27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun : #TempatWisataKita75

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar blog.reservasi.com
Sumber Gambar blog.reservasi.com

Apa Aja Tempat Wisata Indonesia yang Dianjurkan Buat Liburan Akhir Tahun?

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

uUdah atur rencana liburan akhir tahun keman?

Mendekati perayaan pergantian tahun uda pada tau ga tempat yang asik buat menghabiskan pergantian tahun?

Pasti masih beberapa dari Mas Bro dan Mbak Bro yang bingung kan? Jangan khawatir, kita bakalan kasih informasi lengkap buat Mas Bro dan Mbak Bro nih. Biar ga bingung lagi, untuk masalah biaya yang harus disiapkan bakalan dikasih tau juga nih. Penasaran?

Berikut 27 tempat wisata Indonesia yang wajib dikunjungi saat liburan akhir tahun.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar jalansanasini.com
Sumber Gambar jalansanasini.com

1.Jakarta

Kalo kita berkunjung ke Jakarta saat menjelang tahun baru. Akan sangat mudah menemukan tempat untuk menghabiskan malam tahun baru. Di Jakarta tempat yang paling ikonik adalah bundaran HI. Saat menjelang malam tahun baru, jalan Thamrin – Sudirman akan dijadikan kawasan bebas kendaraan. Ditempat inilah ratusan warga bisa memadati jantung ibukota.

Baca Juga
1. 4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara

2. 27 Tempat Wisata Paling Indah di Indonesia

Para warga memadati tempat itu untuk melihat pesta kembang api. Selain itu kita juga bisa mengunjungi kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Tempat ini biasa dijadikan pusat perayaan tahun baru oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Biasanya kemeriahan dalam menyambut tahun sudah dirasakan sejak sore. Dimulai dari parade kostum dan budaya dari Bundaran Pantai Timur sampe ke Pantai Lagoon.

Saat malam menjelang, musisi, band sampe penyanyi dangdut mulai meramaikan panggung Pantai Carnaval. Saat waktu menunjukan pukul 00.00, kita akan menyaksikan pesta kembang api. Kembang api ini biasanya yang ditembakkan dari tengah laut loh. Pesta kembang api akan berlangsung selama 15 menit serta diiringi  musik.

Kalo pengen menghabiskan malam tahun baru di Ancol. Kita perlu siapkan budget  Rp. 20.000 untuk tiket masuk. Serta  biaya tiket parkir Rp. 15.000 untuk motor serta Rp. 20.000 untuk mobil. Ato kita menggunakan TransJakarta, karna pada tahun baru TransJakarta akan beroperasi 24 jam.

Kita juga bisa menempati hotel-hotel di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol.  Ato hotel di sekitar daerah Mangga Dua, Gunung Sahari, Kemayoran. Kita juga bisa menikmati pesta kembang api di beberapa mal-mal Jakarta. Dua mal paling rutin menggelar pesta kembang api adalah Central Park Mall Jakarta serta La Piazza – Summarecon Mal Kelapa Gading.

Kalo pengen menikmati suasana malam baru yang unik dan beda. Kita wajib  mengunjung   Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Karna kita akan disuguhi pertunjukan wayang kulit di Panggung Candi Bentar. Bahkan kita bisa menikmati pertunjukan campur sari. Serta menikmati alunan musik gambang kromong.  Tiket masuknya juga murah banget nih yaitu 10.000. Serta biaya parkir mobil sebesar Rp. 10.000 dan motor sebesar Rp. 6.000.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar blog.reservasi.com
Sumber Gambar blog.reservasi.com

2.Kepulaun Seribu

Kalo kita pengen menikmati malam tahun baru bersama dengan keluarga, sahabat, ato orang yang kita sayangi.  Kita bisa mencoba menghabiskan malam tahun baru di kepulauan seribu.  Tapi budget yang harus disiapkan jauh lebih banyak dari tempat-tempat yang disebutkan diatas. Karna kita harus menyiapkan dana sebesar 900.000 sampe Rp. 3.000.000. Dengan biaya transportasi kesana mulai dari Rp. 42.000 sampe Rp. 52.000.

Disana kita bisa menginap selama 2 hari 1 malam ato 3 hari 2 malam. Kita bisa memilih  pulau-pulau indah untuk menghabiskan malam tahun baru. Seperti di Pulau Bidadari, Pulau Pantara, Pulau Putri, Pulau Pari ato Pulau Tidung. Kita bisa menghabiskan malam tahun baru dengan barbeque dan bermain kembang api. Kita juga bisa kok snorkeling ato naik glass bottom boat untuk merayakan hari pertama di tahun yang baru.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar balihellotravel.com
Sumber Gambar balihellotravel.com

3.Bali

Kalo pengen menghabiskan malam tahun baru di bali kita bisa punya pantai dreamland. Pantai ini merupakan salah satu pantai indah di Bali selain pantai Kuta yang terkenal. Pantai ini ternyata berada ga jauh dari daerah Uluwatu loh. Keindahan serta kebersihan pantai ini menambah daya tarik wisatawan berdatangan.

Jika kesana kalian wajib menyicipin lawar dan sate lilit. Lawar seharga Rp. 10.000-15.000 merupakan campuran sayur-sayuran dan daging cincang dibumbui dengan bumbu khas Bali. Serta sate lilit yang dagingnya dicincang halus dan dicampur dengan bumbu Bali. Lalu di lilitkan di batang daun serai ato tangkai bambu. Seporsi sate ini kita cuma perlu mengeluarkan biaya sebesar 15.000 loh.

Tapi jika kamu cuma  pengen  nonton kembang api aja, kalian bisa mengunjungi pantai Kuta, Seminyak ato Pantai Jimbaran. Karna ditempat inilah kita bisa menyaksikan perayaan kembang api.  Untuk biaya kesana kita perlu memesan. Kalo kita kesana kita harus menyiapkan budget mulai dari Rp.4.000.000an.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar blog.reservasi.com
Sumber Gambar blog.reservasi.com

4.Yogyakarta

Kalo kita pengen berkunjung ke Yogyakarta untuk menghabiskan malam tahun baru. Kita bisa menikmati pesta kembang api di Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta.  Tempatnya yang besar serta aksesnya pun dekat dengan  jalan Malioboro.

Kita bisa menikmati pergantian tahun baru dengan sederhana tapi berkesan. Kita bisa melewati malam tahun baru bersama keluarga ato sahabat dengan duduk lesehan di angkringan. Sambil menyantap  sego kucing ato wedang ronde yang bikin badan kita menjadi hangat.

Ato kalian bisa menghabiskan malam pergantian tahun di kaliurang. Kawasan ini emang biasa dijadikan tempat liburan akhir tahun. Banyak orang menyewa villa dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Dan melakukan acara barbeque sambil menunggu detik-detik pergantian tahun.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar blog.reservasi.com
Sumber Gambar blog.reservasi.com

5. Bandung

Kalo kita pengen menghabiskan waktu tahun baru di bandung, kita wajib mengunjungi kawasan dago. Kawasan ini sangat ramai saat malam menjelang pergantian tahun.  Seperti di Jakarta, kawasan dago juga memberlakukan car free night. Sehingga membuat suasana disana menjadi lebih seru tanpa kendaraan roda empat ato dua.

Selain itu kita juga bisa berkunjung ke Bukit Bintang. Bukit ini sangat terkenal di kalangan muda-mudi karna pemandangannya yang indah saat malam hari. Di malam tahun baru didaerah bukit akan menjadi sangat indah. Karna bukit itu akan dipenuhi kembang api serta bertabur bintang.

Lokasinya yang ga jauh dari pusat kota membuat banyak orang berkunjung ke bukit ini. Harga tiket masuk masuknya pun murah karna kita hanya perlu mengeluarkan kurang dari Rp. 5.000.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar seputarsemarang.com
Sumber Gambar seputarsemarang.com

6.Pantai Marina

Pantai Marina merupakan tempat wisata yang dianjurkan kalo lagi di Jawa Tengah, Semarang.  Pantai ini punya daya tarik panoramanya yang asri serta teduh. Apalagi kalo menjelang tahun baru, pantai ini menjadi sasaran wisatawan. Pantai yang awalnya cuma hutan bakau serta tambak ini. Diubah pemerintah mmenjadi tempat rekreasi yang wajib kita kunjungi.  Kalo pengen kesana kita membutuhkan butuh waktu 20 sampe 30 menit dari pusat kota.

Pantai ini juga dibuka selama 24 loh, jadi kita bisa kesana kapan saja. Pantai di Jawa Tengah ini menawarkan banyak aktivitas, seperti memancing ato berkeliling menggunakan perahu. Disana juga mereka menawarkan persewaan mobil balap. Sehingga kita bisa bersantai menikmati debur ombak sambil menunggu pergantian tahun.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar blog.reservasi.com
Sumber Gambar blog.reservasi.com

7.Semarang

Kalo Mas Bro dan Mbak  Bro pengen menghabiskan malam tahun baru di Semarang. Bisa nih kita berkunjung ke titik nol  Kota Semarang. Tempat ini  menjadi titik perayaan tahun baru yang dimeriahkan dengan artis lokal.  Untuk acara puncaknya akan diisi oleh band papan atas dalam mengawali menit-menit menjelang countdown. Setelah itu dimeriahkan dengan  pesta kembang api.  Dan tepat  pukul 00.00 WIB  suara­­ sorak-sorai serta riuh terompet pun serentak meramaikan malam tahun baru.

Hotel di Semarang juga banyak menawarkan paket promo tahun baru dengan berbagai penawaran menarik. Seperti pool party, acara musik, bahkan pertunjukan sulap yang dibarengi ramalan peruntungan di tahun baru.

Temanya  pun  unik-unik seperti bajak laut, tema sirkus dengan pernak-pernik karnaval. Bahkan para pegawai hotel pun menggunakan kostum-kostum sesuai tema. Kita juga bisa menghadiri Forbidden Party di Club 123 dengan berusia diatas 18 tahun. Sedangkan  di Taman Budaya Raden Saleh sering  menggelar Wayang Kulit, Dance Competition, Pertunjukan Musik, serta Musikalisasi Puisi.

Selain itu sering diadakan  prosesi Purna Buka Warsa. Yang merupakan ritual tutup tahun serta buka tahun.  Acara  ini  merupakan  doa masyarakat  bagi  kesejahteraan Kota Semarang di tahun baru.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id
Sumber Gambar skyscanner.co.id

8.Gili Trawangan

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro pengen menikmati malam pergantian tahun di tempat yang istimewa. Kita bisa mencoba berkunjung ke Gili Trawangan.  Pulau ini sangat terkenal hingga ke mancanegara loh. Pulau ini juga mendapat julukan party island.

Pulau dengan panjang sekitar 3 km dan lebar 2 km. Gili Trawangan punya populasi sebanyak 800 jiwa. Disana ada 2 pilihan alat transportasi untuk mengelilingi Gili Trawangan. Yaitu dengan sepeda ato cidomo. Tarif sewa sepeda per harinya adalah Rp. 50.000 sampe Rp. 75.000. Sedangkan biaya sewa cidomo, berkisar antara 75.000 sampe 100.000. Cidomo sendiri bisa memuat hingga 6 orang.

Pada malam pergantian tahun baru tempat ini akan mempesona dan  berubah menjadi spot pesta. Yang akan menawarkan berbagai kemeriahan serta keseruan. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara  berbondong-bondong datang ke pulau ini. Keramaian serta keseruan ini ga terlepas dari berbagai acara pesta di  kelab-kelab malam.  Untuk masalah perut kita ga perlu khawatir. Karna di sepanjang jalan (Sentral) dari ujung utara sampe ujung selatan banyak kafe. Tapi kebanyakan dari mereka menyajikan makanan barat. Cuma sedikit kafe yang menyajikan makanan Indonesia ato makanan khas Lombok. Harga makanannya pun mulai dari Rp. 30.000 sampe Rp. 75.000 per porsi. Tapi kita juga bisa kok menemukan makanan dengan harga Rp. 10.000an. Sedangkan biaya untuk  paket snorkeling rata-rata adalah Rp. 120.000 dengan jadwal berangkat jam 10.30 WITA sampe  jam 15.00 WITA.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar Bp.blogspot.com
Sumber Gambar Bp.blogspot.com

9.Kepulauan Raja Ampat

Kalo kita punya budget berlebih dalam menghadapi pergantian tahun baru. Kita bisa nih berkunjung ke raja ampat. Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang terletak di barat pulau Papua. Raja Ampat menjadi tujuan utama bagi para penyelam. Karna keindahan bawah laut yang ditawarkan Raja Ampat memang benar-benar keren banget. Selain itu kita juga bisa menyaksikan pesta rakyat di tepi pantai loh.

Kalo soal makanan khas di Raja Ampat tergolong cukup ekstrim nih.  Masakan khas Raja Ampat adalah cacing laut goreng  dan sate ulat sagu. Makanan berbahan dasar cacing laut yang digoreng sampai kering menjadi keripik. Sedangkan sate ulat sagu ini berbahan dasar ulat sagu.  Rasa asin dan gurih yang keras menjadi ciri khas dari ulat sagu ini. Tapi kita juga harus mencicipi papeda dan kuah ikan kuning.

Untuk masalah biaya kita perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 6.000.000. Dengan catatan harga tiket pesawat pulang-pergi Rp. 3.000.000 dan hanya berkunjung ke satu tempat wisata aja. Sedang biro perjalanan menawarkan paket wisata yang beragam mulai dari Rp. 3.000.000 dengan beranggotakan minimal 14 orang.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id
Sumber Gambar skyscanner.co.id

10.Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi merupakan nama dari pulau besar yang ada di area Sulawesi Tenggara. Yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Untuk pergi kesana kita bisa terbang ke Bau-bau. Warga Wakatobi datang dari berbagai pelosok memenuhi jalan Lapangan Merdeka Wangiwangi. Mereka mengawali acara dengan doa tolak serta doa selamat dipimpin seorang tokoh adat Wakatobi.

Selesai pembacaan doa akan dilanjutkan hiburan yang dengan musik tradisional asal Binongko. Yaitu musik Gumbang yang dimainkan putra-putri asal Binongko. Alat musik ini dibuat dari Gumbang dan dipukul dengan pemukul sandal jepit. Kita juga bisa menggunakan alternatif transportasi laut seperti kapal cepat dari Makassar ato Kendari menuju Wangi Wangi.

Untuk anggaran transportasi laut kita perlu mengeluarkan sebanyak Rp. 850.000 sampe Rp. 1,7 juta. Sedangkan biaya untuk pesawat berkisar Rp. 2.500.000-3.500.000. Sesampainya di Wangi Wangi, kita perlu mencari sewa kapal dan peralatan snorkeling, diving. serta free dive. Ato kita bisa menggunakan paket dari PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero). Paket liburan ini biasanya berlangsung selama 5 hari 4 malam. Mulai dari fasilitas penginapan di Baubau, angkutan dan akomodasi di kapal. Dan yang paling penting adalah snorkeling dan diving di Pulau Hoga, Tomia, dan Wangi Wangi. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 1,57 juta sampe Rp. 2,85 juta.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar skyscanner.co.id
Sumber Gambar skyscanner.co.id

11. Halmahera, Maluku Utara

Halmahera bisa juga nih dijadikan tempat untuk menghabiskan malam tahun baru. Tempat ini juga relatif lebih sepi dari tempat diving lainnya. Karna transportasi disana cukup jarang. Dan satu-satunya penghubung adalah Trans Halmahera. Karna jalurnya yang berkelok-berkelok sehingga cuma bisa dilalui 2 mobil aja.

Transportasi yang paling banyak digunakan oto. Oto disana biasanya mobil bermerk seperti  Avanza, Innova, Jazz, bahkan Yaris keluaran terbaru. Kita perlu mengeluarkan biaya Rp. 25.000 sampe Rp. 30.000 per orang. Tapi kalo pengen ke Tobelo di Halmahera Utara. Kalian perlu membayar sebesar Rp. 75.000 sampe Rp. 100.000 ribu dengan waktu 4 jam perjalanan.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

12. Manado

Saat tahun baru kita juga bisa nih mengunjungi kota Manado. Setiap akhir tahun, masyarakat disana secara sukarela menyulutkan kembang api. Rasa kekeluargaan masyarakat Manado  sangat erat seihingga membuat suasana tahun baru terasa lebih hangat. Bahkan mungkin aja kita diundang untuk open house beberapa warga.

Bonusnya lagi, kamu juga bisa mampir ke pantai-pantai indah di pulau Manado. Kalo sempat kita wajib nih berkunjung ke wisata air Bunakennya. Wisata ini sudah terkenal hingga dunia Internasional. Untuk kuliner khas manado memiliki ciri khas berbumbu pedas loh. Penggemar makanan khas dari kota ini juga digemari hingga ke mancanegara.

Kota manado juga terkenal dengan berbagai olahan seafood. Jadi jangan lupa mencicipi olahan sefoodnya juga ya Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id
Sumber Gambar skyscanner.co.id

13. Togean, Sulawesi Tengah

Kalo pengen mengunjungi sulawesi tengah saat liburan akhir tahun. Kita bisa nih mampir ke Togean. Banyak juga loh wisatawan mancanegara yang mengunjungi Taman Nasional Kepulauan Togean ini. Padahal lokasi taman terbilang cukup sulit loh. Kita bisa mencapai Togean dengan dua rute alternatif. Yaitu melalui Gorontalo ato melalui Palu.

Dari Bandara Jalaluddin Gorontalo kita bisa melanjutkan perjalanan dengan kapal feri Tuna Tomini ke Wakai, Togean. Selain itu dari Gorontalo, kita juga bisa melewati Bumbulan Paguat di Kabupaten Gorontalo selama sekitar 3 jam.  Terdapat resort mewah hingga homestay sederhana yang bisa kita temui disana. Untuk tarif homestay paling murah mulai dari Rp. 200.000 per malam.

Fasilitas yang ditawari sudah termasuk kamar mandi dalam serta makan 3 kali sehari. Sedangkan untuk biaya sewa perahu cukup bervariasi. Harga perahu berkapasitas 8 orang memiliki harga Rp 550.000 per harinya. Rutenya melewati Pulau Kadidiri, Katupat, Malenge, dan Waleakodi. Tapi kalo pengen melihat gunung api di Togean kitabisa memperpanjang rute dengan tambahan biaya Rp. 200.000.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar malang123.com
Sumber Gambar malang123.com

14.Gunung Bromo

Tahun baru di Gunung Bromo selalu menarik wisatawan setiap tahunnya. Yang menarik wisatawan adalah sensasi mendaki gunung dan suhu yang dingin.  Akan membuat moment tahun baru kita menjadi terasa berbeda. Saat menjelang pagi kita bisa menikmati sunrise yang sangat indah. Kita juga bisa melihat kawah dari jarak dekat. Tapi jangan lupa bawa perbekalan lengkap ya Mas Bro dan Mbak Bro.

Kalo kita pengen ke Bromo kita bisa terbang langsung ke Malang. Lalu kita bisa menuju ke Bromo melalui jalur darat. Paket perjalanan untuk ke Bromo juga sudah semakin banyak loh. Jadi kita ga perlu ribet untuk mencari penginapan dan jeep.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar i.ytimg.com
Sumber Gambar i.ytimg.com

15.Malang

Kalo kita berkesempatan berkunjung ke kota malang saat tahun baru. Kita wajib nih mengunjungi Alun-Alun Kota Batu ketika malam hari tiba. Karna pada malam tahun baru tempat itu akan dipadati orang-orang. Setiap tahun pasti ada panggung konser musik dalam menyambut tahun baru.

Konser ini pasti menghadirkan artis ibukota untuk menghibur baik masyarakat maupun wisatawan. Selain itu kita bisa main ke Bromo ato ke Museum Angkut Malang yang lagi ngehits.  Ato kita bisa juga berkeliling untuk nyicicipin kulinernya. Jangan lupa buat nyobain bakso bakar Cak Man yang legendaris itu.

Alternatifnya, kita bisa main ke Kota Batu yangterkenal dengan sebagai kota Apel. Kota ini berlokasi sekitar satu jam perjalanan dari Malang. Disana kita bisa ke Jatim Park II, Batu Night Spectacular, dan Batu Secret Zoo.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar boomee.com
Sumber Gambar boomee.com

16.Surabaya

Ga ada salahnya juga nih kalo tahun baruan di Surabaya. Kota ini punya banyak acara tahun baru yang seru-seru banget. Tempat di kota ini yang perlu dikunjungi saat tahun baru adalah sepanjang jalan Tunjungan. Tempat itu biasanya mengadakan Car Free Night.  Dan dimeriahkan dengan pentas, kuliner, serta pameran kreasi hasil anak muda.

Ga cuma itu saja, Surabaya juga terkenal dengan Taman Bungkunya loh. Taman ini disebut-sebut sebagai salah satu taman terindah seIndonesia.  Lalu ada Jembatan SURAMADU (Surabaya – Madura), yang menjadi ikon terkenal dari kota ini.  Untuk makanan khas kita wajib mencicipi rujak cingur khas Surabaya. Kita bisa menggunakan jalur darat yaitu kereta api dan bus kalo pengen mengunjungi kota ini.

Kita harus menyiapkan biaya mulai dariRp.  75.000 untuk tiket kereta. Dan biaya mulai dari 250.000 untuk harga tiket bus.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar malang123.com
Sumber Gambar malang123.com

17.Pantai Balekambang

Jika kita suka bermalam di luar rumah dan pengen merasakan tahun baru dengan suasana berbeda. Pantai Balekambang sangat cocok untuk menjadi tujuan berlibur. Hiburan yang bisa kita nikmati diantaranya adalah kembang api di tepi pantai. Dentuman sound sistem dari berbagai kelompok yang meramaikan tahun baru sepanjang malam.

Untuk makanan serta penginapan emang disediakan disini. Tapi karna terbatas jadi jangan lupa booking jauh-jauh hari ya sebelum tahun baru.  Kalo ga kita bisa membawa tenda sendiri kok.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar skyscanner.co.id
Sumber Gambar skyscanner.co.id

18. Bangka Belitung

Ga semua dari Mas Bro dan Mbak Bro yang menginginkan libur tahun baru serba meriah kan? Kita bisa kok menikmati suasana Bangka Belitung saat tahun baru. Kita bisa menikmati pantai-pantai yang ada di Bangka Belitung.

Walaupun demikian Bangka Belitung punya banyak acara seru loh saat malam pergantian tahun. Kita bisa kok menikmati meriahnya pesta kembang api di kota ini. Selain itu acaranya juga akan diiringi dengan live music di beberapa tempat. Seperti di Kawasan Wisata Pantai Tanjung Pendam, Gedung Nasional. Serta beberapa hotel-hotel untuk wisatawan loh.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar esokharinanti.com
Sumber Gambar esokharinanti.com

19.Gunung Banyak

Bagi kita yang pengen merayakan pergantian tahun baru bernuansa pegunungan. Tempat ini akan cocok untuk kita coba. Pada malam tahun baru banyak kok wisatawan dan masyarakat mendatangi Gunung Banyak. Kita bisa meliat langsung lautan pemandangan kerlap-kerlip lampu di Kota Batu saat malam hari.

Sensasi ketika kita berada di puncak Gunung. Ditemani angin kencang serta suhu dingin akan menemani kita. Selain itu kita bisa menikmati kembang api yang muncul ditiap sudut kota Batu. Tapi kalo hujan turun, kabut asap akkan turun lebih rendah dari puncak Gunung Banyak. Sehingga akan menghalangi pandangan dari puncak.

27 Kota Terbesar di Indonesias - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

20. Makassar

Sebagai Centerpoint Of Indonesia, makassar bisa nih dijadikan tujuan liburan akhir tahun. Salah satu ikon di kota ini adalah wisata pantai losari. Karna di pantai losari kita bisa melihat pertunjukan kembang api yang sangat meriah. Tapi kalo pengen merayakan tahun baru dengan suasana tenang, kita bisa ke kota bunga malino.

Kalo kesana jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Makassar. Contohnya seperti Coto Makassar, Roti Maros, Jalangkote, Bassang, Kue Tori, Palubutung, Pisang Ijo, Sop Saudara dan Sop Konro. Bahkan makanan ini bisa kita temui di kota kita masing-masing saking terkenalnya. Kalo pengen kesana ita harus menyiapkan biaya mulai dari Rp. 459.000 untuk harga tiketnya.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar tribunnews.com
Sumber Gambar tribunnews.com

21.Bandar Lampung

Bandar lampung juga bisa dijadiin destinasi menghabiskan liburan Tahun Baru. Jaraknya ga jauh dari Ibu Kota serta punya banyak pilihan wisata. Kita bisa berkunjung ke Pantai Pasir Putih. Objek wisata ini berjarak 20 menit dari pusat kota. Pantainya punya pasir putih bersih serta laut biru sangat bagus banget deh.

Kita juga bisa ke Menara Siger yang merupakan ikon Lampung. Kita hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000  Paling asik menghabiskan malam pergantian tahun di lokasi ini loh. Kita bisa nih Pop Hotel di Tanjung Karang, Bandar Lampung. Tarif kamar deluxenya hanya Rp 300.000 aja. Hotel ini dekat dengan Kopi Oey yang buka sampai malam hari. Serta indochina dan Bakso Sony yang tersohor di Bandar Lampung.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

 22.Padang

Kita juga bisa nih menghabiskan tahun baru di Padang.  Padang merupakan kota terbesar di sepanjang pesisir Sumatera. Kota ini sangat terkenal dengan rumah Gadangnya yang berciri khas unik.  Kota ini sangat terkenal dengan kulinernya salah satunya adalah Rendang. Makanan ini sudah diakui oleh dunia sebagai makanan terenak loh.

Kita bisa kok menikmati kembang api di pusat kota padang. Untuk kesana, kita perlu menyiapkan uang mulai dari Rp. 390.000 untuk tiket pesawat. Sedangkan harga tiket kapal ke padang dari Jakarta kita perlu menyiapkan mulai Rp. 700.000an.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id
Sumber Gambar indonesiainfo70.blogspot.co.id

 23. Balikpapan

Kalo kita pengen berkunjung ke Kalimantan Timur untuk berlibur di akhir tahun. Kita bisa nnih mampir ke kota balikpapan. Kota ini punya bandar udara Sepinggan yang merupakan bandara termegah di Kalimantan. Tapi sekarang bandara itu telah berganti nama menjadi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Saat malam menjelang pergantian tahun baru beberapa mal akan mengadakan acara music live. Serta menampilkan dj dan menyalakan kembang api. Selama berlibur kesana kalian wajib nyobain kepiting dan mantau ya. Kalo pengen berkunjung ke kota ini kita bisa menggunakan pesawat atau kapal laut. Untuk harga pesawat kalian harus menyiapkan dana mulai dari 200.000an. Dan harga tiket kapal ke kota ini mulai dari 500.000an.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar surakarta.go.id
Sumber Gambar surakarta.go.id

24. Solo

Kalo kita pengen menghabiskan malam tahun baru di Solo. Kita akan melihat malam bebas kendaraan bermotor.  Di beberapa titik pertunjukkan akan diadakan panggung hiburan rakyat. Yang akan menampilkan berbagai kesenian tradisional  khas kota itu.

Yang menarik banyak warga Solo dan wisatawan akan berjalan kaki ato menaiki sepeda. Kita juga akan menyaksikan tari-tarian tradisional, keroncong, wayang pertunjukkan musik kontemporer, dll. Solo Car Free Night akan dilaksanakan dari jam 20.00-01.00 di beberapa ruas jalan tertentu. Biasanya di Jalan Slamet Riyadi-Gladag serta Jenderal Sudirman-Balai Kota.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar tstatic.net
Sumber Gambar tstatic.net

25. Samarinda

Selain balikpapan, kita juga bisa nih menghabiskan malam tahun baru di Samarinda. Kota yang sering dijuluki sebagai Kota Tepian dan dilintas salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Saat malam menjelang tahun baru, bebrapa kota mal menawarkan acara yang menarik. Seperti pertunjukan music live serta dj perform. Serta dimeriahkan dengan pelepasan kembang api selama kurang lebih 30 menit. Bakalan seru kan Mas Bro dan Mbak Bro?

Kota ini juga punya bangunan Masjid Islamic Center yang merupakan Masjid termegah di Asia Tenggara berada di kota ini loh. Jadi kita bisa mengunjungi masjid ini di hari pertama tahun baru. Untuk oleh-oleh yang terkenal di kota ini adalah sarungnya. Karna sarung dari kota ini memiliki kualitas yang tinggi. Jika ingin ke kota ini kalian perlu menyiapkan uang mulai dari 350.000 untuk tiket pesawat.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar Bp.blogspot.com
Sumber Gambar Bp.blogspot.com

26. Pare-Pare

Kota di sulawesi ini juga cocok untuk dihadikan destinasi liburan akhir tahun. Di kota ini, kita wajib nih mengunjungi pantai Mattirotasi. Pantai ini terbuka untuk umum dan sangat mudah untuk diakses. Pantai ini sangat terkenal dan selalu ramai pengunjung di akhir tahun. Pantai ini sangat ramai dengan penjajah makanan dan wisatawan yang pengen menghabiskan malam tahun baru.

Banyak pengunjung yang beramai-ramai menyalakan kembang api di tepi pantai ini. Sehingga malam tahun baru akan sangat meriah. Biaya untuk kesana kita perlu menyiapkan.

27 Tempat Wisata Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun - Sumber Gambar panduanwisata.id
Sumber Gambar panduanwisata.id

27. Pulau Kayangan dan Samalona

Selain pantai losari, kita juga punya pilihan tempat untuk menghabiskan malam tahun baru. Kita bisa mengunjungi dua pulau yang berada dihadapan anjungan pantai losari. Jarak tempuhnya hanya memerlukan waktu selama 15 menit aja loh. Ini akan membuat kita jauh dari kebissingan tapi tetap bisa menikmati malam tahun baru. Dari pulau ini kita bisa menyaksikan pertunjukan kembang api.

Baca Juga
1. 
10 Tempat Wisata Terbaik yang Direkomendasikan di Sumatera Utara
2. 27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan

Di pulau ini juga banyak banget resort serta hotel yang akan menemani tahun baru kita. Cukup menarik bukan?

Tunggu apalagi Mas Bro dan Mbak Bro.

Sebarin tulisan ini ke temen dan keluarga. Manfaatin sosial media ya. Kalo Mas Bro dan Mbak Bro ada pertanyaan. Silahkan isi kolom komentar dibawah ini ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Sumber Tulisan
Antaranews.com/berita/471715/warga-wakatobi-tumpah-ruah-sambut-pergantian-tahun diakses pukul 12.00 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Blog.duitpintar.com/pilihan-kota-di-luar-jakarta-habiskan-liburan-akhir-tahun-berbudget-rp-2-juta diakses pukul 11.10 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Boomee.co/featured/tempat-wisata-tahun-baru diakses pukul 02.23 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Kaltim.tribunnews.com/2015/12/30/mau-ke-mana-malam-tahun-baru-yuk-saksikan-pesta-kembang-api-di-sini diakses pukul 11.35 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Travel.kini.co.id/2016/12/17/1069/10-destinasi-wisata-akhir-tahun-yang-gak-bikin-kantong-jebol diakses pukul 13.14 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Traveling.bisnis.com/read/20151204/224/498452/liburan-akhir-tahun-di-solo-jangan-lewatkan-event-event-ini diakses pukul 14.47 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.

Sumber Gambar
Balihellotravel.com diakses pukul 15.14 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Bp.blogspot.com diakses pukul 16.25 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Blog.reservasi.com diakses pukul 15.37 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Boomee.com diakses pukul 17.48 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Esokharinanti.com diakses pukul 16.52 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.Jalansanasini.com diakses pukul 17.12 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Indonesiainfo70.blogspot.co.id diakses pukul 16.27 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
I.ytimg.com diakses pukul 16.38 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Malang123.com diakses pukul 16.49 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Panduanwisata.id diakses pukul 17.17 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Skyscanner.co.id diakses pukul 18.11 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Seputarsemarang.com diakses pukul 17.23 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Surakarta.go.id diakses pukul 18.29 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Tribunnews.com diakses pukul 19.37 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.
Tstatic.net diakses pukul 19.49 WIB, pada hari Senin 27 Desember 2016.

Tentang Kita
Twitter :
kekitaan_
Line :
@kekitaan
Facebook :
Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : Kekitaan Kita
Pinterest : Kekitaan Kita
Instagram : kekitaan_

Comments

Leave a Reply