10 Makanan Khas Bogor

Jika ditanya mengenai yang identik dengan makanan khas Bogor, jawaban kamu mungkin adalah asinan Bogor. Lumrah karena kuliner ini memang begitu fenomenal di dunia kuliner Indonesia.

Namun, pada faktanya, makanan khas Bogor variasinya sungguh luar biasa. Hampir semua rasa ada, dari yang gurih, pedas, asam hingga asin, yang menjadikan kuliner di Bogor layak masuk dalam rencana wisata berikutnya.

Tertarik untuk mencoba dan mencicipi makanan khas Bogor yang terkenal di seantero kota ini, simak dulu makanannya di bawah ini, ya!

1. Toge Goreng Haji Omah 

Sudah berdiri sejak 1970-an, Toge Goreng Haji Omah menjadi salah satu makanan khas Bogor yang melegenda dan ngehits hingga saat ini. Rasanya yang pedas dan gurih, dengan siraman bumbu tauco asli dan tauge yang segar, ditambah kerupuk mie sebagai toppingnya , orang yang merasakannya akan puas dengan menikmatinya.

Lokasi: Jalan Jend. Sudirman No. 23 A, Pabaton, Bogor Tengah, Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Harga: 15.000 IDR per porsi.

2. Es Pala Pak Ujang 

Sudah lebih dari setengah abad makanan khas Bogor bertahan. Cita rasa yang terus dipertahankan adalah kuncinya. Kuliner segar yang kini mendukung oleh Pak Ata ini memiliki keunikan rasa, mulai dari asam khas pala, manis dari gula dan segar dari es yang ditambahkan di dalamnya. Sajian ini pas kamu nikmati saat cuaca panas.

Lokasi: Pasar Bogor, Lantai Dasar Blok H No. 6, JL. Surya Kencana, No. 3, Babakan Ps., Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Harga: 5,000 IDR per gelas

3. Doclang Pak Odik 

Jika di Jakarta terkenal dengan sajian ketoprak, maka Bogor identik dengan doclangnya. Bedanya, pada doclang, bihun dan tauge diganti dengan kentang dan telur rebus, dilengkapi ketupat atau lontong, tahu dan disiram dengan bumbu kacang. Kerupuk dan bawang goreng bisa menjadi penambah cita rasa yang tidak boleh dilewatkan. Salah satu tempat terbaik menikmati doclang adalah di warung Pak Odik, yang berada di Tanjakan Pasir Kuda sebelum pintu masuk Kebun Raya Residence. Tertarik mencoba?

Lokasi: Jln Pasir Kuda, Bogor Harga Mulai dari 8,000 IDR hingga 10,000 IDR.

4. Cungkring Pak Jumat

Tidak ada salahnya memulai pagi dengan sarapan asyik di Bogor. Salah satu yang bisa kamu coba adalah cungkring. Berbahan dasar kaki sapi yang diolah secara khusus, dengan dibagi menjadi empat bagian, dari kikil, kulit, dampal dan urat, diberi kuah bumbu sate, menikmati makanan khas Bogor ini akan sangat berkesan. Salah satu penjual yang masih tersisa adalah Cungkring Pak Jumat, yang kini sudah diambil alih oleh anaknya, Deden.

Lokasi: Jl. Surya Kencana No.285, Babakan Ps., Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Harga: 15,000 IDR untuk setiap porsinya.

5. Bapatong Taman Kencana 

Bapatong merupakan kependekan dari bakso kupat gentong. Makanan khas Bogor ini menjadi salah satu jajanan yang ngehits karena rasa dan tekstur makanan yang khas. Yang membedakan dengan kuliner bakso adalah bentuk daging yang dipola secara khusus, berbentuk potongan dadu dan tambahan iga sapi sebagai topping . Sajian yang paling dinikmati di saat dingin atau kala hujan, dan tempat terbaik untuk mencoba kuliner ini adalah di Taman Kencana Bogor.

Lokasi: Jl. Taman Kencana, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat Harga: Rp 15.000 per porsi

6. Ngo Hiang Gang Aut 

Kuliner ini merupakan makanan khas Tionghoa yang masuk ke Bogor. Di negeri asalnya, makanan ini berbahan dasar daging babi, namun sudah siap rupa ketika masuk ke Indonesia. Olahan daging dibalut dengan tepung dan digoreng, bersama saus khas Ngo Hiang, yang menghadirkan rasa asam dan manis, plus acar lobak untuk menambah cita rasa membuat kuliner ini bisa menambah pengalaman kuliner kamu. Untuk yang muslim, mungkin melewatkan sajian yang satu ini, ya!

Lokasi: Jalan Pahlawan No.33, Bondongan, Bogor Selatan, Sukasari, Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat Harga 30,000 IDR per porsi.

7. Asinan Jagung Bakar Bapak Sabur 

Bogor memang terkenal dengan asinannya, dan salah satu yang harus kamu coba adalah asinan jagung bakar Bapak Sabur. Jika biasanya asinan terbuat dari campuran sayur dan buah seperti sawi, pepaya muda, kol, tauge, kedondong, asinan ini menjadikan jagung bakar dan timun sebagai bahan utama. Dengan kuah asinan buatan sendiri yang spesial, ditambah sedikit rasa pedas dari cabai, semangkuk asinan jagung bakar akan sangat dinikmati bersama dengan kerupuk mie. Enak !

Lokasi: Jl. Surya Kencana No.289, Babakan Ps., Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.        Harga 12.500 IDR per porsi.

8. Laksa Bogor Pak Inin 

Berjualan sejak 1965, Laksa Pak Inin menjadi salah satu kuliner wajib yang harus kamu coba saat berwisata kuliner ke Bogor. Kuah oncom yang menjadi ciri khas, sekaligus pembeda antara laksa Betawi dan laksa Bogor ini. Dengan isian ketupat, bihun, tauge, daun kemangi, tahu kuning dan telur rebus, kamu akan menikmati seporsi hidangan yang mengesankan. Menyeruput!

Lokasi: Jl. Palasari, Palasari, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat. Harga10.000 IDR per porsi.

9. Soto Mie Mang Ohim 

Di Bogor juga ada soto mie, lho! Malahan, kuliner ini termasuk dalam kategori makanan khas Bogor yang harus kamu coba. Dengan isian yang komplit, mulai dari daging, tetelan, kol, mie, lobak, kentang, seledri, daun bawang, emping dan risol, yang kemudian disiram dengan kuah kaldu yang kental dan tambahan jeruk nipis serta sambal, menikmati soto mie di warung Mang Ohim , dijamin kamu akan merasakan kuliner yang nikmat dan berkesan.

Lokasi: Jl. Taman Cimanggu Raya No.22, Kedung Waringin, Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat.    Harga 15.000 IDR per porsi 

10. Asinan Gedung Dalam 

Kuliner yang identik dengan Bogor adalah asinan, dan sepertinya tidak sah bila berlibur ke Kota Hujan tanpa mencoba kuliner ini. Spot terbaik menikmati asinan khas Bogor adalah di Gedung Dalam. Bermodal buah-buahan segar dari perkebunan lokal, mulai dari buah dan sayuran, rasa yang disajikan di lidah dan menyegarkan, meski ada juga sedikit rasa pedas. Kamu harus coba, deh!

Lokasi: Jalan Siliwangi No. 27C, Sukasari, Bogor Timur, Sukasari, Bogor Timur, Sukasari, Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat.    Harga 20,000 IDR per porsi.

Dari daftar makanan khas Bogor yang ada di atas, kuliner mana yang paling ingin kamu coba?

 

 

Comments

Leave a Reply