kunci yang diinginkan misalnya romance, action, adventure dan sebagainya. Setelah menemukan cerita atau kover yang menurut kalian menarik, kalian bisa klik cerita yang dimaksud untuk membaca sinopsisnya.

  1. Cara Menulis di Wattpad

Untuk memulai menulis di Wattpad caranya tidak sulit. Kalian bisa memilih menu Create yang berada di halaman utama. Setelah itu pilih opsi “Create new story” untuk menulis cerita baru atau opsi “Edit another story” untuk mengedit cerita yang sedang ditulis.

Tulis cerita kalian. Jika kalian masih kesulitan untuk melakukan bagian ini, ada banyak penulis di Wattpad yang membagikan tips dan cara menulis yang bisa dibaca. Jangan lupa pilih kategori genre yang sesuai dengan tulisan kalian agar mudah ditemukan pembaca.

Setelah lelah menulis, simpan tulisan kalian dengan klik tombol Save. Tulisan yang sudah disimpan nantinya bisa kalian edit lagi. Jika sudah puas, kalian bisa menerbitkan tulisan kalian agar bisa dibaca oleh publik dengan klik tombol Publish.

  1. Berinteraksi dengan Komunitas

Wattpad memiliki komunitas pembaca dan penulis yang sangat aktif. Dengan bergabung di komunitas ini, kalian bisa mendiskusikan cerita yang sedang kalian baca dengan pembaca lain atau memberi feedback kepada penulis favorit kalian.

Selain itu kalian juga bisa menemukan banyak thread, mulai dari yang sifatnya umum hingga sangat spesifik. Untuk mendukung penulis favorit, kalian juga bisa voting cerita favorit kalian dengan klik tombol vote.


Terbit

dalam

,

Tags:

Comments

Leave a Reply