27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Siapa Aja Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa?
Pemain Timnas Indonesia Punya Prestasi Internasional

Semua masalah bisa kita tata
Cuma butuh cara melakukannya
Kenapa ya banyak pemain kita
Muda jawara tua hilang kemana?

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Jangan pernah melupakan sejarah. Begitulah pesan Bung Karno kepada seluruh pemuda Indonesia. Karena itu, sebagai penggemar sepak bola Indonesia kita juga jangan pernah melupakan para pemain yang pernah berharu-biru dalam sepak bola nasional. Baik sebagai pemain klub maupun ketika berkostum timnas.

Sejumlah pemain sepak bola terbaik Indonesia malah ga hanya menjadi idola di negeri sendiri. Bahkan ada yang menjadi pemain pujaan ketika membela klub-klub luar negeri. Dari mulai klub-klub negeri jiran sampe nun jauh ke Eropa. Apakah ada di antara mereka yang juga menjadi panutan kalian?

Tembok Kokoh Barisan Pertahanan

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - liputan6.com
Sumber Gambar liputan6.com

1.Maulwi Saelan

Benteng Beton, demikian julukan Maulwi Saelan sepanjang berkostum timnas Indonesia. Sosoknya bak benteng keras yang sulit dijebol. Para pemain timnas Uni Soviet pernah merasakan sulitnya menjebol gawang Maulwi Saelan di Olimpiade 1956. Aksi-aksi heroik Maulwi Saelan kala itu menjadi buah bibir media massa dunia.

Baca Juga
1. 
27 Prestasi Terbaik Timnas Indonesia di Sepak Bola Internasional
2. 27 Pemuda Indonesia yang Paling Berpengaruh di Media Sosial

Setelah satu dekade membela timnas Indonesia, Maulwi pensiun dari sepak bola pada 1960. Maulwi kemudian bergabung dengan Tjakrabirawa, pasukan khusus pengawal Presiden. Saat PSSI tengah mencari sosok pemimpin yang baru, Presiden Soekarno yang notabene atasan langsung Maulwi tanpa ragu menunjuknya. Salah satu warisan Maulwi sebagai Ketua PSSI adalah Piala Soeratin yang merupakan turnamen khusus mencari bakat-bakat muda.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - tribunnews.com
Sumber Gambar tribunnews.com

2.Yudo Hadianto

Pencinta sepak bola nasional era 1960 dan 1970-an pasti akan sangat mengenal sosok langsing yang andal ketika berada di bawah mistar ini. Sosok Yudo Hadianto cukup ikonik saat itu karena sulit dilupakan. Tentu saja karena performa Yudo selama di bawah mistar memang mengesankan.

Apiknya penampilan Yudo saat berkostum Persis Solo lah yang membuat pelatih UMS, Endang Witarsa, kepincut. Jalan Yudo menjadi kiper timnas pun semakin terbuka. Tak kurang dari Asian Games (1962, 1966),Piala Raja Thailand, Piala Merdeka di Malaysia, dan Pra Piala Olimpiade pernah dilakoni Yudo bersama timnas Indonesia.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - juara.net
Sumber Gambar juara.net

3.Ronny Pasla

Di masa jayanya, Ronny Pasla merupakan sosok kiper yang sangat diinginkan setiap klub. Bertinggi 183 cm dengan badan tegap membuat Ronny Pasla selalu mudah menaklukan umpan silang lawan yang mengarah ke gawangnya. Gerak refleksnya dalam menepis bola menjadi andalan agar gawangnya tidak bobol.

Meski tidak bermain dalam turnamen resmi bersama timnas, Ronny Pasla tetap punya momen mengesankan saat berkostum timnas Indonesia. Momen itu terjadi ketika timnas Brasil melakukan pertandingan persahabatan pada 1972. Ronny akan selalu mengenang aksinya menggagalkan tendangan penalti yang dilakukan Pele.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - goal.com
Sumber Gambar goal.com

4.Hendro Kartiko

Tubuhnya memang disebut kurang ideal untuk menjadi seorang kiper. Tapi meski bertinggi kurang dari 180 cm ga membuat gawang yang dikawal Hendro Kartiko mudah dibobol. Lompatannya kerap membuat penyerang-penyerang lawan frustrasi.

Hendro mengawali karir sebagai kiper timnas di Piala Asia 1996. Dia menggantikan Kurnia Sandy yang cedera akibat bertabrakan dengan pemain Kuwait. Sejak saat itu posisi kiper utama timnas Indonesia pun selalu disandang Hendro. Kehebatan Hendro saat menjaga gawang sempat berbuah penghargaan sebagai kiper terbaik Piala Asia 2000.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - juara.net
Sumber Gambar juara.net

3.Simson Rumahpasal

Posisi Bek Kanan timnas Indonesia dari 1975 sampe 1982 nyaris ga pernah lepas dari jatah Simson Rumahpasal. Pemain kelahiran Maluku ini pun merasakan sejumlah event internasional bersama timnas Indonesia. Seperti SEA Games, Pra Olimpiade, Pra Piala Dunia, Turnamen Merdeka, dan Piala Raja.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - bola.com
Sumber Gambar bola.com

4.Didik Darmadi

Jika Simson jadi andalan di sisi kanan pertahanan, Didik Darmadi berada di sisi sebaliknya. Pemain yang besar bersama Warna Agung ini jadi andalan mengawal sisi kiri pertahanan. Karena pernah menjadi striker di awal karir sebagai pemain sepak bola, Didik pun dikenal dengan sundulan mendatar dalam mencetak gol.

Mengawali karir bersama timnas senior dalam usia 20 tahun, Didik punya pengalaman bertemu Maradona yang kala itu masih membela tim junior Argentina pada 1979. Pengalaman tersebut ga akan dilupakan Didik sepanjang hidupnya.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - juara.net
Sumber Gambar juara.net

5.Robby Darwis

Sosok Robby Darwis sangat mudah ditemukan ketika berada di tengah lapangan. Dengan postur tinggi besar, pemain belakang binaan asli Persib Bandung ini menjadi sosok yang membuat penyerang lawan berpikir berkali-kali untuk melewatinya.

Meski bertugas sebagai pemain yang mengawal pertahanan, Robby dikenal sebagai pemain yang kerap membantu serangan. Salah satu senjatanya adalah tendangan keras dan terarah. Kualitas yang membuat Robby sempat ditarik untuk membela klub Malaysia, Kelantan FC, pada 1989. Sepanjang 10 tahun membela timnas Indonesia, Robby tampil setidaknya dalam 53 pertandingan dan mencetak 6 gol.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - juara.net
Sumber Gambar juara.net

6.Herry Kiswanto

Akang, demikian panggilan akrab Herry Kiswanto. Sosok yang kerap menjadi panutan pemain muda di mana pun dia bermain. Gaya bermain Hery Kiswanto mirip dengan Franz Beckenbauer di timnas Jerman. Sama-sama menjadi libero. Pemain yang sanggup menggalang pertahanan sekaligus mengawali serangan.

Sepanjang kariernya sebagai pemain sepak bola, Akang termasuk pemain yang jarang melakukan pelanggaran berat. Buktinya hingga pensiun dari sepak bola, Akang hanya pernah mendapat satu kali kartu kuning dari wasit. Akang menjadi bagian dari timnas saat meraih medali emas SEA Games 1987.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - bola.net
Sumber Gambar bola.net

7.Agung Setyabudi

Pemain bertahan yang menjadi idola suporter PSIS Semarang ini termasuk bek tanpa kompromi. Kecepatan dan kecermatannya dalam membaca serangan lawan membuat dia kerap menjadi langganan timnas Indonesia.

Pelbagai turnamen internasional sempat diikuti Agung sepanjang berkostum timnas. Seperti Olimpiade, Piala Tiger, serta Piala Asia. Kepemimpinannya membuat Agung sempat dipercaya sebagai kapten timnas Indonesia pada Piala Asia 2004.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - ongisnade.co.id
Sumber Gambar ongisnade.co.id

8.Aji Santoso

Bagi penggemar sepak bola di era 1990-an pasti akan sangat mengenal Aji Santoso. Bek kiri lugas dan punya kecepatan lari yang mumpuni ketika menyusuri lapangan. Lama membela Persebaya, Aji pun kerap menjadi langganan timnas Indonesia. Aji tercatat sudah pernah 41 kali membela timnas Indonesia di sejumlah event internasional. Ketajamannya sebagai pemain belakang mampu membuat Aji mencetak 6 gol dengan kostum merah putih.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - bola.com
Sumber Gambar bola.com

9.Bejo Sugiantoro

Salah satu alumni PSSI Primavera ini adalah kunci kepercayaan diri para pemain lain. Kehadiran Bejo Sugiantoro di lini belakang seolah menjadi jaminan bahwa pertahanan mereka akan aman. Tempaan yang berat di Italia telah membuat Bejo muncul sebagai salah satu pemain bertahan terbaik yang dimiliki negeri ini.

Persebaya kerap bersinonim dengan Bejo saking lamanya sang pemain membela klub asal Surabaya itu. Menjelang akhir karirnya Bejo sempat membela sejumlah klub tanah air, Di antaranya PSPS Pekanbaru, Mitra Kukar, dan Persidafon Dafonsoro.

Cerdik, Tajam, dan Ditakuti Lawan

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - peksicahyo.blogspot.com
Sumber Gambar peksicahyo.blogspot.com

10.Ronny Pattinasarany

Ga ada pemain tengah yang selalu diperbincangkan selain Ronny Pattinasarany. Umpan terukur Ronny menjadi hal yang selalu dinantikan para penyerang timnas. Tendangan jarak jauh Ronny pun termasuk yang ditakuti lawan karena punya akurasi yang tinggi.

Kemampuannya dalam mengatur serangan pun sempat membuat legenda timnas Belanda, Johan Cruyff terkagum-kagum. Keduanya saling berhadapan ketika PSSI Utama bertemu Washington Diplomats yang diperkuat Cruyff. Usai pertandingan Cruyff sempat mencari Ronny saking kagum dengan sang pemain.

Atas kemampuan hebat yang dimiliki Ronny, sejumlah gelar individu sempat diraihnya. Seperti masuk All Star Asia 1982, Pemain Terbaik Galatama 1979 dan 1980, dan Olahragawan Terbaik Nasional 1976 dan 1981.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - br.onlinesoccermanager.com
Sumber Gambar br.onlinesoccermanager.com

11.Iswadi Idris

Bertinggi hanya 165 cm ga lantas membuat Iswadi Idris dipandang sebelah mata. Pemain berjuluk si Boncel ini termasuk gelandang serbabisa. Tapi posisi utama yang membuat Iswadi mampu mengeluarkan semua kemampuannya adalah menjadi sayap kanan.

Kecepatan lari yang dimiliki Iswadi berawal dari hobinya berlari. Bahkan awalnya Iswadi ingin menjadi pelari ketimbang pemain sepak bola. Ajakan temannya yang sudah bergabung dengan Persija mengubah jalan hidup Iswadi. Toh Iswadi pun memang punya bakat sepak bola yang mumpuni.

Kemampuannya yang spesial itu membuat Iswadi disegani kawan dan lawan. Ban kapten timnas Indonesia pun sempat disandangnya nyaris sepanjang karirnya membela Merah Putih yang berakhir pada 1980.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - kompasiana.com
Sumber Gambar kompasiana.com

12.Zulkarnaen Lubis

Ditempa dalam atmosfer sepak bola Sumatera Utara, Zulkarnaen Lubis dikenal dengan gocekan dan umpan-umpan akuratnya. Keputusannya untuk merasakan atmosfer sepak bola di Pulau Jawa membawanya bergabung dengan Krama Yudha Tiga Berlian. Hasilnya, Zulkarnaen menjadi salah satu pilar Krama Yudha saat menjadi juara Galatama 1987 dan 1988.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - sepakgoll.blogspot.com
Sumber Gambar sepakgoll.blogspot.com

13.Rully Rudolf Nerre

Tanah Papua memang salah satu sumber pemain-pemain andal. Jika kini publik Papua dibuat bangga oleh aksi-aksi Boaz Solossa, dulu mereka juga sudah bangga terhadap putera asli Papua bernama Rully Nerre. Seorang gelandang elegan yang selalu tampil all out setiap tampil di atas lapangan. Publik sepak bola Indonesia di era 1980-an pasti akan selalu menunggu aksi-aksi Rully Nerre yang memikat.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - tokohkita.com
Sumber Gambar tokohkita.com

14.M Basri

Jika ada pemain yang sanggup membela timnas dalam kurun waktu yang panjang pasti salah satunya adalah M. Basri. Mengawali karir di timnas pada 1962, M. Basri masih setia berkostum timnas hingga 1973. Sejumlah turnamen internasional pernah dikecapnya bersama timnas Merah Putih.

Usai pensiun sebagai pemain bola, M Basri langsung aktif di dunia kepelatihan. Dialah pelatih yang mampu meraih empat gelar juara Galatama.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - sidomi.com
Sumber Gambar sidomi.com

15.Bima Sakti Tukiman

Boleh jadi Bima Sakti merupakan gelandang Indonesia yang sulit digeser posisinya sepanjang era 1990-an dan 2000-an. Menjalani debut sebagai penggawa timnas Indonesia pada 1995, Bima baru benar-benar mundur pada 2012. Kedisiplinannya dalam menjaga kondisi fisik membuat Bima masih sanggup bermain selama waktu yang panjang.

Ga cuma itu, kharisma Bima pun sangat disegani para pemain timnas Indonesia. Hal ini sudah mulai terlihat kala ditempa bersama PSSI Primavera di Italia. Bima pun sempat membela Helsingborg usai melewati masa latihan di Italia. Salah satu ciri khas sekaligus senjata Bima adalah tendangan bebasnya yang keras dan terukur. Sebelas di antaranya menjadi koleksi gol bersama timnas.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - kliksamarinda.com
Sumber Gambar kliksamarinda.com

16.Fachry Husaini

Inilah sosok playmaker yang punya visi bermain yang mengagumkan. Fachry Husaini merupakan dirigen permainan timnya. Dia tahu persis kapan harus menyerang cepat kapan menahan bola. Kemampuannya semakin lengkap dengan umpan-umpan yang terukur dengan cermat.

Kemampuan hebat Fachry mulai tercium timnas saat dia membela Pupuk Kaltim. Hampir satu dasawarsa Fachry membela PKT, membuat dirinya sudah menjadi ikon klub kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur itu. Fachry sudah tampil dalam 42 pertandingan bersama timnas dan menyumbang 13 gol.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - suara.com
Sumber Gambar suara.com

17.Abdul Kadir

Abdul Kadir merupakan talenta langka yang dimiliki Indonesia. Bagaimana tidak, dia sudah berkostum timnas sejak berumur 16 tahun saat Indonesia tampil Ganefo yang merupakan cikal bakal Asian Games. Berkat kelincahan dan kecepatannya saat menggiring bola, Abdul Kadir pun mendapat julukan si Kancil.

Selama 13 tahun (1965-1978) Abdul Kadir mencurahkan semua kemampuannya demi membela timnas Indonesia. Si Kancil menjadi salah satu pemain yang mampu mencetak gol ke gawang Uruguay saat bertemu Indonesi pada 19 April 1974. Gol yang membawa Indonesia meraih kemenangan 2-1 atas Uruguay.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - juara.net
Sumber Gambar juara.net

18.Thio Him Tjiang

Tumbuh dalam keluarga yang mencintai sepak bola, Thio Him Tjiang seolah mendapat jalan untuk mengasah bakatnya. Thio merupakan salah satu anggota timnas Indonesia yang bertarung habis-habisan melawan Uni Soviet pada Olimpiade 1956.

Thio merupakan hasil didikan pelatih legendaris Indonesia, Endang Witarsa. Bergabung di klub UMS yang merupakan klub anggota Persija, Thio termasuk pemain yang sangat loyal. Saat ditawari bergabung ke klub Tjung Hwa dengan iming-iming bayaran tinggi dia memilih bertahan bersama UMS hingga akhir karirnya.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - juara.net
Sumber Gambar juara.net

19.Risdianto

Karir sepak bola Risdianto dimulai di usia yang masih belia. Pada usia 19 tahun dia menjadi andalan tim PON Jawa Timur. Setahun kemudian dimulailah karirnya bersama timnas Indonesia hingga satu dasawarsa berikutnya.

Risdianto menjadi pemain kedua Indonesia yang dikontrak klub luar negeri setelah Iswadi Idris. Risdianto dikontrak tim Divisi Utama Hong Kong, Mackinnons FC, selama satu tahun (1974-1975). Selanjutnya dia menjadi pemain andalan Persija dan Warna Agung.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - ngalam.co
Sumber Gambar ngalam.co

20.Bambang Nurdiansyah

Mengawali karir sebagai pemain sepak bola bersama klub Arseto Solo pada 1978 membuat talenta Bambang Nurdiansyah dengan cepat dicium timnas Indonesia. Dua tahun kemudian, Bambang resmi mengenakan jersey timnas Merah Putih. Atas talentanya sebagai penyerang yang tajam, Bambang pun dijuluki Gerd Muller Indonesia.

Sebuah julukan yang tidak mengada-ada. Berkat kemampuan spesialnya, Bambang pernah merasakan lima gelar juara Galatama di tiga klub berbeda. Yaitu Pelita Jaya (1989, 1990), Yanita Utama (1983,1984), dan Krama Yudha Tiga Berlian (1985).

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - juara.net
27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

21.Ricky Yakobi

Striker timnas paling flamboyan dan oportunis ga lain adalah Ricky Yakobi. Kecepatan yang didukung postur ideal untuk menjadi striker membuat Ricky kerap membuat pemain bertahan lawan lebih waspada. Karirnya bersama timnas Indonesia pun cukup gemilang. Di mana Ricky menjadi salah satu pemain yang menyumbang emas pertama Indonesia pada SEA Games 1987.

Kemampuan Ricky kala itu membuat sejumlah klub asing kepincut. Klub Jepang, Matshusita, rela membayar mahal agar Ricky mau bermain di Jepang pada 1988. Sayang, karena sulit beradaptasi dengan iklim di Jepang, Ricky gagal menunjukkan kemampuannya. Toh saat kembali ke tanah air Ricky tetap diperebutkan banyak klub lokal.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - tribunnews.com
Sumber Gambar tribunnews.com

22.Widodo Cahyono Putro

Nama Widodo Cahyono Putro bakal terus terpatri dalam sejarah Piala Asia. Ya, dialah pencetak gol spektakuler saat Indonesia melawan Kuwait di Piala Asia 1996. Sebuah gol Widodo hasil tendangan salto membelakangi gawang dinobatkan sebagai tol terbaik Piala Asia 1996. Gol tersebut bahkan membuat pelatih Kuwait melontarkan pujian.

Performanya yang stabil membuat Widodo pun selalu menjadi langganan timnas setiap ada pertandingan. Kecepatan dan naluri mencetak golnya yang tajam menjadi salah satu faktor setiap pelatih timnas ingin Widodo selalu ada dalam timnya.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - sidomi.com
Sumber Gambar sidomi.com

23.Kurniawan Dwi Yulianto

Boleh jadi Kurniawan Dwi Yulianto adalah pemain jebolan PSSI Primavera tersukses. Sejak masih berlatih di Italia, Kurniawan sudah membuat banyak klub lokal tertarik. Kurus, panggilan akrab Kurniawan, pun akhirnya sempat tampil membela Sampdoria Primavera. Usai berlatih di Italia, Kurniawan pun ditarik klub Swiss FC Luzern.

Kehebatannya sebagai penyerang membuat Kurniawan pun menjadi langganan timnas. Setidaknya udah 60 pertandingan yang dilakoni Kurniawan bersama timnas Indonesia. Dari jumlah pertandingan itu, Kurus sudah mencetak 31 gol. Di mana gol pertamanya bagi timnas terjadi saat bertemu Kamboja pada SEA Games 1995.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - goal.com
Sumber Gambar goal.com

24.Ramang

Salah satu pemain Indonesia yang disebut-sebut sangat pantas bermain di Liga-liga Eropa adalah Ramang. Striker yang lama membela PSM Makassar pada dekade 1950-an ini dikenal mampu mencetak gol dalam posisi sesulit apa pun. Ramang lah yang membuat para pemain Uni Soviet batal memandang sebelah mata Indonesia saat kedua tim bertemu di Olimpiade 1956.

Kemampuan istimewa Ramang ga diraih dengan mudah. Ramang selalu datang lebih awal dan pulang paling terakhir setiap kali berlatih. Dia pun kerap terlihat melatih sendiri kemampuannya dengan menggiring bola di atas pasir pantai. Hasil latihannya itulah yang membuat Ramang punya kemampuan hebat dan ditakuti lawan.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - juara.net
Sumber Gambar juara.net

25.Soetjipto Soentoro

Pada eranya, Soetjipto Soentoro merupakan penyerang paling tajam. Bahkan hingga kini torehan 57 gol yang dicetak Soetjipto belum ada yang mampu melewati. Meskipun memang jumlah gol tersebut merupakan gabungan pertandingan resmi dan nonresmi bersama timnas Merah Putih.

Salah satu momen paling mengesankan yang dilakukan Soetjipto adalah gol yang dicetak ke gawang Feyenoord setelah melewati tiga pemain. Penampilan apik Soetjipto kembali ditunjukkan ketika melawan Werder Bremen. Trigol Soetjito ke gawang Bremen membuat pelatih Herr Brocker sempat menawari Gareng, panggilan akrabnya, bersama Max Timisela dan John Simon untuk bergabung.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - sundul.com
Sumber Gambar sundul.com

26.Bambang Pamungkas

Pemain hasil tempaan Diklat Salatiga ini dikenal dengan lompatannya yang tinggi dengan timing yang akurat. Gol-gol yang dicetak Bambang Pamungkas memang sebagian berasal dari hasil sundulan kepalanya. Kemampuan istimewa Bepe, panggilan akrab Bambang Pamungkas, membuat dirinya menjadi langganan timnas sejak awal era 2000-an.

Ada 96 pertandingan dan 44 gol yang telah dilakoni Bepe sepanjang berkostum Merah Putih. Jumlah ini ga akan bertambah secara Bepe sudah menyatakan pensiun dari timnas pada 2013 lalu.

Dalam perjalan karirnya, Bepe pun sempat melancong ke Liga Malaysia untuk memperkuat Selangor FC. Sepanjang tampil di negeri jiran, Bepe membuat fans Selangor FC memujanya bak dewa. Total, Bepe mencetak 34 gol bersama Selangor FC.

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - explor.xl.co.id
Sumber Gambar explor.xl.co.id

27.Rochi Putiray

Pemain kelahiran Ambon ini dikenal dengan sosok yang nyentrik. Rochi Putiray seolah selalu ingin menjadi pusat perhatian setiap kali bertanding. Rambut dikucir ato dicat warna warni menjadi ciri khas Rochi ketika berada di tengah lapangan. Toh, semua atribut tersebut diimbangi kemampuan dan ketajaman yang mumpuni.

Pemain yang selalu mengenakan sepatu berbeda warna ini pun sempat melanglang buana hingga ke Hong Kong. Rochi bahkan menjadi andalan Kitchee FC saat bertemu AC Milan dalam laga persahabatan. Dua gol Rochi ke gawang Milan membawa Kitchee menang 2-1. Padahal, itu semua terjadi menjelang akhir karir Rochi sebagai pemain sepak bola.

Baca Juga
1. 
27 Pemuda Indonesia yang Berhasil di Usia Muda
2. 27 Pemuda Indonesia yang Paling Berpengaruh di Media Sosial

27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - viva.co.id

Itulah sebagian dari pemain-pemain yang pernah memberi warna bagi sepak bola nasional. Kehadiran mereka dengan kemampuan yang memang spesial menjadi magnet bagi suporter untuk memenuhi stadion. Sekaligus menjadi panutan bagi para pemain muda yang ingin mengembangkan karirnya lebih tinggi.

Sebarin ya Mas Bro dan Mbak Bro. Supaya kita ga lupa terhadap para pemain yang sudah membesarkan nama Indonesia di kancah internasional.

Kalo masih ada pertanyaan, silakan isi kolom komentar di bawah ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Kayak tabungan itu bisa dicicil
Juga sama prestasi gemilang
Pemain muda harus didik sejak kecil
Jangan sampe talentanya hilang

Tembalang, Semarang
Sabtu, 18:00 WIB 17 Desember 2016
Tulisan Temen Kita – YK

Sumber Tulisan
Albertus Devin.2016.Pemain Terbaik Legenda Sepak bola Indonesia panditfootball.com/pandit-sharing/206775/PSH/161123/11-pemain-terbaik-legenda-sepakbola-indonesia diakses pukul 10:20 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
Tim ilmubola.2014. Pemain Bola Indonesia Terbaik ilmubola.com/2014/02/16-pemain-bola-indonesia-terbaik.html diakses pukul 10:40 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016

M.Rezky Agustyananto.2016. 5 Gelandang Terbaik Timnas Indonesia Sepanjang Masa fourfourtwo.com/id/features/5-gelandang-terbaik-timnas-indonesia-sepanjang-masa?page=0%2C1 diakses pukul 11:10 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
Tim fourfourtwo.com.2106. 20 Pesepakbola Indonesia Terbaik Dari 1990-Sekarang fourfourtwo.com/id/features/fft-20-pesepakbola-indonesia-terbaik-dari-1990-sekarang-20-1?page=0%2C1 diakses pukul 11:45 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016

Sumber Gambar
Bola.com diakses pukul 14:55 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
Bola.net diakses pukul 14:21 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
Br.onlinesoccermanager.com diakses pukul 13:50 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
Goal.com diakses pukul 13:21 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
Juara.net diakses pukul 14:28 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
kompasiana.com diakses pukul 16:20 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
Liputan6.com diakses pukul 14:52 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
Ongisnade.co.id diakses pukul 14:40 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
sepakgoll.blogspot.com diakses pukul 16:06 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
Sidomi.com diakses pukul 15:15 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
Suara.com diakses pukul 16:45 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
Sundul.com diakses pukul 15:45 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
Tokohkita.com diakses pukul 15:28 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
Tribunnews.com diakses pukul 15:06 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
xl.co.id diakses pukul 15:57 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016
viva.co.iv diakses pukul 16:30 WIB pada hari Sabtu, 17 Desember 2016

Comments

2 responses to “27 Pemain Sepak Bola Indonesia Terbaik Sepanjang Masa”

  1. Kaydence Avatar

    That’s a genuinely impressive answer.

    1. kita Avatar
      kita

      Salam Mas Bro / Mbak Bro K

      Wow
      Thankyou
      which one was make you think this is impressive?

      Mauliate
      Makasih

Leave a Reply