27 Prestasi Gemilang yang Diraih Indonesia di Berbagai Bidang Olahraga : #HariKhusus7

Sumber Gambar kabar6.com

Apa Aja Sih Prestasi Indonesia di Bidang Olahraga?
Siapa Aja Sih Olahragawan Berprestasi Indonesia?

Salam Mas Bro dan Mbak Bro!

Gimana kabarnya, nih? Sehat-sehat aja? Ato malah sedang sakit?

Kalo sedang sakit, semoga cepet sembuh, ya! Karna beraktivitas dikala tubuh sehat itu lebih menyenangkan.

Bicara soal kesehatan nih, pasti nyambung banget sama topik berikut. Ya, pas banget nih, topik kita adalah tentang olahraga. Olahraga emang merupakan kebutuhan dasar bagi kita dan tubuh kita. Tujuannya udah pasti untuk menyehatkan dan juga membuat tubuh bugar.

Dari olahraga, lahirlah atlet-atlet berbakat yang menguasai berbagai jenis olahraga. Ada atlet basket, atlet voli, atlet renang, dan lain sebagainya. Para atlet keren ini nih, berlaga di berbagai jenis kejuaraan. Ga cuma di kancah nasional, tapi juga di kancah internasional.

Terus, siapa aja sih, atlet-atlet berprestasi tersebut? Bidang olahraga apa yang mereka juarai? Apa yang mereka menangin dari kejuaraan yang mereka ikuti? Gimana juga dengan kehidupan mereka sekarang?

1. Liem Swie King

Sumber Gambar profilbos.com

Siapa yang ga kenal dengan legenda bulu tangkis Indonesia ini. Nama Liem Swie King pastilah akrab dan selalu diingat kita semua. King juga dikenal banget dengan julukannya, yaitu “Raja Smash“. Ini karna lompatannya saat menangkis bola tinggi dan akurat banget.

Prestasi terbesar King adalah saat memenangkan 3 buah medali emas. Medali ini diraihnya secara 3 kali berturut-turut, loh! Medali-medali emas ini dia raih pada tahun 1978, 1979, dan 1981. Ga hanya di All England aja King mengharumkan nama bangsa.

Baca Juga
1. 27 Lagu yang Diciptakan Untuk Ahok
2. 27 Pemuda Indonesia yang Berhasil di Usia Muda

Dia juga menjuarai kejuaraan Thomas Cup. Pada tahun 1976, 1979, dan 1984. Pada tahun 1988, King mutusin untuk gantung raket alias pensiun dari dunia olahraga. Saat ini, dia menjadi pengusaha di bidang perhotelan. Selain perhotelan, dia membuka usaha di bidang kesehatan.

2. Susi Susanti

Sumber Gambar klikkabar.com

Ngomongin atlet dengan prestasi terbaik Indonesia di bidang olahraga. Ga lengkap rasanya kalo kita ga nyebut nama Susi Susanti. Susi Susanti termasuk salah satu atlet bulu tangkis paling berpengaruh. Dialah atlet pertama peraih medali emas di Olimpiade Barcelona, 1992.

Ga cuma meraih medali emas di Olimpiade Barcelona aja. Susi juga merupakan pemenang All England selama 4 tahun berturut-turut. Juara All England diraihnya dimulai dari tahun 1990 sampe 1994. Berkat kemenangannya, nama Susi tercetak pada Badminton Hall of Fame.

Sebuah pencapaian prestasi bulutangkis Indonesia yang mengagumkan banget!

Susi mutusin untuk gantung raket alias pensiun pada tahun 1998. Dia kemudian menikahi sesama atlet bulu tangkis berprestasi, Alan Budikusuma. Saat ini, Susi sibuk ngelatih calon-calon pebulu tangkis muda. Dia, bersama Alan, mendirikan Astec Technology, perusahaan alat-alat bulu tangkis.

3. Taufik Hidayat

Sumber Gambar klikkabar.com

Jangan ngaku penggemar bulu tangkis kalo ga tahu Taufik Hidayat!

Taufik adalah salah satu pebulu tangkis berpengaruh di negeri ini. Taufik pernah meraih medali emas di SEA Games Filipina. Medali ini diraihnya pada tahun 1999 silam. Juga berhasil menyabet medali emas di SEA Games Thailand, 2007.

Kini Taufik Hidayat udah menikah dengan Ami Gumelar. Dia kini memiliki arena olahraga sendiri. Yang diberi nama Taufik Hidayat Arena.

4. Ade Rai

Sumber Gambar faktabenar2unik.blogspot.co.id

Prestasi olahraga Indonesia yang lainnya juga datang dari cabang binaraga. Prestasi binaraga Indonesia bisa dibilang cukup hebat dan juga keren. Salah satu atlet binaraga terbaik kebanggaan Indonesia tentunya Ade Rai. Apa aja sih, prestasi binaraga Indonesia yang diraih Ade Rai?

Prestasi terbesar Ade salah satunya adalah medali emas SEA Games. Medali emas ini dia raih pada tahun 1997, loh! Ga cuma itu, Ade juga menjuarai ajang Muscle World. Prestasi binaraga Indonesia yang diraih Ade ini luar biasa banget!

Sekarang ini nih, Ade lagi sibuk banget mengurusi bisnis gym-nya. Ade juga menjadi pelatih pribadi dari Arya Permana. Arya ini dikenal banget karena penyakit obesitasnya.

5. Bambang Pamungkas

Sumber Gambar m.harianjogja.com

Kalo pada nyimak berita olahraga sepakbola, pasti kenal sama dia. Nama Bambang Pamungkas terkenal akan torehannya dalam prestasi sepakbola Indonesia. Prestasinya merupakan salah satu prestasi terbaik Indonesia di bidang olahraga. Lalu, apa aja sih, prestasi Bambang dalam cabang sepak bola?

Prestasi sepakbola Indonesia yang ditorehin Bambang cukup lumayan, loh! Baik itu prestasinya secara individu ato prestasinya bersama tim sepakbola. Untuk prestasi individu, Bambang pernah menjadi top skorer Liga Indonesia. Ini dia dapetin pada tahun 1999.

Pada tahun 2007, Bambang menjadi Pemain Terbaik pada Copa Indonesia. Prestasi sepakbola Indonesia bersama teman setimnya juga ikut ditorehin Bambang. Dirinya dan Timnas Indonesia pernah meraih Juara Piala Kemerdekaan.

Juara Piala Kemerdekaan ini diraihnya pada 2000 dan 2008 silam. Sekarang ini, Bambang disibukkan dengan profesi barunya sebagai seorang motivator.

6. Chris John

Sumber Gambar jpnn.com

Kalo ngomongin atlet dengan prestasi tinju Indonesia segudang, dia orangnya! Chris John ini salah satu atlet langganan berita olahraga Indonesia. Prestasi tinju di Indonesia udah banyak loh, diraih pria ini. Apa aja ya, prestasi Chris John di dunia tinju Indonesia?

Chris pernah ngedapetin gelar juara dunia WBA pada September 2003. Dia juga beberapa kali menangin tinju melawan petinju hebat dunia. Diantaranya dia pernah menang ngelawan Osamu Sato pada tahun 2004. Dia juga pernah menang ngelawan Jose Cheo Rojas pada 2004.

Ga ketinggalan juga menang atas Derrick Gainer pada tahun 2005. Disusul dengan kemenangan Chris atas Tommy Browne pada tahun 2005. Tapi, atlet dengan segudang prestasi tinju Indonesia ini udah pensiun. Sekarang, Chris merintis usaha asuransi bersama istrinya, Anna Maria Megawati.

7. Bambang Saptaji

Sumber Gambar futsalfanatic.blogspot.co.id

Futsal emang sangat digemari kalangan anak muda Indonesia belakangan ini. Tapi, apakah ada prestasi futsal Indonesia yang terekspos oleh media? Tentu aja ada, itu jawabannya! Bambang Saptaji ngebuktiin kalo prestasi futsal Indonesia bisa dia raih.

Bambang emang masih terbilang muda, tapi kelebihannya dalam futsal oke! Hal ini dia tunjukkin dengan direkrutnya dia ke klub Tiongkok. Klub futsal Tiongkok ini bernama Dalian Yuan Dynasty. Bambang sendiri direkrut pada tahun 2014.

Selain futsal, kesibukan Bambang saat ini adalah kuliah di Perbanas. Kita tunggu aja, prestasi futsal Indonesia apalagi yang dia raih.

8. Rifat Sungkar

Sumber Gambar candraragil.blogspot.co.id

Nama pembalap ganteng ini sering nongol di berita olahraga Indonesia. Prestasi balap Indonesia yang diraih oleh Rifat ga main-main, loh! Rifat pernah menjuarai Kejuaraan Rally Nasional sebanyak 8 kali berturut-turut. Dia juga meraih juara 4 Asia Pacific Rally Championship 2006-2007.

Rifat juga meraih juara pertama Kejuaraan Rally Indonesia tahun 2007. Ga berhenti sampe disini aja loh, prestasi yang diraih Rifat! Tahun 2009, dirinya menjadi juara 1 Drift King Indonesia 2008. Rifat juga ngeraih juara 2 Asia Pacific Rally Championship Malaysia.

Juara 2 ini diraihnya pada tahun 2010. Sekarang ini Rifat lagi sibuk menjadi navigator untuk pereli muda.

9. Alexandra Asmasoebrata

Sumber Gambar xplor.xl.co.id

Cantik dan punya segudang prestasi balap Indonesia, itulah Alexandra Asmasoebrata. Andra, sapaan akrabnya, udah mengukir banyak prestasi membanggakan untuk Indonesia. Pada 2005, dia jadi juara umum pada Asian Formula Campus. Pada 2008, dia berhasil menyabet juara 3 Asian Formula Seri 1.

2009, dirinya kembali mengukir prestasi balap Indonesia. Andra meraih juara 3 Asian Formula Renault Seri 9-10. Masih banyak lagi prestasi di dunia balap yang disabet Andra. Prestasi olahraga Indonesia yang diraih Andra tentunya bikin kita bangga!

Sekarang ini, kabarnya Andra lagi menjajal kemampuan di dunia presenter. Dia menjadi presenter di salah satu stasiun TV swasta nasional.

10. Rio Haryanto

Sumber Gambar beritasaja.com

Satu lagi pembalap Indonesia yang nyumbangin prestasi olahraga Indonesia, nih! Prestasi yang ditorehin pembalap ganteng ini cukup banyak. Pertama, dia pernah menjadi Atlet Gokart Terbaik Junior tahun 2008. Lalu, pernah menyabet juara 1 Asian Karting Open Championship.

Seri pertama Asian Karting ini disabetnya pada tahun 2008 silam. Dia juga nyabet Juara 1 Formula BMW Pacific tahun 2009. Sekarang ini, dia masih berusaha agar tampil pada ajang F1 musim 2017. Kita doain semoga Rio bisa kembali ngewakilin Indonesia, ya!

11. Alan Budikusuma

Sumber Gambar soulofjakarta.com

Inilah dia, sang legenda hidup dunia bulutangkis Indonesia!

Ga ada yang ga kenal saat nama Alan Budikusuma disebutin. Banyak banget prestasi yang ditorehin Alan di dunia bulutangkis. Kiprahnya di dunia bulutangkis ga perlu lagi kita pertanyakan, kok. Alan pernah meraih medali emas di ajang Olimpiade Barcelona 1992.

Dia pernah menjadi juara ajang Malaysia Open pada tahun 1995. Juga pernah ngejuarain ajang Invitasi Piala Dunia pada tahun 1993. Ga ketinggalan juga menjadi juara ajang Indonesia Open tahun 1993. Masih banyak banget prestasi yang udah dicapai oleh Alan Budikusuma.

Setelah gantung raket alias pensiun, Alan punya kesibukan baru, nih! Yaitu menjalankan perusahaan alat-alat olahraga ASTEC Technology bersama Susi Susanti. Susi yang sama-sama pebulu tangkis juga adalah istri dari Alan.

12. Elit Mutia

Sumber Gambar riauindikator.com

Nama Elit Mutia mendadak rame diperbincangkan. Terutama setelah prestasi silat Indonesia yang disabet gadis belia ini. Elit berhasil meraih medali emas pada ajang Kejuaraan Silat Dunia. Kejuaraan ini diadain di Malaysia pada tahun 2016 kemaren.

Prestasi silat Indonesia yang ditorehkan Elit membuatnya banyak dilirik. Elit masih merupakan pelajar di salah satu sekolah di Riau. Semoga ke depannya Elit bisa balik nyumbangin prestasi silat Indonesia!

13. Elsa Manora Nasution

Sumber Gambar sport.detik.com

Kalo denger nama Elsa Manora Nasution, apa yang kita inget? Tentu aja prestasi renang Indonesia yang udah banyak diraih Elsa. Elsa pernah nyumbangin 1 medali emas dan 1 medali perunggu. Kedua medali ini dia menangkan pada ajang SEA Games 1999.

Elsa juga pernah nyabet 1 medali perak dan 1 perunggu. Kedua medali ini disabetnya pada ajang SEA Games Hanoi 2003. Sekarang ini, Elsa udah jadi pelatih renang dan juga aerobik. Kesibukan lainnya adalah merawat buah hatinya, tentu aja.

14. Elfira Rosa Nasution

Sumber Gambar museumolahraga.com

Sama seperti saudaranya, Elsa, Elfira adalah seorang atlet renang Indonesia. Elfira juga banyak menyumbang untuk prestasi renang Indonesia. Dia pernah menjadi Atlet Terbaik Nasional SIWO/PWI Jaya 3 tahun. Mulai dari tahun 1980, 1981, dan tahun 1983.

Elfira juga pernah nyabet 9 medali emas dari Kejuaraan. Antar Club Jakarta pada tahun 1983 silam. Dia juga pernah meraih 8 medali emas dan 2 perak. Medali-medali ini semuanya disabetnya pada tahun 1985, PON XI Jakarta.

Sekarang Elfira udah pindah dan menetap di Amerika Serikat sana. Dia menjadi pelatih renang junior di Negeri Paman Sam itu.

15. Yessy Yosaputra

Sumber Gambar beritahariankosmo.blogspot.co.id

Nama Yessy Yosaputra sempet mengguncang panggung Olimpiade Rio de Janeiro. Yessy mewakili Indonesia di ajang bergengsi Olimpiade Rio di Brazil. Olimpiade ini berlangsung pada tahun 2016 kemaren. Yessy bertarung di cabang renang gaya punggung putri.

Ternyata, prestasi renang Indonesia Yessy ga cuma di Olimpiade aja. Di tahun 2011, Yessy berhasil meraih medali emas di ajang bergengi SEA Games. Sekaligus juga nih, mecahin rekor berenang 200 meter untuk putri.

Yessy saat ini masih nerusin pendidikannya sambil tetap berlatih renang.

16. Kresna Bayu

Sumber Gambar suaramerdeka.com

Nama Kresna Bayu termasuk disegani loh, di dunia Judo Indonesia! Prestasi judo Indonesia yang diraih Kresna adalah pembuktiannya. Kresna mampu melaju sampe babak ketiga ajang Olimpiade Sydney 2000. Dia juga meraih medali emas SEA Games XXV 2009 Laos.

Kresna juga nyumbangin 2 medali emas PON XVII Kalimanatan Timur. 2 medali ini diraihnya pada tahun 2008. Masih banyak banget prestasi judo Indonesia yang berhasil diraih Kresna. Semua prestasi judo Indonesia ini sebagai pembuktian kecintaannya pada judo.

Pensiun di tahun 2012, Kresna punya kesibukan baru, nih! Diantaranya yaitu melatih pejudo-pejudo muda. Dia juga aktif mengurus wadah organisasi beladiri yang dia dirikan. Nama wadahnya adalah Kresna Bayu Foundation.

17. Denny Sumargo

Sumber Gambar bola.net

Prestasi basket Indonesia juga berhasil disabet pebasket ganteng satu ini. Denny pernah membawa klub Aspac meraih juara Kobatama 2000-2002. Dia juga aktif bermain bareng tim Garuda Bandung.

Denny juga kini merambah dunia presenter. Dia menjadi presenter olahraga sepakbola Liga Inggris.

18. Faisal Julius Achmad

Sumber Gambar baggiofans.blogspot.co.id

Satu lagi atlet basket yang berhasil mencetak pretasi basket Indonesia. Dialah Faisal Julius Achmad. Prestasi basket Indonesia yang dicetaknya lumayan banyak, loh! Faisal pernah menjadi top skorer melawan ASPAC di IBL 2009.

Faisal juga pernah nyabet medali emas di ajang PON 2004. Ga ketinggalan medali perak di ajang SEA Games di Thailand. Sekarang aktif di tim Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta.

19. Tontowi Ahmad

Sumber Gambar ligaolahraga.com

Ngobrolin prestasi terbaik Indonesia di bidang olahraga, nih. Ga bisa lepas dong ya, dari ngobrolin seputar prestasi bulutangkis Indonesia. Dan pastinya, nama Tontowi Ahmad ga bisa dilepas begitu aja.

Tontowi Ahmad adalah salah satu atlet bulutangkis Indonesia yang berprestasi. Ini dibuktiin dengan kiprahnya bersama rekannya, Liliyana Natsir. Mereka pernah menjadi juara Macau Open Grand Prix Gold 2010. Mereka juga menjuarai Malaysia Open Grand Prix Gold tahun 2011.

Ga ketinggalan juga juara Sunrise India Open Super Series 2011. Juga menjuarai ajang swiss Open pada tahun 2012 silam. Dan salah satu yang terbesar adalah juara Yonex All England. Badminton Championship tahun 2013.

Tontowi sekarang masih aktif di ganda campuran. Tapi, rekannya kini bukan lagi Liliyana Natsir. Melainkan Gloria Emanuelle Widjaja.

20. Liliyana Natsir

Sumber Gambar pegipegi.com

Kalo ngomongin Tontowi Ahmad, kita juga harus ngobrolin Liliyana Natsir. Bersama Tontowi, Liliyana udah nyumbang banyak banget prestasi ganda campuran. Diantaranya udah pasti juara Yonex All England Badminton Championship 2013. Juga menjadi juara Swiss Open pada tahun 2012.

Terus, sekarang Liliyana kemana, sih? Apa ya, kesibukannya sekarang?

Ternyata nih, Butet, sapaan akrabnya, memiliki beberapa bisnis sampingan. Salah satunya adalah bisnis pijat refleksi yang dirintisnya di Manado.

21. Suharto

Sumber Gambar ayogitabisa.com

Prestasi balap sepeda Indonesia juga patut loh, untuk diperhtiungkan! Salah satu atlet dengan prestasi balap sepeda Indonesia adalah Suharto. Dia berhasil mengantongi medali emas di ajang SEA Games 1979. Medali ini diraihnya untuk balap sepeda dengan jarak 100 kilometer.

Tapi sayangnya, nasib baik ga berpihak pada Suharto. Dia terpaksa harus gantung sepeda di tahun 1981 silam. Ini karna kesulitan ekonomi yang dihadapinya. Mirisnya lagi, sekarang Suharto malah terpaksa harus menarik becak.

22. Santia Tri Kusuma

Sumber Gambar sepeda.sportku.com

Satu lagi atlet dengan prestasi balap sepeda Indonesia yang mantep! Santia Tri Kusuma  pernah meraih beberapa penghargaan di balap sepeda. Diantaranya adalah peraih medali emas ajang PON XV tahun 2000. Dia juga pernah meraih medali emas PON XVI tahun 2004.

Santia sendiri sampe sekarang masih aktif berkompetisi di berbagai kejuaraan.

23. Larasati Gading

Sumber Gambar kapanlagi.com

Prestasi berkuda Indonesia adalah salah satu yang jarang banget diekspos. Padahal nih ya, ada beberapa prestasi berkuda Indonesia yang oke. Salah satu atlet berkuda Indonesia yang berprestasi adalah Larasati Gading.

Di ajang SEA Games 2011, Larasati nyumbang 1 medali perunggu. Dia juga berhasil nyabet medali emas PON pada tahun 2004. Larasati kembali nyumbang medali emas di SEA Games tahun 2015. Sampe sekarang, Larasati masih aktif mengikuti kejuaraan berkuda.

24. Suryo Agung Wibowo

Sumber Gambar tokohkita.com

Ngobrolin prestasi lari Indonesia seru juga, nih! Suryo Agung Wibowo adalah salah satu pelari tercepat kepunyaan Indonesia. Dia bahkan dapet julukan Manusia Tercepat Asia Tenggara. Terus, prestasi apa aja yang udah diukir oleh Suryo?

Dia pernah meraih medali emas SEA Games pada tahun 2009. Dia juga pernah nyabet medali emas SEA Games tahun 2007. Sekarang, Suryo udah ga menjadi atlet lari lagi. Dia udah banting setir menjadi pemain sepak bola.

25. Dedeh Erawati

Sumber Gambar konidki.or.id

Dedeh Erawati, atlet dengan prestasi lari Indonesia yang membanggakan banget. Dedeh pernah meraih medali emas di ajang SEA Games 2007. Pernah juga meraih emas di SEA Games Laos tahun 2009.

Dedeh juga pernah meraih emas di SEA Games Myanmar 2013. Dedeh baru aja nyelesein kuliah S2-nya. Dia ngambil jurusan Pendidikan Jasmani dan lulus dengan cum laude. Wah, selamat ya, Dedeh!

Prestasi lari Indonesia Dedeh yang bikin bangga. Dan juga prestasi akademik yang cemerlang!

26. Maria Londa

Sumber Gambar tangerangrayaonline.com

Kalo ngomongin prestasi lompat jauh Indonesia, nama Maria harus disebut. Maria Londa adalah atlet dengan prestasi lompat jauh Indonesia. Maria berhasil mecahin rekor lompatan sejauh 6,70 meter. Dia juga dapet kehormatan membawa bendera Indonesia di Olimpiade Rio.

Sampe saat ini, Maria masih aktif dalam mengikuti berbagai kejuaraan. Tentu aja kejuraan itu adalah kejuaraan lompat jauh. Semoga Maria bisa nambahin prestasi lompat jauh Indonesia, ya!

27. Riau Ega Agatha

Sumber Gambar kompasiana.com

Prestasi panahan Indonesia belakangan ini menjadi sorotan. Ini karna sosok Riau Ega Agatha Salsabila. Prestasi panahan Indonesia yang diraihnya lumayan banyak, loh! Ega pernah meraih peringkat 3 Asian Grand Prix 2009, Filipina.

Ega juga berhasil meraih medali emas di SEA Games 2015. Dia juga berhasil nyumbang medali perunggu di Piala Dunia Panahan. Kejuaraan ini berlangsung di Shanghai, Cina. Sekarang, Ega lagi sibuk melanjutkan perkuliahannya.

Baca Juga
1. 
27 Pahlawan Sosial Indonesia yang Patut Untuk Ditiru
2. 27 Pemuda Indonesia yang Paling Berpengaruh di Media Sosial

Prestasi panahan Indonesia yang ditoreh Ega emang bener-bener membanggakan!

Mas Bro dan Mbak Bro. Itulah deretan 27 atlet dengan prestasi yang bikin kita bangga.

Jangan lupa ninggalin komentar di kolom di bawah, ya!

Jangan lupa juga untuk berbagi tulisan ini ke media sosial!

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Palu, Sulawesi Tengah
Selasa, 17:23 WITA, 31 Januari 2017
Tulisan Temen Kita – KW

Sumber Tulisan:
Aktualita. 2016. Profil Atlet Panahan Riau Ega Agatha Salsabila. aktualita.co/profil-atlet-panahan-riau-ega-agatha-salsabila/10880/ diakses pukul 16:35 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Anry Dhanniary. 2014. NBL Dikejutkan Keputusan Satria Muda Lepas 2 Ikon. sport.viva.co.id/news/read/531894-nbl-dikejutkan-keputusan-satria-muda-lepas-2-ikon diakses pukul 10:02 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Basket Indonesia. 2009. Faisal Julius Achmad. fifteenholic.blogspot.co.id/2009/08/faisal-julius-achmad.html diakses pukul 10:03 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Bayu Kuncahyo. 2015. Maria Londa Pecahkan Rekor Lompatan 6,70 Meter. antaranews.com/berita/500768/maria-londa-pecahkan-rekor-lompatan-670-meter diakses pukul 16:22 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Berita Satu. 2015. Jadi Presenter, Alexandra Asmasoebrata: Luar Biasa Susah. beritasatu.com/hiburan/317127-jadi-presenter-alexandra-asmasoebrata-luar-biasa-susah.html diakses pukul 09:26 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017

Beritagar. 2016. Liem Swie King, Legenda Bulu Tangkis dari PB Djarum. beritagar.id/artikel/arena/liem-swie-king-legenda-bulu-tangkis-dari-pb-djarum diakses pukul 00:21 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Biografiku. 2012. Biografi Ade Rai – Binaragawan Indonesia. biografiku.com/2012/07/biografi-ade-rai-binaragawan-indonesia.html diakses pukul 00:37 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Blog Sesa. 2010. ELFIRA ROSA NASUTION: Atlet Renang Indonesia. blogsesa.blogspot.co.id/2010/05/elfira-rosa-nasution-atlet-renang.html diakses pukul 09:50 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Bola. 2016. Rio Haryanto Masih Terus Berjuang kembali ke F1 pada 2017. bola.com/f1/read/2686304/rio-haryanto-masih-terus-berjuang-kembali-ke-f1-pada-2017 diakses pukul 09:31 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Budhianto Marpaung. 2010. Denny Sumargo, Pria Segudang Prestasi. jawaban.com/read/article/id/2010/04/15/91/100415134519/Denny-Sumargo,-Pria-Segudang-Prestasi diakses pukul 10:00 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Buku Otobiografi. 2016. Suryo Agung Wibowo, Pelari Tercepat Asia Tenggara!. buku-otobiografi.blogspot.co.id/2016/12/suryo-agung-wibowo-pelari-tercepat-asia.html diakses pukul 16:13 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Christison Sondang Pane. 2017. Giliran Tontowi Ahmad Membimbing Junior. sport.analisadaily.com/read/giliran-tontowi-ahmad-membimbing-junior/303758/2017/01/21 diakses pukul 15:01 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Detik Sport. 2015. Usai Pensiun, Apa Kesibukan Chris John Sekarang?. sport.detik.com/g-sport/2965192/usai-pensiun-apa-kesibukan-chris-john-sekarang diakses pukul 00:45 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Extreme INA. 2014. Rifat Sungkar, Atlet Rally dan Offroad Berprestasi. extremeina.com/rifat-sungkar-atlet-rally-dan-offroad-berprestasi/ diakses pukul 09:23 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Femi Diah. 2016. Uyun Muzizah, Pebalap Veteran Terbaik di Nomor Point Race. sport.detik.com/sport-lain/d-3308939/uyun-muzizah-pebalap-veteran-terbaik-di-nomor-point-race diakses pukul 16:08 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Hendra Barakat. 2012. Ketika Alan & Susi Menjadi Pengusaha. kompasiana.com/tedi/ketika-susi-alan-menjadi-pengusaha_550e3bf4a33311a12dba80ec diakses pukul 09:41 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Hernawan Wahyudono. 2012. Ketika Kresna Bayu Harus Pensiun. antarajateng.com/detail/ketika-kresna-bayu-harus-pensiun.html diakses pukul 09:56 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Indonesia Proud. 2011. Yessy V. Yosaputra: Peraih Emas & Pemecah Rekor Renang SEA Games. indonesiaproud.wordpress.com/2011/11/17/yessy-v-yosaputra-peraih-emas-pemecah-rekor-renang-sea-games/ diakses pukul 09:55 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Indosport. 2016. Hari Air Sedunia, Ini Deretan Perenang Berprestasi Indonesia. lainnya.indosport.com/20160322/hari-air-sedunia-ini-deretan-perenang-berprestasi-indonesia diakses pukul 09:48 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Irwan Sahaja. 2014. Alexandra Asmasoebrata, Pembalap Wanita Pertama di Asia. irwansahaja.blogspot.co.id/2014/05/alexandra-asmasoebrata-pembalap-wanita.html diakses pukul 09:25 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Itha tlit-tlith. 2013. Biografi Alan Budikusuma – Legenda Hidup Bulutangkis Indonesia. ithamumuna.blogspot.co.id/2013/01/biografi-alan-budikusuma-legenda-hidup.html diakses pukul 09:37 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Juara. 2013. Elsa Manora Nasution Kini Sibuk Mengurus Anak. juara.net/read/sport/lainnya/41924-elsa.manora.nasution.kini.sibuk.mengurus.anak diakses pukul 09:46 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Jun Aditya. 2016. Miris, Mantan Atlet Balap Sepeda Jadi Tukang Becak. kbknews.id/2016/08/19/miris-mantan-atlet-balap-sepeda-jadi-tukang-becak/ diakses pukul 16:05 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Kompas. 2016. Profil Maria Londa, Pembawa Bendera di Pembukaan Olimpiade. olahraga.kompas.com/read/2016/07/20/11045191/.profil.maria.londa.pembawa.bendera.di.pembukaan.olimpiade#cOpGuBlfz7RLUU3L.97 diakses pukul 16:21 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Lontong Gentong. 2013. Kisah Sang Legenda: Bambang Pamungkas “Mr. Captain”. bangkit96.blogspot.co.id/2013/04/kisah-sang-legenda-bambang-pamungkas_4.html diakses pukul 00:40 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Meilika Asanti Wahyudi. 2016. Dedeh Erawati, Berprestasi di Lintasan, Cum Laude di Akademik. jawapos.com/read/2016/09/10/50126/dedeh-erawati-berprestasi-di-lintasan-cum-laude-di-akademik diakses pukul 16:18 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Merdeka. 2016. Lama Tak Terdengar, Taufik Hidayat Ternyata Kini Menjadi…. . feed.merdeka.com/article/lama-tak-terdengar-taufik-hidayat-ternyata-kini-menjadi-1604112.html diakses pukul 00:33 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Ndre99. 2013. 10 Atlet Indonesia yang Mendunia. ndre99.blogspot.co.id/2013/05/10-atlet-indonesia-yang-mendunia.html diakses pukul 00:15 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Okezone Sports. 2015. Larasati Gading Kembali Menyumbang Emas. sports.okezone.com/read/2015/06/09/43/1162439/larasati-gading-kembali-menyumbang-emas diakses pukul 16:11 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Pedalku. 2013. Santia Tri Kusuma. pedalku.com/baca/2013/05/11/santia-tri-kusuma/ diakses pukul 16:07 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Potret News. 2016. Wow… Pesilat Cantik Riau Raih Medali Emas dan Dinobatkan sebagai Atlet Terbaik Dunia. potretnews.com/berita/baca/2016/01/06/wow-pesilat-cantik-riau-raih-medali-emas-dan-dinobatkan-sebagai-atlet-terbaik-dunia/ diakses pukul 09:43 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Punya Sisco. 2009. Biodata Chris John. sisco05.wordpress.com/2009/03/05/biodata-chris-john/ diakses pukul 09:15 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Racing4 Auto News. 2014. Rifat Sungkar, Sekarang Giliran Saya Jadi Navigator… . racing4.net/pilih-balapan/rifat-sungkar-sekarang-giliran-saya-jadi-navigator diakses pukul 09:22 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Radar Sukabumi. 2014. Suryo Agung Wibowo, Manusia Tercepat Asia Tenggara yang Kini Jadi Pemain Bola. radarsukabumi.com/2014/03/11/suryo-agung-wibowo-manusia-tercepat-asia-tenggara-yang-kini-jadi-pemain-bola/ diakses pukul 16:14 WITA pada hari selasa, 31 Januari 2017
Serabi Indonesia. 2011. Elfira Rosa Nasution: Melatih Renang di Amerika. serabi-indonesia.blogspot.co.id/2011/04/elfira-rosa-nasution-melatih-renang-di.html diakses pukul 09:51 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Serabi Indonesia. 2012. Susi Susanti: Legenda Hidup Bulutangkis Dunia. serabi-indonesia.blogspot.co.id/2012/09/susi-susanti-legenda-hidup-bulutangkis.html diakses pukul 00:26 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Si Momot. 2016. Jejak Prestasi Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir. simomot.com/2016/08/18/jejak-prestasi-tontowi-ahmad-dan-liliyana-natsir/ diakses pukul 15:03 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Sulistyo Anggoro. 2016. Biodata Falcao dari Brazil dan Bayu Saptaji dari Indonesia. futsalfanatic.blogspot.co.id/2016/02/biodata-falcao-dari-brazil-dan-bayu.html diakses pukul 09:18 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Super Ball. 2016. Bambang Pamungkas Jalani Profesi Baru Sebagai Motivator. superball.tribunnews.com/2016/04/20/bambang-pamungkas-jalani-profesi-baru-sebagai-motivator diakses pukul 00:39 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Tempat Baca Baca. 2016. Biodata dan Profil Rio Haryanto Lengkap dengan Prestasinya. tempatbacabaca.blogspot.co.id/2016/03/biodata-dan-profil-rio-haryanto-lengkap.html diakses pukul 09:30 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Tony Febryanto. 2015. Sekilas Tentang Larasati Gading, Atlet Berkuda Langganan Medali Emas. brilio.net/news/sekilas-tentang-larasati-gading-atlet-berkuda-langganan-medali-emas-150609q.html diakses pukul 16:10 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Vivi Febrianti. 2016. Ini Perjuangan Yessy Yosaputra di Olimpiade Rio, Gagal Masuk Semi Final. bogor.tribunnews.com/2016/08/12/ini-perjuangan-yessy-yosaputra-di-olimpiade-rio-gagal-masuk-masuk-semi-final diakses pukul 09:54 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
Yohanes Adi Pamungkas. 2016. Liliyana Natsir Memiliki Beberapa Bisnis di Luar Kesibukannya Sebagai Atlet Bulutangkis. tabloidbintang.com/articles/berita/sosok/46021-liliyana-natsir-memiliki-beberapa-bisnis-di-luar-kesibukannya-sebagai-atlet-bulutangkis diakses pukul 16:03 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017

Sumber Gambar:
ayogitabisa.com diakses pukul 13:17 WITA pada hari selasa, 31 Januari 2017
baggiofans.blogspot.co.id diakses pukul 13:12 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
beritahariankosmo.blogspot.co.id diakses pukul 13:06 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
beritasaja.com diakses pukul 12:53 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
bola.net diakses pukul 13:10 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
candraragil.blogspot.co.id diakses pukul 12:47 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
faktabenar2unik.blogspot.co.id diakses pukul 12:40 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
futsalfanatic.blogspot.co.id diakses pukul 12:45 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
jpnn.com diakses pukul 12:44 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
kabar6.com diakses pukul 12:35 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
kapanlagi.com diakses pukul 13:22 WITA pada hari selasa, 31 Januari 2017
klikkabar.com diakses pukul 12:37 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
kompasiana.com diakses pukul 13:29 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
konidki.or.id diakses pukul 13:24 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
ligaolahraga.com diakses pukul 13:14 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
m.harianjogja.com diakses pukul 12:42 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
museumolahraga.com diakses pukul 13:02 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
pegipegi.com diakses pukul 13:15 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
profilbos.com diakses pukul 12:33 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
riauindikator.com diakses pukul 12:57 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
sepeda.sportku.com diakses pukul 3:21 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
soulofjakarta.com diakses pukul 12:56 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
sport.detik.com diakses pukul 12:59 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
sportsiana.com diakses pukul 12:36 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
suaramerdeka.com diakses pukul 13:08 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
tangerangrayaonline.com diakses pukul 13:25 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
tokohkita.com diakses pukul 13:23 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017
xplor.xl.co.id diakses pukul 12:50 WITA pada hari Selasa, 31 Januari 2017

Comments

4 responses to “27 Prestasi Gemilang yang Diraih Indonesia di Berbagai Bidang Olahraga : #HariKhusus7”

  1. Siti Avatar
    Siti

    Prestasi yang sangat membanggakan.
    ngngak pernah habis kinclongnya indonesia

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mbak Bro Situ (Siti)

      Setuju Mbak Bro.
      Paling kinclong, prestasi yang mana nih Mbak Bro?

      Mauliate
      Terimakasih

  2. Siti Avatar
    Siti

    Semoga nanti akan ada atlet atlet lagi yang mengharumkan nama bangsa indonesia.
    ngngak pernah habis kinclongnya indonesia

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mbak Bro Situ (Siti)

      Amin Mbak Bro, apalagi pas ASIAN GAMES 2018 ini ya.
      ngikutin ASIAN GAMES 2018 ga Mbak Bro?

      Mauliate
      Terimakasih

Leave a Reply