27 Hal yang Harus Kita Tau Tentang Biografi Ir Soekarno : #KitaIndonesia

27 Fakta yang Perlu Kita Tau dari Bung Karno

Siapa presiden pertama Indonesia
Siapa lagi kalo bukan Bung Karno
Sosok nan tangguh bagi Indonesia
Yang berhasil memerdekakan Indo

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Pasti pada kenal sama Bung Karno kan?

Pasti dong ya, kelewatan kalo ga kenal. Presiden pertama Republik Indonesia dengan julukan “Putra Sang Fajar” ini dikenal sebagai salah pemimpin hebat dunia. Bung Karno panggilannya merupakan tokoh yang membawa negara kita ini terbebas dari para penjajah dengan inisiatifnya bersama para pejuang lain.

Ga hanya hebat dalam hal kepemimpinan aja, tapi presiden pertama kita juga memiliki segudang prestasi yang membanggakan dan membawa citra Indonesia di mata dunia. Pada ulasan kali kita akan membahas tentang sisi lain dari Bung Karno yang positif. Pasti penasaran kan? Langsung aja yuk!

27 Fakta yang Perlu Kita Tau dari Bung Karno?

1. Biografi Singkat Ir. Soekarno

Soekarno (Sukarno) lahir di Blitar, Jawa Timur pada tanggal 6 Juni 1991 dan wafat di Jakarta pada 21 Juni 1970 di usia 69 tahun. Beliau dikenal sebagai Presiden Indonesia pertama dengan masa jabatan 1945 – 1966. Bung Karno merupakan salah satu sosok penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Beliau juga menggagas ide Pancasila dan menjadi Proklamator Kemerdekaan Indonesia bersama Mohammad Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945.

Soekarno dilahirkan dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Ayahnya yaitu Raden Soekemi adalah seorang guru yang ditempatkan di Sekolah Dasar Pribumi di Singaraja, Bali yang membuatnya bertemu dengan Ida Ayu Nyoman Rai. Pada awalnya beliau diberi nama Kusno Sosrodihardjo oleh orangtuanya. Kemudian saat berusia lima tahun namanya diubah menjadi Soekarno, karena ia sering sakit.

2. Masa Kecil dan Pendidikan Soekarno

Ketika kecil Soekarno tinggal bersama kakeknya, Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur. Pada usia 14 tahun, seorang kawan bapaknya yang bernama Oemar Said Tjokroaminoto mengajak Soekarno tinggal di Surabaya dan disekolahkan ke Hoogere Burger School (H.B.S.) di sana sambil mengaji di tempat Tjokroaminoto. Di Surabaya, Soekarno banyak bertemu dengan para pemimpin Sarekat Islam, organisasi yang dipimpin Tjokroaminoto saat itu. Soekarno kemudian mulai bergabung dengan organisasi Jong Java ato yang lebih dikenal dengan Pemuda Jawa.

Pada tahun 1920, Soekarno tamat belajar di H.B.S. dan kemudian melanjutkan pendidikan di Technische Hoge School ato sekarang yang lebih dikenal dengan ITB di Bandung, serta tamat pada tahun 1925. Saat di Bandung, Soekarno pun banyak berinteraksi dengan para pemimpin organisasi, salah satunya adalah organisasi National Indische Partij yang dipimpin oleh Tjipto Mangunkusumo dan Dr. Douwes Dekker.

3. Masa Kejatuhan

Masa kejatuhan Soekarno dimulai ketika pengunduran diri Moh. Hatta dalam dunia perpolitikan Indonesia pada 1956. Lalu, terjadinya pemberontakan separatis dan G30S yang terjadi di Indonesia.

4. Pemikiran dan Karya Ir. Soekarno

Salah satu karya Ir. Soekarno adalah tulisannya di tahun 1926 yang berjudul “Nasionalisme, Islam & Marxisme” yang dimuat di majalah Indonesia. Tulisan tersebut yang menjadi pemikiran Soekarno yang menyerukan tiga aliran dalam pergerakan Indonesia, yaitu bersatunya Nasionalisme, Islam dan Marxisme.

5. Pencetus Ideologi Pancasila

Gak hanya menjadi seorang Presiden, Soekarno juga menjadi salah satu pencetus ideologi negara Republik Indonesia, yaitu Pancasila. Pancasila mengandung nilai luhur untuk mencapai kehidupan manusia yang jauh lebih baik daripada sebelumnya.

6. Orator Ulung

Kemampuan Soekarno sebagai seorang orator sudah diakui dunia. Bahkan majalah Time sempat menjadikan Ir. Soekarno sebagai tajuk utamanya dan salah satu isinya memyoroti kemampuannya dalam berpidato.

7. Ahli Berdiplomasi

Selain menjadi orator, Bung Karno dikenal sebagai seorang diplomat. Beliau banyak melakukan diplomasi agar Indonesia mendapat banyak keuntungan, seperti misalnya pada saat beliau berhasil mendapatkan bantuan kapal perang Sverdlov Uni Soviet.

8. Anti Imperialisme

Soekarno dikenal sebagai sosok yang anti imperialisme. Beliau pernah menyatakan Indonesia keluar dari PBB karna Malaysia yang terpilih menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB. Beliau menganggap Malaysia negara boneka yang dibuat imperialis Inggris.

9. Sosok yang Pemberani

Bung Karno bahkan pernah mengeluarkan kata-kata keras kepada Amerika Serikat dalam kasus bantuan. Beliau menganggap sifat bantuan tersebut gak dilandansi dengan ketulusan dan digunakan sebagai penekan bagi negara penerima bantuan agar memerangi paham Komunisme di Asia.

10. Namanya Selalu Dikenang

Sebagai salah satu pemimpin dunia, nama Soekarno nampaknya masih dikenang bahkan sesudah kematiannya. Selain di Indonesia, nama Soekarno ini banyak dijadikan nama-nama tempat, jalan ato perangko di beberapa negara, seperti Rusia, Kuba, Arab Saudi, Mesir dan lain sebagainya.

11. Jiwa Nasionalisme yang Kuat

Ir. Soekarno sebagai Presiden Indonesia yang pertama terkenal dengan rasa nasionalisme yang kuat. Beliau berjuang agar Indonesia bebas dari masa kolonialisme. Di masa perjuangannya Bung Karno udah beberapa kali diasingkan di pulau terpencil. Meskipun begitu beliau tetap berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

12. Aktif dalam Menjaga Perdamaian Dunia

Bung Karno merupakan sosok yang aktif dalam menjaga perdamaian dunia. Usaha yang dilakukannya pun udah banyak sekali. Misalnya, menjadi salah satu pelopor Gerakan Non Blok bersama 4 pemimpin negara lainnya.

13. Sosok yang Bersahabat

Selain tegas dan juga berkarisma, ternyata Bung Karno adalah sosok yang bersahabat. Banyak pemimpin dunia dan presiden negara lain yang menjadi sahabat karibnya, yaitu seperti Gammal Abdul Nasser – Presiden Mesir, Nikita Kruschev – Pemimpin Uni Soviet, dan John F. Kennedy – Presiden Amerika Serikat.

14. Pemimpin yang Cerdik

Soekarno sebagai presiden Indonesia saat itu disegani oleh banyak pihak, meskipun baru beberapa tahun memimpin. Bahkan negara besar seperti Uni Soviet dan Amerika Serikat berhasil beliau dekati agar mau membantu Indonesia dalam hal politik, finansial dan militer.

15. Indonesia Sebagai Macan Asia

Ketika Indonesia masih dipimpin oleh Ir. Soekarno merupakan negara terkuat di Asia. Pada masa itu Indonesia sudah memiliki alat-alat persenjataan yang canggih dan modern buatan Uni Soviet. Tentu saja karena Indonesia memiliki hubungan yang sangat erat dengan Uni Soviet.

16. Membentuk Poros Jakarta-Peking-Pyongyang-Moskow

Poros Jakarta-Peking-Pyongyang-Moskow ini muncul ketika Presiden Soekarno mengubah haluannya dari Blok Barat ke Blok Timur. Karena negara negara Blok Barat terutama Amerika Serikat terlalu memanfaatkan Indonesia untuk kepentingan pribadinya. Maka dari itu Indonesia mulai menjalin hubungan yang erat dengan negara-negara Blok TImur, seperti Korea Uara, Rusia dan China. Poros inilah yang membuat kerja sama di bidang militer, politik dan perekonomian menjadi sangat kuat.

17. Mempunyai Teknologi Roket

Indonesia tercatat menjadi negara kedua di Asia setelah Jepang yang mampu mengembangkan rudal dan roket di era kepemimpinan Soekarno. Indonesia berhasil meluncurkan roket Kartika I pada tanggal 14 Agustus 1964.

18. Sosok yang Pemaaf

Soekarno merupakan pribadi yang pemaaf. Terbukti meskipun Indonesia telah dijajah oleh Belanda selama 350 tahun dan Jepang 3,5 tahun, beliau masih menjalin hubungan diplomatik yang baik dengan kedua negara tersebut.

19. Memiliki Tentara yang Kuat

TNI di jaman kepemimpinan Soekarno ini dikenal kuat dan disegani dunia. Pada tahun 1960, militer Indonesia telah memiliki salah satu kenapa perang terbesar dan tercepat di dunia yang dibuat oleh Uni Soviet.

20. Mencegah Ditutupnya Al-Azhar University

Al-Azhar University merupakan universitas tertua di dunia yang terletak di Mesir. Soekarno ikut membujuk Presiden Gammal Abdel Nasser agar universitas tersebut gak ditutup. Alasan ditutupnya adalah karna ulama-ulama di Alzhar yang tergabung dengan kelompok Ikhwanul Muslimin ini berencana melengserkan jabatan presiden Mesir kala itu.

21. Mengembalikan Fungsi Tempat Ibadah

Soekarno berhasil membujuk pemimpin Uni Soviet saat itu mengembalikan fungsi tempat ibadah yang ada disana, karna mereka menggunakan tempat ibadah tersebut sebagai tempat penyimpanan senjata.

22. Memperjuangkan Negara Lain yang Dijajah

Presiden Soekarno bersama pemimpin negara lainnya mulai ikut andil dalam memperjuangkan nasib negara-negara lain yang masih dijajah melalui Konferensi Asia-Afrika (KAA) yang di pelopori nya.

23. Mempunyai Rasa Solidaritas Tinggi

Soekarno adalah seorang yang punya rasa solidaritas tinggi. Hal ini terbukti dengan perjuangannya ketika membantu negara-negara lainnya yang masih dalam penjajahan. Sehingga banyak negara-negara khususnya di Asia-Afrika yang sampai saat ini masih mengenang kebaikan beliau.

24. Menjadi Presiden Indonesia Paling Disegani Oleh Amerika Serikat

Bung Karno merupakan satu-satunya Presiden Indonesia yang sampai sekarang benar-benar sangat dihormati dan juga disegani oleh Amerika Serikat. Salah satu peristiwa yang menjadi bukti betapa diseganinya beliau adalah pada saat kedatangan Presiden Soekarno di Amerika yang disambut sangat baik, yaitu dengan tembakan kehormatan sebanyak 21 kali. Sangat menakjubkan bukan?

25. Pemersatu Bangsa

Perjuangan Bung Karno dan para pahlawan lainnya berhasil membuat Indonesia dengan berbagai macam suku, budaya, agama bersatu.

26. Penyambung Lidah Rakyat Indonesia

Sebagai Presiden RI kala itu, Bung Karno dikenal selalu memperjuangkan hak-hak hidup serta menyuarakan keadilan dan juga kesejahteraan rakyat.

27. Menguasai 7 Bahasa Asing

Gak hanya menjadi pemimpin yang hebat, Bung Karno ternyata memiliki kemampuan berbahasa yang bagus, yaitu menguasai 7 bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Arab, Belanda, Cina dan Latin.

Itulah tadi 27 hal yang harus kita tau tentang Ir. Soekarno. Hebat kan beliau? Siapa nih yang kira-kira mau seperti beliau?

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Mauliate.

Sosok hebat seorang Bung Karno
Yang patut ditiru kaum millenial
Siap nih jadi the next Bung Karno
Pasti! Jangan kebanyakan ngayal

#HukumKita
20180830 0601 WIB Jumat
Rumah Semarang

Comments

Leave a Reply