Hal Ini yang Harus Dilakukan di Pilkada Biar Ga Salah Pilih

Sumber Gambar lampost.co

Harus gimana ya, biar ga salah milih di Pilkada?

27 Tips Pilkada Biar Ga Salah Milih

Salam Mas Bro dan Mbak Bro.

Tanggal 15 Februari 2017 kemaren baru aja dilaksanakan pilkada serentak. Pilkada serentak ini dilaksanain di 101 daerah berbeda di Indonesia. Salah satu yang termasuk dalam pilkada serentak ini adalah ibukota Jakarta. Pilkada DKI 2017 kali ini termasuk yang jadi bahan obrolan.

Tapi nih, sebelom kita melangkah lebih jauh membahas berita pilkada. Masih ada ga, yang bertanya-tanya apa artinya pilkada itu sebenarnya? Kalo masih ada yang bertanya-tanya, ga apa-apa, kok! Nah, pertama-tama mari cari tahu apa sih, pengertian pilkada itu.

Pilkada adalah pemilihan langsung oleh rakyat untuk memilih pemimpin daerah. Pilkada diawasin oleh Komisi Pemilihan Umum atau yang disingkat KPU. Kita harus memenuhi syarat dahulu baru kemudian kita bisa nyoblos.

Ada loh, UU pilkada yang ngatur gimana jalannya pilkada ini!

UU Pilkada tersebut adalah:

  • UU Nomor: 32 tentang Pemerintah Daerah.
  • UU Nomor: 32 tentang Penjelasan Pemerintahan Daerah.
  • PP Nomor: 17 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 6 tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.
  • PP Pengganti UU Nomor:3 tentang PERPU Nomor 3 Tahun 2005.

Dengan adanya UU pilkada, pelaksanaan pilkada bisa berjalan lebih tertib.

Setelah tahu apa artinya pilkada, ada lagi satu pertanyaan lain. Gimana ya, kalo saat nyoblos tapi kita takut salah milih? Ini nih, yang bakalan kita kupas dalam tulisan kali ini. Ada 27 tips pilkada yang harus diketahui!

1. Cari Tahu Informasi Tentang Pilkada

Sumber Gambar simplenews05.blogspot.co.id

Pertama-tama nih, kita harus nyari tahu dulu, informasi tentang pilkada. Informasinya bisa berupa apa aja yang ada hubungannya dengan pilkada. Kayak informasi pelaksanaan pilkada DKI ato informasi menarik tentang KPU. Bisa juga informasi tentang pelaksanaan pilkada DKI 2017.

Kenapa sih, harus nyari informasi dulu sebelum memilih? Penting, ya?

Tentu aja nyari informasi seputar berita pilkada penting untuk kita. Dengan ngumpulin informasi seperti apa artinya pilkada. Kita bisa jadi tahu tentang pengertian pilkada itu sendiri. Kita juga lebih tahu apa peran dari komisi pemilihan umum.

2. Pastiin Nama Kita Udah Terdaftar

Sumber Gambar merdeka.com

Setelah nyari tahu tentang berita pilkada, kita harus apa lagi?

Ini nih, hal kedua yang harus kita pastiin sebelum nyoblos. Pastiin nama kita udah terdaftar pada TPS tempat kita memilih. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecurangan suara pada waktu pilkada. Rugi banget kan, kalo nama kita ga terdaftar di TPS?

Terus, gimana cara mastiin nama kita udah terdaftar sebagai pemilih? Caranya adalah dengan mengecek kantor KPU di area rumah kita.

3. Kenali Calon Pilihan dan Partai Pengusungnya

Sumber Gambar riaulive.com

Berita pilkada ga akan rame tanpa berita tentang calon pemimpin. Para calon pemimpin atau bakal calon ini yang harus dikenalin. Karena salah satu dari pasangan inilah yang bakal kita pilih. Biasanya nih, calon pemimpin daerah dipilih oleh beberapa partai pengusungnya.

Mengenal calon pemimpin yang akan maju pilkada itu penting banget! Mengenali partai-partai pengusungnya juga penting. Hal ini supaya kita ga salah nyoblos sewaktu pilkada berlangsung. Dan juga untuk mengenal partai-partai yang ada di Indonesia ini.

4. Mengenali Calon Pilihanmu Lebih Jauh

Sumber Gambar nusantaranews.co

Ga kenal maka ga sayang!

Sama halnya dengan pilkada, contohnya kayak pilkada DKI kemarin, tuh! Kita ga boleh ngelihat calon pilihan hanya dari luarnya doang. Mengenali calon pilihanmu lebih jauh dan lebih dalam itu perlu.

Kenapa emangnya?

Tentu aja untuk menghindari kesalahan dalam memilih pada waktu pilkada.

5. Harus Tahu Visi, Misi, dan Motivasi Calon Pilihanmu

Sumber Gambar analisahukum.com

Setelah tahu siapa calon pemimpin daerah pilihan kita. Berikutnya nih, yang harus kita lakukan adalah mencari tahu. Apa sih, yang harus dicari tahu? Yang harus dicari tahu adalah visi, misi, dan motivasi calon.

Hal ini penting lho, untuk kita ketahui. Kenapa emangnya? Supaya kia bisa ngawasin ketika calon pemimpin pilihan kita terpilih. Kita bisa dengan segera tahu kalo kinerja mereka ga cocok.

Terutama sekali ga cocok dengan visi, misi, dan motivasi awal. Yang mereka kampanyekan sewaktu masa kampanye pilkada.

6. Perhatiin Rekam Jejak Calon Pilihanmu

Sumber Gambar kabartangerang.com

Yang berikutnya adalah perhatiin rekam jejak calon pemimpin pilihan kita. Memperhatikan rekam jejak penting banget sebelum kita benar-benar menetapkan pilihan. Kenapa harus merhatiin rekam jejak calon pemimpin pilihan kita, sih?

7. Pahami Tata Cara Memilih Sebelum Nyoblos

Sumber Gambar tribratanewsaceh.com

Ini nih, yang patut menjadi perhatian kita semua! Terutama banget untuk yang baru pertama kali ngikutin pemilihan umum. Memahami tata cara memilih sebelum akhirnya kita bisa ikut nyoblos. Memahami tata cara pemilu adalah pengertian pilkada yang harus diketahui.

Kenapa sih, kita harus tahu tata cara dalam pilkada? Salah satunya pastinya agar supaya kita ga salah dalam menerapkannya. Kedua, udah pasti untuk menghindari kesalahan yang ga kita inginkan. Terakhir, agar kita ga salah pilih karena melanggar tata caranya.

8. Jangan Lupa Ngikutin Asas dalam Pemilu

Sumber Gambar m.tempo.co

Selain tata cara, ada asas dalam pemilu juga harus diketahui. Asas pemilu seperti pada pilkada DKI 2017 penting banget diikuti. Apa aja sih, asas-asas dalam pemilu seperti pada pilkada DKI itu?

  • Langsung
    Artinya kita memberi suara kita pada pemilu atas kemauan sendiri. Ga melalui perantara dan benar-benar harus dilakukan oleh kita sendiri.
  • Umum
    Artinya semua orang boleh dan bebas dalam memilih calon pilihannya. Ga ada diskriminasi berdasarkan aspek apapun dan ini dilindungi pemerintah. Semua orang yang menyandang status WNI diperbolehkan ikut serta memilih.
  • Bebas
    Artinya dalam nyoblos, pilihan murni dari diri kita sendiri, loh! Memilih bukan karna paksaan dari orang atau pihak-pihak tertentu.
  • Rahasia
    Artinya siapapun yang kita pilih adalah rahasia kita sendiri. Kerahasiaan ini dijamin dan ga akan bocor kepada orang-orang luar. Siapa sih, yang menjamin kerahasiaan pilihan kita pada pemilihan umum? Tentu aja negara beserta Komisi Pemilihan Umum di tiap daerah.
  • Jujur
    Artinya semua yang terlibat dalam pemilihan umum haruslah bersikap jujur. Baik itu penyelenggara, pengawas, pemilih, semuanya harus bersikap jujur. Sikap ini haruslah sesuai dengan UU yang berlaku, loh!
  • Adil
    Artinya semua pemilih berhak mendapat keadilan sewaktu melakukan pemilihan. Hal ini juga termasuk hak untuk bebas dari hal-hal curang.

9. Jangan Golput

Sumber Gambar pilkadabali.com

Yang berikut ini, selain untuk menghindari agar ga salah. Juga ada alesan lainnya kenapa kita jangan sampe golput pilkada.

Satu buah suara dari kita nentuin nasib daerah kita masing-masing. Satu suara sangat menentukan bakal jadi apa daerah kita masing-masing. Ngebiarin suara kita ga terpakai dalam pilkada bisa sangat menyusahkan.

10. Perhatiin Gimana Calon Pilihanmu Berkampanye

Sumber Gambar nasional.republika.co.id

Seperti yang udah ditegaskan, pilkada adalah pesta demokrasi memilih pemimpin. Seperti pilkada DKI, pilkada ga akan lengkap tanpa adanya kampanye. Apa sih, yang dimaksud dengan kampanye itu? Kampanye adalah tindakan yang dilakuin calon pemimpin untuk mengumpulkan dukungan.

Terus kenapa ya, kita harus merhatiin calon pemimpin dalam berkampanye?

Seperti pilkada DKI 2017, kampanye emang harus kita perhatiin baik-baik. Perhatiin visi dan misi yang dibawain oleh calon pemimpin pilihanmu. Kiat-kiat apa aja yang mereka jadiin solusi untuk pembangunan daerahmu. Cermati dan telaah semuanya sewaktu calon pilihanmu sedang melakukan kampanye.

11. Jangan Sampe Ga Datang ke TPS

Sama seperti golput, jangan sampe kita ga dateng ke TPS. Dateng ke TPS pada hari pemilihan dibutuhin banget!

Kenapa emangnya?

Pada waktu pilkada, nama kita udah terdaftar pada TPS masing-masing. Kalo nama kita udah terdaftar, kita harus memberikan suara kita. Ini untuk mencegah berkurangnya satu suara. Ato yang lebih bahaya, kecurangan suara yang bertambah ato berkurang.

Jadi, untuk lebih amannya, ayo datang ke TPS sewaktu pemilu!

12. Kenali dan Ketahui Program Kerja Calon Pilihanmu

Sumber Gambar nasional.kompas.com

Kita udah ketahui kalo pilkada adalah pesta pemilihan pemimpin daerah. Tentunya sebelum pilkada, kita udah nentuin calon pemimpin pilihan kita. Kita juga udah harus berkenalan dengan calon pemimpin pilihan kita. Tapi, apakah kenalan dengan calon pemimpin pilihan kita udah cukup?

Belum cukup!

Ada hal penting lainnya yang harus kita perhatiin sebelum memilih. Yaitu mengenali program kerja calon pemimpin kita untuk kepentingan daerah. Ga hanya mengenali, tapi juga mengetahui program kerja sebanyak mungkin. Mengenali dan mengetahui program kerja mereka memungkinkan kita ikutan mengawasi.

13. Jangan Cuma Milih Karna Tampilan Calon Pilihanmu

Belakangan ini yang seperti ini sedang marak dalam bursa pemilu. Dimana pemilih nyoblos karena tampilan fisik calonnya bagus banget. Ga ada salahnya sih emang, kalo menilai dari segi fisik.

Tapi, ada satu hal yang harus kita inget dengan baik. Tampilan fisik calon pilihanmu bukanlah tolak ukur yang tepat, loh! Lebih fokus lagi pada program kerja dan visi serta misinya. Bisa jadi, karena faktor tampang kita malah salah memilih pemimpin.

14. Minta Pendapat Sebelum Nentuin Pilihanmu

Minta pendapat sebelum nentuin pilihanmu bisa juga kamu lakuin, kok! Ini terutama banget buat kamu yang baru pertama kali nyoblos. Kamu bisa minta pendapat dengan orang-orang terdekat di sekitarmu. Seperti orang tua, saudara, tetangga, ato bahkan teman-temanmu.

Tapi, disini ada satu hal penting yang kamu kudu ingat. Jangan langsung menelan mentah-mentah saran yang diberikan. Pilihlah saran mana yang harus kamu ikutin, mana yang ga. Sesudahnya, berpeganglah pada pilihan yang sudah kamu tetapkan di akhir.

15. Pilih Pasangan yang Taat

Ini penting banget, loh! Jangan disepelekan!

Memilih pemimpin yang taat pada agama adalah sebuah poin plus. Kamu bisa dengan yakin bahwa calon pemimpin pilihanmu orang taat. Taat pada agama dan beribadah sesuai dengan keyakinan yang dianutnya.

Pemimpin yang taat pada ajaran agamanya akan membawa dampak baik. Juga, bisa membawa daerah yang dipimpinnya menjadi jauh lebih baik.

16. Kenali Kepribadiannya

Kenapa sih, kita harus ngenalin kepribadian calon pemimpin pilihan kita?

Percaya ga percaya, kepribadian adalah salah satu yang kamu perhatiin. Perhatiin gimana calon pilihanmu berbicara ato melempar argumen, bahkan bercanda. Calon pemimpin dengan kepribadian yang baik patut untuk kita perhitungkan. Dan pastinya, ga akan membuat kita salah dalam memilih pemimpin.

17. Ketahui Sumbangsi Calon Pilihanmu untuk Daerah Pemilihannya

Ini juga penting banget!

18. Jangan Gugup ato Grogi

19. Jangan Bingung

20. Perhatiin Surat Suara

21. Pastiin Aman

22. Pastikan Nyoblos Sesuai Petunjuk

23. Pilih Pemimpin yang Berkomitmen

24. Jangan Sampe Melanggar Peraturan

25. Baca Lagi Peraturan Memilih Kalo Masih Bingung

26. Jangan Ragu Minta Bantuan Petugas TPS

27. Pastiin Lagi Surat Suaranya Udah Tercoblos

Comments

Leave a Reply